Hutama Karya Kembangkan Kawasan BUMN Giving Bact to Nature di Sungai Cisadane

Oleh : Herry Barus | Minggu, 29 Desember 2019 - 14:15 WIB

Hutama Karya Kembangkan Kawasan BUMN Giving Bact to Nature di Sungai Cisadane
Hutama Karya Kembangkan Kawasan BUMN Giving Bact to Nature di Sungai Cisadane

INDUSTRY.co.id - Tangerang– Sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, Hutama Karya bersama 8 BUMN lain bersinergi untuk mengembangkan kawasan wisata yang ramah lingkungan di sekitar Sungai Cisadane. Program yang bertajuk BUMN Giving Back to Nature bekerjasama dengan Komunitas Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksasuci) di Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, Banten.

Selain Hutama Karya, beberapa BUMN yang terlibat dalam program ini antara lain adalah PT Jasa Marga (Persero) Tbk., PT Waskita (Persero) Tbk., PT Adhi Karya (Persero) Tbk., PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk., PT Nidya Karya (Persero), PT Brantas Abipraya, dan PT Balai Pustaka(Persero).

Kawasan BUMN Giving Back to Nature di pinggiran Sungai Cisadane ini memiliki beberapa fasilitas dan atraksi wisata diantaranya adalah Jogging Track , area Arboretum, Flying Fox , Wall Climbing , Saung Taman Bacaan, kawasan perkemahan dan jembatan gantung.

Setelah selesai dibangun, kawasan ini kemudian diserahkan kepada Komunitas Banksasuci selaku pengelola pada Jumat (27/12/2019). Acara tersebut turut dihadiri oleh Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga, Sekretaris Daerah Kota Tangerang Tatang Sutisna, Direksi dan perwakilan BUMN serta jajaran muspida Kota Tangerang.

Vice President CSR, PKBL dan Protokoler Hutama Karya, Izzan Zubair, menerangkan bahwa Hutama Karya turut membangun beberapa fasilitas pada kawasan wisata tersebut sejak Maret 2019. “Beberapa program yang kita dukung di sini antara lain adalah pembangunan Saung Taman Bacaan, perbaikan Jogging Track , beautifikasi kawasan Arboretum, pembangunan kawasan perkemahan serta perbaikan dermaga,”ujarnya disela-sela acara serah terima.

Ia juga menjelaskan bahwa keterlibatan Hutama Karya dalam program ini merupakan bentuk dukungan terhadap upaya penyelarasan antara kelestarian alam dan jugakesejahteraan masyarakat.

“Banyak yang berkata bahwa kesejahteraan masyarakat akan berbanding terbalik dengan kelestarian alam. Bahwa untuk menyejahterakan dirinya, manusia cenderung untuk merusak lingkungannya. Namun melalui program ini BUMN ingin membuktikan bahwa dengan program pemberdayaan yang tepat, masyarakat dapat diajak untuk menjaga ekosistem sekaligus menggerakan geliat perekonomian lokal secara berkelanjutan,” ungkapnya.

Arya Sinulingga selaku Staf Khusus Bidang Komunikasi Kementerian BUMN juga mengharapkan keberlanjutan dari program BUMN Giving Back to Nature ini. Ia secara khusus juga menghimbau agar pengembangan dan pengelolaannya turut melibatkan masyarakat sebagai mitra BUMN.

"Harus ada kegiatan ekonomi agar kawasan ini tetap hidup. Kementerian BUMN kan punya dana kemitraan. Jadi kalau sudah ada sesuatu yang bisa ditumbuhkan ekonominya, kita bisa bantu agar dana bergulir sehingga nanti fasilitas bisa tambah terus. Jangan berhenti, harus sustain ," ujarnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:45 WIB

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Jakarta - Koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral serta sosialisasi kebijakan yang masif menjadi kunci keberhasilan mudik sehat dan aman. Hal ini penting dilakukan mengingat jumlah pemudik…