Jakarta Ambil Bagian dalam KTT Pertanian Perkotaan di Jepang

Oleh : Kormen Barus | Senin, 02 Desember 2019 - 18:47 WIB

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ambil bagian dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pertanian Perkotaan atau Urban Agriculture World Summit (UAWS) di Nerima, Tokyo, Jepang.
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ambil bagian dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pertanian Perkotaan atau Urban Agriculture World Summit (UAWS) di Nerima, Tokyo, Jepang.

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ambil bagian dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pertanian Perkotaan atau Urban Agriculture World Summit (UAWS) di Nerima, Tokyo, Jepang. KTT yang berlangsung mulai 28 November hingga 3 Desember tersebut diikuti oleh berbagai perwakilan kota dari seluruh dunia yang terdiri dari kalangan peneliti, akademisi dan penggiat pertanian perkotaan.

Kepala Seksi Pertanian Perkotaan, Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta Taufik Yulianto mengatakan, KTT ini merupakan yang pertama kali di dunia membahas pertanian perkotaan. Dalam ajang tersebut Pemprov DKI Jakarta diminta untuk memaparkan upaya yang telah dilakukan dalam pengembangan pertanian perkotaan.

“Kami bersyukur diberi kesempatan untuk bisa berbagi mengenai konsep pertanian perkotaan dalam konferensi tingkat dunia ini,” ujar Taufik dalam keterangan tertulisnya, Senin (2/12/2019).

 

Menurut Taufik yang menjadi salah satu pembicara dalam ajang tersebut, Jakarta diminta ikut ambil bagian dikarenakan, pemerintah daerahnya diangap sangat proaktif dalam mengembangkan pertanian perkotaan.

Dia menuuturkan ada tujuh sasaran utama lokasi pengembangan pertanian perkotaan yang telah dan sedang dilakukan di Jakarta. Hal tersebut mencakup pemanfaatan lokasi rumah susun, pemanfaatan lahan tidur, pemanfaatan pekarangan atau gang hijau dan pe manfaatan lahan sekolah. “Selain itu, pemerintah Jakarta juga mengembangkan pemanfaatan lahan di perkantoran, pemanfaatan lokasi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), dan pemanfaatan lahan laut,” tegas Taufik.

Lebih lanjut dia menuturkan, pemerintah DKI Jakarta sangat serius mengembangan pertanian perkotaan. Pada Tahun ini pemerintah Jakarta mencoba mengajak pemuda dan Ibu rumah tangga dalam memanfaatkan ruang yang ada untuk kegiatan pertanian perkotaan.

Taufik mengungkapkan, DKI Jakarta juga banyak belajar dari pertanian di Kota Nerima yang sangat mempertahankan lokasi dan lahan pertanianya secara turun-menurun meski pembangunan kota tetap berjalan. “Sentuhan teknologi pertanian di Kota Nerima sangat maju, gerai penjualan hasil pertanian berdekatan dengan lokasi budidaya pertanian, sehingga ini tidak memerlukan transportasinya untuk menjual hasil panennya. Mungkin DKI Jakarta bisa mencontohnya,” pungkas Taufik.

Selain DKI Jakarta, dalam ajang Urban Agriculture World Summit (UAWS) di Pusat Budaya Nerima City menghadirkan pembicara Sarah Williams (London), Bill LoSasso (New York), Ronda Teitel-Payne (Toronto), Imbong Song (Seoul) dan Shiraishi Yoshitaka (Nerima).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Pinjaman Dana (ist)

Sabtu, 08 Agustus 2020 - 06:08 WIB

Halo Pemda Tolong di Catat! Ini 4 Syarat Pinjaman PEN Daerah

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan (Dirjen PK) Prima Astera menyampaikan ada empat syarat Pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk Daerah. Pertama, sebutnya, daerah tersebut merupakan…

Direktorat Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri mengungkap penyimpangan tabung gas subsidi pemerintah tanpa kelengkapan izin usaha dengan modus mengurangi volume tabung gas.

Sabtu, 08 Agustus 2020 - 02:45 WIB

Ungkap Penyimpangan Gas Subsidi, Bareskrim Tegaskan Kawal Penuh Subsidi Gas Pemerintah

Jakarta - Direktorat Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri mengungkap penyimpangan tabung gas subsidi pemerintah tanpa kelengkapan izin usaha dengan modus mengurangi volume tabung gas. Para…

Ilustrasi Uang (ist)

Sabtu, 08 Agustus 2020 - 02:30 WIB

Pemda Perlu Catat! Begini Alur Pinjaman PEN Daerah dan Skema Pembayaran

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan (Dirjen PK) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Prima Astera mengatakan pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) daerah diberikan hanya kepada Pemerintah…

Uskup Agung Kota Medan, Mgr Kornelius Sipayung, OFM Cap

Sabtu, 08 Agustus 2020 - 01:29 WIB

Puji Tuhan! Uskup Agung Medan Sembuh dari Covid-19

Medan- Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung dinyatakan sembuh dari Covid-19, setelah dirawat sekitar tiga minggu di RS Rujukan Covid-19 Martha Priska Medan.

Grab Mart dengan MPPA

Sabtu, 08 Agustus 2020 - 00:07 WIB

Emiten Ritel Gandeng GrabMart Geber Penjualan Online

Penjualan online kini kian marak dan masif. Perusahaan ritel kelas kakap pun, tergiur nimbrung. Bahkan menggandeng aplikasi daring untuk memperkuat kolaborasi.