Survey, Apakah Hanya untuk Mengukur Perasaan?

Oleh : Rhesa Yogaswara | Jumat, 29 November 2019 - 18:00 WIB

Rhesa Yogaswara (Ketua Umum PERPI - Perhimpunan Riset Pemasaran Indonesia)
Rhesa Yogaswara (Ketua Umum PERPI - Perhimpunan Riset Pemasaran Indonesia)

INDUSTRY.co.id - Di dalam berbagai organisasi, instansi pemerintah, maupun swasta, tentu sebuah rencana menjadi awalan, kemana organisasi tersebut akan dibawa oleh pemimpinnya. Keberhasilan pemimpin dinilai dari banyak hal. Untuk mengukur keberhasilannya, banyak faktor yang menjadi indikatornya.

Tidak hanya terlaksananya sebuah rencana yang menjadi indikator keberhasilan, namun kepuasan dari seluruh stakeholder terkait pun perlu diukur dalam menilai berhasil atau tidaknya program yang telah direncanakan tersebut.

Sebagai contoh disektor swasta, misalnya seorang CEO akan dituntut oleh banyak pihak mulai dari Komisaris, Investor/Owner, Client/Customer, bahkan termasuk karyawan yang sudah mencurahkan waktu dan tenaganya bagi perusahaan. Ketika perusahaan menyusun "Business Plan" dan didalamnya ada rencana untuk melakukan program A, yang diukur tentu tidak cukup hanya "Apakah program A tersebut terlaksana atau tidak", akan tetapi juga apakah program A yang direncanakan ini, tepat sasaran dan mampu memenuhi harapan salah satu stakeholder atau tidak. (sebut saja memenuhi harapan komisaris, atau mungkin memenuhi harapan karyawan).

Hal tersebut pun berlaku untuk skala negara (dalam bentuk apapun, baik itu kerajaan, republik, dll), keberhasilan pimpinan negara tidak hanya didasarkan kepada terlaksana atau tidaknya rencana yang telah disusun, akan tetapi juga perlu ada evaluasi apakah program tersebut tepat sasaran dan mampu memenuhi harapan pihak terkait (DPR/D, PNS, Masyarakat, Pengusaha, dan elemen masyarakat lainnya) atau tidak.

Sehingga, "Survey" akan sangat tepat jika ditempatkan sebagai "alat/tools" yang sangat strategis untuk mengukur harapan stakeholder. Jika masih terjadi GAP (realisasi program vs harapan) yang tinggi, maka dapat diindikasikan bahwa program yang dijalankan tersebut, kurang efektif dan efisien. Namun jika GAPnya rendah, maka program yang dilaksanakan, dapat dikatakan "BERHASIL". Sebagai tambahan, Tools "Survey" ini pun mencakup beberapa hal, dari mulai "Attitude - Behaviour - Perception." tentu harus dilakukan dengan metode pengambilan contoh secara acak dengan sangat tepat yang bisa mewakili populasi.

Sehingga, "Survey" tidak hanya ditempatkan sebagai alat "tools" yang digunakan untuk mengukur perasaan, pikiran, dan pendapat, akan tetapi "Survey" menjadi alat yang strategis dalam menilai performa sebuah organisasi.

Rhesa Yogaswara (Ketua Umum PERPI - Perhimpunan Riset Pemasaran Indonesia)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Industri Pariwisata, Wings Air Terbang dari Sorong ke Nabire

Minggu, 15 Desember 2019 - 18:00 WIB

Dukung Industri Pariwisata, Wings Air Terbang dari Sorong ke Nabire

Apa yang terlintas dibenak ketika mendengar Papua Barat? Mayoritas yang terpikir ialah nama Raja Ampat dengan surga bawah laut sebagai tujuan popular berwisata dari berbagai penjuru dunia.

Perum Jamkrindo tanam pohon di Ciletuh

Minggu, 15 Desember 2019 - 17:18 WIB

Jamkrindo Ikut Hijaukan Geopark Ciletuh

Sukabumi - Perum Jamkrindo ikut berpartisipasi menghijaukan kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark sebagai bagian upaya perusahaan dalam mendukung pelestarian alam. Program itu…

Agoda Tawarkan Kesempatan Menginap Gratis di Kereta Mewah Eksklusif

Minggu, 15 Desember 2019 - 17:00 WIB

Agoda Tawarkan Kesempatan Menginap Gratis di Kereta Mewah Eksklusif

Ikuti kontes terbaru Agoda! Agoda, salah satu platform perjalanan digital yang paling cepat berkembang dan berkantor pusat di Asia Tenggara, menawarkan warga Indonesia kesempatan menginap gratis…

Cek Toko Sebelah The Series musim ke-2

Minggu, 15 Desember 2019 - 16:54 WIB

HOOQ Mempersembahkan Musim Baru ‘Cek Toko Sebelah The Series’

HOOQ, meluncurkan musim kedua serial drama komedi segar Cek Toko Sebelah The Series. Konten original HOOQ yang bekerjasama dengan Starvision ini hadir penghujung tahun 2019 guna menghibur para…

Bank DKI (Foto Ist)

Minggu, 15 Desember 2019 - 16:50 WIB

NCD Perdana Bank DKI Oversubscribed 1,8 Kali, Kepercayaan Investor Tinggi

Jakarta - Perkuat struktur pendanaan, Bank DKI terbitkan Negotiable Certificate of Deposit (NCD) Perdananya dengan nama NCD I Bank DKI Tahun 2019. Untuk penerbitan ini, nilai NCD yang berhasil…