Mengapa Memilih Influencer dan Media Sosial Sebagai Strategi Marketing?

Oleh : Irfan Fauzi, Mahasiswa Magister Management Technology (MMTech) President University | Rabu, 20 November 2019 - 07:55 WIB

Irfan Fauzi
Irfan Fauzi

INDUSTRY.co.id, Di dunia yang sudah menduduki level mutakhir dalam hal teknologi, tak bisa dipungkiri bila kehadiran gadget, dan barang elektronik lainnya sangat berpengaruh pada kehidupan sehari-hari. Ditambah lagi internet yang menyajikan dunia dalam genggaman, proses surfing dunia maya untuk berbagai hal sangatlah mudah untuk dilakukan. Ya, semudah menggeser jari. Namun salah satunya, kegiatan berbelanja, yang sekarang juga dapat diakses secara online.

Keberadaan teknologi yang menyebar ke berbagai sektor yang juga menjadi pendukung untuk berbelanja online, secara tidak langsung memaksa para produsen barang Indonesia membangun toko secara online pula, untuk memperbesar skala keuntungan, atau hanya untuk tidak kalah dengan kompetitor sebelah. Berdasarkan hasil riset Google Think - Insights for brand 2018, Indonesia adalah negara dengan pertumbuhan internet online paling pesat di Asia Tenggara.  Semua berbeda di dunia belanja online. Kita sempat mengetahui sistem mouth-to-mouth pada dunia offline, namun kini, dunia online bermain-main dengan influencer media sosial hingga selebriti. Strategi marketing ini mengarah kepada peningkatan brand awareness yang bermuara pada tingginya brand loyalty yang juga membangun trust pada para konsumen. Namun disisi lain, siapa sih yang tidak ingin memakai barang yang sama dengan idola mereka? Bisa dibilang, peran influencer disini sangat besar. Sesuai namanya, influencer adalah yang mempengaruhi.

Influencer memainkan perannya masing-masing sesuai dengan bidang mereka. Umumnya, bidang mereka tergantung di panggung mana mereka berdiri di dunia media sosial. Untuk influencer wanita yang mendapat panggung atas kecantikan, mereka umumnya memperkenalkan, mengajak hingga mempengaruhi para targetnya untuk membeli produk kosmetik, pakaian, dan kualitas penyedia jasa seperti salon dan perawatan untuk wanita lainnya.

Untuk influencer pria, mereka mendapatkan objek yang lebih luas untuk diperkenalkan pada target. Mulai dari produk berbau olahraga seperti jersey, pakaian, spare part dan aksesoris kendaraan, hingga penyedia jasa seperti bengkel, paket liburan dari agensi tour and travel, dan gadget untuk gaming. Audiens yang diharapkan oleh para produsen lewat influencer pun terbatas. Kebanyakan, mereka mengacu kepada beberapa generasi yang notabene-nya aktif di dunia maya. Contohnya, Millennials.

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan tim BukaReview oleh BukaLapak, dari 100 wanita Indonesia yang berusia 17-31 tahun yang aktif menggunakan Instagram sebagai media sosial utama, 88,2 % dari wanita tersebut mengikuti setidaknya satu akun Instagram fashion influencer. Hampir separuh jumlah responden pun juga terpengaruh untuk membeli barang yang dipromosikan influencer. Yang paling mencuri perhatian responden adalah pakaian keseharian yang diproduksi oleh brand lokal. Menurut 51 responden, alasan mereka membeli produk yang dipromosikan influencer dilatarbelakangi karena keinginan mereka untuk mencari inspirasi berpakaian. Ditambah lagi, dengan alasan ketika barangnya dikenakan oleh influencer terlihat semakin bagus.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…