Survival ala McDonald

Oleh : Ramadhan Subakti | Kamis, 19 Desember 2019 - 15:37 WIB

Ramadhan Subakti
Ramadhan Subakti

INDUSTRY.co.id - Pertumbuhan ekonomi harus sebanding dengan minat pelanggan, inilah permasalahan yang dihadapi suatu perusahaan, peran kreativitas menjadi penentu maju atau mundurnya perusahaan. 

Membangun kehadiran merek/ konten apapun di satu venue bisnis merupakan Strategi Brand Development yang luar biasa. Dan itu sudah dilakukan oleh McDonald.
Lalu inovasi atau strategi apa saja yang sudah dilakukan perusahaan McDonald dalam mencapai konsistensi usahanya dalam kuliner?
1. Kopi, hampir semua orang hobby minum kopi. Makna yang terkandung dalam aktivitas minum kopi yang membuat semua orang sepakat menggemari minuman tersebut. Apalagi ketika hadirnya Sturbuck, semua masyarakat focus terhadap brand tersebut, mungkin dari situ McDonald membuat McCaffe.
2. Pemesanan Digital, pelanggan bisa melakukan akses pean melalui layar sentuh pada layanan pemesananan. Technologi ini sudah ada dalam beberapa restoran, dianggap mempercepat proses dan menghindari antrian di counter order.
3. Dunia Anak, mempromosikan brand kepada usia dini, dengan melalui penyediaan fasilitas taman bermain mini dengan dilengkapi permainan-permainan. Jauh dari itu, McDonald juga menyediakan pula souvenir anak-anak.
4. Akses Private, layanan go food atau grab food sudah merupakan layanan yang tersebar dan terluas yang dipakai masyarakat, mungkin dari situ McDonald membuat jalur khusus drive thru.
Nah itu dia, beberapa hal yang berkaitan inovasi McDonald dengan beradaptasi terhadap selera pelanggan yang berubah. Selain itu program inovasi tidak hanya menegakan konsistensi, namun dapat meningkatkan produktivitas. 
 
 
Penulis : Ramadhan Subakti 
Mahasiswa Jurusan MM. Tech. Universitas President

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…