Alasan Mengapa Kepuasan Pelanggan merupakan Indikator Kerja yang Krusial

Oleh : April Tayson | Rabu, 11 Desember 2019 - 10:00 WIB

April Tayson Direktur Penjualan Adjust Asia Tenggara
April Tayson Direktur Penjualan Adjust Asia Tenggara

INDUSTRY.co.id - Jika kita tidak berfokus untuk membuat pengguna aplikasi bahagia, kita akan kehilangan potensi untuk meningkatkan retensi pelanggan dan nilai umur pelanggan (customer lifetime value).

Banyak pemasar seluler saat ini hanya berfokus pada akuisisi pengguna atau pertumbuhan pendapatan.

Tetapi, mungkin ada baiknya mengubah perspektif dan mengevaluasi kembali pengalaman pelanggan dan kepuasan umum untuk menemukan nilai tambah sesungguhnya yang diberikan oleh aplikasi yang kita kembangkan.

Dengan tingkat retensi aplikasi sekitar 21% sehari setelah instalasi— artinya empat dari lima pengguna berhenti menggunakan aplikasi — fokusnya tidak lagi untuk sekadar berharap bahwa pengguna baru tetap bertahan.

Ini berkaitan dengan meningkatkan engagement dan re-engagement di era pemasaran seluler modern. Walaupun anda bisa mengalokasikan lebih banyak anggaran untuk melakukan penargetan ulang, strategi pelibatan memiliki dampak pada ARPU, dan lifetime value.

Yang lebih mengkhwatirkan cara tradisional untuk meningkatkan periklanan melalui optimalisasi dan materi iklan mungkin tidak lagi memadai.

Sebaliknya, mungkin sudah waktunya mengambil tindakan berdasarkan umpan balik pengguna untuk meningkatkan penawaran anda.

Menurut April Tayson selaku direktur penjualan untuk Kawasan Asia Tenggara di Adjust, ada cara untuk mendapatkan umpan balik tersebut tanpa mengganggu pengguna.

Untuk apa mengumpulkan umpan balik pengguna?

Kita semua sudah terbiasa dengan pop-up seperti itu, yakni iklan pengantara (interstitial), yang dapat mengganggu pengalaman dalam aplikasi. 

Iklan pengantara biasanya muncul setelah kegiatan tertentu dalam suatu aplikasi-aplikasi kencan terkenal umumnya meminta umpan balik segera setelah menemukan match, untuk memanfaatkan emosi positif setelah berhasil membuat koneksi.

Sayangnya, taktik semacam itu memberi cap buruk pada iklan pengantara dalam aplikasi, terutama karena iklan seperti itu seringkali mengarahkan pengguna untuk kembali ke App Store atau Play Store guna mendapatkan ulasan yang baik, daripada meminta umpan balik pengguna. 

Iklan pengantara harus digunakan guna mendapatkan umpan balik untuk keperluan internal, alih-alih meminta ulasan bintang 5. 

Jadi bagaimana cara umpan balik dapat meningkatkan aplikasi dan kenapa anda sebaiknya meluangkan waktu untuk meminta umpan balik?

Umpan balik dapat membantu dalam setiap aspek aplikasi anda, mulai dari orientasi hingga pengalaman pembeli. 

Umpan balik membantu anda mengenali dan berempati dengan masalah yang dihadapi oleh pengguna, serta memberi anda tools untuk meningkatkan pengalaman pengguna-dan meningkatkan tingkat retensi aplikasi.

Mendorong Umpan Balik Dengan Cara Yang Tepat

Anda dapat meminta pengguna untuk meninggalkan umpan balik dalam semua aspek dari aplikasi anda. Untuk memulai, lihatlah daftar yang bagus ini dari CleverTap untuk pertanyaan survei dalam aplikasi. Beberapa pertanyaan favorit kami meliputi:

•"Apa tujuan yang ingin anda capai dengan menggunakan aplikasi ini?"

* — Berguna untuk memahami tujuan dan motivasi audience anda untuk pengiriman pesan yang lebih efektif di masa depan
•“Kenapa anda tidak menyelesaikan anda transaksi pembelian?"

* — Berguna untuk mengetahui friksi aliran pembelian dan meningkatkan checkout pengguna
•"Apa yang bisa kami lakukan untuk meningkatkan pengalaman anda?"

* — Berguna untuk mengetahui kepuasan pengguna dan langkah-langkah yang dapat anda ambil untuk meningkatkan produk, pemasaran, atau layanan anda
•" Seberapa besar kemungkinan anda merekomendasikan aplikasi ini ke teman? "

* — Berguna untuk mengetahui segmen yang merasa puas dan pengguna yang akan memberikan rating app store tertinggi.

Dan jangan khawatir, Anda masih dapat menggunakan pesan dalam aplikasi untuk rating. Tetapi dengan mengumpulkan umpan balik pengguna terlebih dahulu, anda akan dapat pemahaman yang lebih baik tentang segmen yang akan ditargetkan untuk mengurangi jumlah ulasan negatif yang ditinggal.

Bahkan, Instabug melaporkan bahwa pengumpulan umpan balik pengguna mengarah kepada berkurangnya ulasan aplikasi negatif sebesar 80%.

Ini merupakan suatu keberhasilan. Hal-hal yang harus dipikirkan saat menggunakan iklan pengantara.

Saat anda mulai menggunakan iklan pengantara, pengguna mungkin merasa curiga terhadap niat anda, makanya anda harus mengubah pola pikir mereka.
Pilih pengguna anda dengan cermat saat pertama kali meminta umpan balik. 

Pertimbangkanlah hal-hal yang mereka alami dan masukan yang anda cari. 

Misalnya, jika anda menemukan bahwa sejumlah besar pengguna belum lama ini keluar dari aplikasi setelah sesi yang sangat singkat, anda dapat memanfaatkan segmen tersebut untuk mengumpulkan umpan balik tentang hal yang perlu diperbaiki dari pengalaman pengguna. 

Atau jika ada segmen pengguna yang memiliki barang-barang di keranjang belanja mereka, anda dapat menargetkan mereka untuk bertanya tentang hal-hal yang membuat mereka lebih cenderung untuk membeli.

Saat anda sudah menentukan segmen, kirimkan survei singkat melalui berbagai saluran mungkin dengan menawarkan hadiah kecil untuk mereka yang mengisi survei. Beberapa contoh hadiah:

•    diskon 10% dari pembelian dalam aplikasi ritel
•    mileage tambahan dalam aplikasi perjalanan
•    mata uang atau nyawa tambahan dalam game seluler
Survei ini dapat muncul dalam aplikasi, sebagai iklan pengantara tunggal, atau melalui surel dengan tautan dalam ke survei di aplikasi.

Dengan cara ini, jika anda coba mengumpulkan umpan balik dari pengguna yang tidak aktif tentang alasan kenapa mereka tidak lagi merasa bahwa aplikasi tersebut berguna, anda dapat menjangkau mereka di saluran yang menarik perhatian mereka.

Setelah itu, alihkan pengguna tersebut ke loop umpan balik dalam aplikasi secara berkala, dengan menawarkan insentif setiap kali mereka mengisi survei. 

Tetapi waspadalah karena beberapa pihak mungkin akan mencoba mencurangi sistem — harus ada batasan ketat mengenai jumlah hadiah per pengguna.

Manfaat Dari Meminta Umpan Balik Pengguna

Pengumpulan umpan balik pengguna akan membantu anda membuat rencana yang dapat ditindaklanjuti untuk meningkatkan beberapa aspek dari aplikasi. Umpan balik dapat membantu anda:

•    memprioritaskan peta jalan produk
•    menyederhanakan berbagai proses, seperti orientasi, proses checkout, dan pelibatan ulang
•    meningkatkan rating app store 

Apapun tujuan Anda, pastikan Anda mengumpulkan umpan balik dengan mentalitas action- first.

Bagaimanapun juga, pengguna memberikan waktu berharga mereka. Makanya anda harus menghargai itu dengan cara mendengarkan mereka.

Penulis adalah April Tayson, Direktur Penjualan Asia Tenggara, Adjust

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…