Kepala BKPM Optimis Realisasi Investasi 2019 Mampu Tembus Rp 790 Triliun

Oleh : Ridwan | Senin, 02 Desember 2019 - 16:30 WIB

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia optimistis target investasi 2019 yang dibidik sebesar Rp790 triliun dapat tercapai, kendati angka investasi secara resmi akan disampaikan pada Desember.

"Tercapai. InsyaAllah sampai dengan sekarang, tapi angkanya berapa nanti di akhir bulan Desember akan kami umumkan secara resmi. Tapi feeling saya berdasarkan laporan dari tim, InsyaAllah akan tercapai," kata Bahlil saat menghadiri Pameran Nuansa Tanpa Batas di Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Jakarta, Senin (2/12).

Bahlil menyebutkan beberapa investasi baru maupun penambahan investasi yang sudah ada akan masuk dalam waktu dekat, di antaranya investasi dari negeri Korea Selatan yakni dari Hyundai, Lotte, dan Posco. Namun, investasi tersebut akan direalisasikan pada awal 2020.

"Yang baru itu Hyundai, tetapi akan ada realisasi investasi Lotte Petrokimia di Cilegon. Itu investasinya sampai 3,5 miliar dolar AS, tapi kemudian kemarin naik menjadi 4,2 miliar dolar AS, realisasi investasinya akan dilakukan di bulan Januari, Februari 2020," ungkap Bahlil.

Pada kuartal III 2019 Bahlil menyampaikan pertumbuhan investasi yang positif, di mana nilainya mencapai Rp205,7 triliun atau naik 18,4 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp173,8 triliun.

Adapun angka tersebut adalah realisasi Penanaman modal dalam negeri (PMDN) naik 18,9 persen menjadi Rp100,7 triliun, sedangkan Penanaman Modal Asing (PMA) naik 17,8 persen menjadi Rp105 triliun.

Secara kumulatif realisasi investasi Januari hingga September 2019 mencapai Rp601,3 triliun. Angka itu meningkat 12,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp535,4 triliun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 26 Januari 2020 - 14:00 WIB

Ketua MPR RI Salurkan Bantuan Korban Banjir Cililitan Jakarta Timur

- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) kembali menyalurkan bantuan sosial kepada saudara-saudara yang terkena musibah banjir di Kelurahan Cililitan Kecil, Kramat Jati, Jakarta Timur. Bantuan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Minggu, 26 Januari 2020 - 13:45 WIB

Ekspor Kian Melaju, Investasi Industri Mamin Terus Dipacu

Kementerian Perindustrian fokus memacu pengembangan industri makanan dan minuman (mamin) agar terus memiliki kinerja yang gemilang.

Red Hat

Minggu, 26 Januari 2020 - 12:30 WIB

Red Hat-DXC Technology Sepakat Percepat Pengembangan dan Pengerahan Aplikasi di Era Cloud dan Digital

Red Hat dan DXC Technology melanjutkan kolaborasinya dalam rangka membantu para pengembang membangun, menjalankan, dan mengelola aplikasi dalam container, dalam skala yang diperlukan pada suatu…

Indosiar Tayangan Lida 3

Minggu, 26 Januari 2020 - 12:00 WIB

Indosiar Tayangan Lida 3

Indosiar benar-benar ingin menunjukan sebagai rumah dangdut Indonesia dan terdepan untuk masalah Musik dangdut di televisi. Karena ya, ketika tv lain tengah mencari format untuk Program dangdut,…

Presiden Jokowi (Foto Dok Hutama Karya)

Minggu, 26 Januari 2020 - 11:38 WIB

Presiden Jokowi Resmikan East Connection Taxiway Tahap 1 Bandara Soetta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir, serta Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono,…