Ragam Desain Promosi pada Hari Belanja Online Nasional

Oleh : HENDRYVAN ST, SE. | Rabu, 18 Desember 2019 - 14:22 WIB

HENDRYVAN ST, SE.
HENDRYVAN ST, SE.

INDUSTRY.co.id - Dalam festival belanja online terbesar di Indonesia itu, terdapat sejumlah e-commerce dalam kelompok marketplace yang turut meramaikan promo 12.12. 

Hari belanja online nasional atau harbolnas merupakan suatu mekanisme promosi e-commerce dalam kegiatan pemasarannya. Mengapa disebut hari belanja online nasional ? Walaupun diadakan dua kali pada 11.11 dan 12.12 atau tiga kali dengan 10.10 dalam satu tahun, konsumen akan mempersepsikan sebagai acara tahunan.
 
Promosi yang terus menerus dengan rentan waktu yang pendek akan berangsur-angsur menurunkan intensi konsumen untuk ikut ke dalam program promosi. Hal Ini juga dilakukan shopee yang memposisikan 12.12 sebagai Shopee 12.12 Birthday Sale.

Bukalapak pada harbolnas 12.12 tahun ini memakai tag AFTER 11, yang diartikan oleh konsumen setelah 11.11. Peneliti pemasaran mengukapkan mekanisme “inaction inertia” pada konsumen, yaitu adanya penurunan minat konsumen saat menerima penawaran promosi yang identik untuk kedua kalinya. 

Untuk menghindari adanya mekanisme tersebut, promosi kedua haruslah lebih menarik atau berbeda dengan yang sebelumnya. Penggunaan tag AFTER 11, dapat dipersepsikan kelanjutan dari pesta diskon 11.11 yang berbeda dan menumbuhkan minat konsumen pada 12.12
Shopee di Indonesia mencatatkan rekor raihan penjualan sebesar Rp. 1,3 T dalam 24 jam promosi shopee 12.12 birthday sale, Alibaba mencetak penjualan Rp. 420T dalam 24 jam pada 11.11 di tahun ini. Mari kita pelajari apa yang dilakukan perusahaan Jack Ma tersebut.

Di tahun ini pada 11.11 alibaba mempersiapkan 20 hari kegiatan kampanye sebelumnya, dengan mengadakan seri kegiatan bertajuk hitung mundur, mulai dari fashion show, interactive livestreaming pada multi platform, meluncurkan “must-buy recommendation list” yang di desain siap untuk menjamur di media sosial. Pada akhirnya puncak acara disiarkan pada TV Kabel selama 4 jam bertajuk hiburan, kemegahan, permainan dan menghadirkan kemeriahan pesta belanja.

Sebagai tenaga pemasar digital, mendesain promosi bukanlah permasalahan euphoria, omnichanel atau menggunakan segala platform dan media merupakan suatu keharusan ditengah tuntutan persaingan digital. Bukan soal mencetak penjualan tapi juga soal mengumpulkan dan menggunakan data merupakan salah satu bentuk kesuksesan dari promosi digital.

 

Penulis: Hendryvan ST, SE.
Student of MBA in Technology President University

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…