Cikarang Surganya Pabrik, Apartemen dan Mall

Oleh : Liyanah , Mahasiswa Magister Manajemen Teknologi, President University | Senin, 18 November 2019 - 21:40 WIB

Liyanah
Liyanah

INDUSTRY.co.id, Cikarang, Merupakan salah satu daerah yang terletak di daerah Jawa Barat tepatnya di kota Bekasi yang menjadi tujuan orang untuk memperoleh pekerjaan. Bagaimana tidak di Cikarang sangat mudah ditemui pabrik-pabrik yang ada di beberapa daerah kawasan industry seperti EJIP, Jababeka, Hyundai, Delta dan lain lain. Dengan kehadiran pabrik tentu membutuhkan Sumber Daya Manusia sebagai bagian penting dari proses kegiatan produksi. Keadaan ini tentu akan mengakibatkan lonjakan jumlah orang yang ada di sekitaran lingkungan pabrik atau daerah lingkungan sekitar pabrik. Efek Domino yang di timbulkan dengan pertambahan jumlah orang yang hadir di daerah pabrik adalah peningkatan aktivitas bisnis yang meliputi kebutuhan akan sandang pangan dan papan.

Celah ini di lihat dan di manfaatkan oleh para pengusaha Apartemen untuk membuka lahan-lahan baru sebagai pemenuhan kebutuhan hidup khususnya terkait papan melalui konsep tempat tinggal seperti Apartemen. Hal ini dapat kita lihat dengan hadirnya beberapa Apartemen-Apartemen baru di Cikarang. Contohnya Meikarta, Chadstone, Oasis, Elvis dan sebagainya. Konsep perumahan komersial yang ada biasanya hanya berupa konsep rumah horizontal melalui perumahan KPR yang tentu membutuhkan lahan tanah yang lebih luas dimana lahan tanah yang tersedia saat ini mulai semakin sempit.

Kehadiran apartemen merupakan salah satu solusi yang ditawarkan untuk meminimalis ruang tanah yang tersedia. Yang menjadi sedikit persoalan dan pertimbangan adalah kepemilikan apartemen sendiri ternyata tidak permanen seperti konsep perumahan yang ada. Menurut undang-undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria kepemilikan apartemen (rumah susun) adalah Hak Guna Bangunan (HGB) yang mana jangka waktunya hanya terbatas 30 tahun dan dapat diperpanjang kemudian 20 tahun. Apabila seseorang membeli apartemen pada usia 30 tahun, maka hanya dapat menikmatinya sampai umur 80 saja itupun apabila perpanjangan disetujui. Apabila tidak maka hanya sampai pada umur 60 tahun saja. Itu juga belum dipotong masa proses yang dibutuhkan dalam pembangunan apartemen sendiri.

Apakah kehadiran apartemen yang menjamur di sekitar daerah Cikarang akan menjadi suatu bisnis yang menjanjikan dengan banyaknya minat dari masyarakat atau malah sebaliknya dengan permasalahn kepemilikan yang tidak permanen akan membuat masyarakat berpikir ulang untuk membeli apartemen? Mungkin hanya orang yang berada di level kekayaan yang cukup tidak terlalu perduli dengan terbatasnya jangka waktu kepemilikan apartemen karena lebih mengutamakan prestise dan perlindungan akan privasi dibandingkan dengan yang lain.

Tidak hanya terkait kebutuhan hidup berupa tempat tinggal, dibutuhkan pula pemenuhan akan kebutuhan sandang dan pangan yang mana ini disediakan oleh beberapa supermarket yang ada di Cikarang. Sebut saja Sentra Grosir Cikarang (SGC), Mall Lippo Cikarang, Orange Country, Living Plaza dan masih banyak lainnya. Kebutuhan primer ini juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang ada. Kehadiran supermarket dengan konsep include dengan entertainment seperti bioskop, taman bermain, lokasi nongkrong juga menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi para pengusaha.

Konsep supermarket yang selama ini hanya dikenal hanya sebagai tempat untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari mulai di imbangi dengan menghadirkan hiburan-hiburan tambahan berupa tempat bermain, bioskop dan sebagainya. Persaingan bisnis di area ini juga sangat ketat. Yang sukses adalah yang mampu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dan memiliki semua kelengkapan fasilitas untuk dapat dinikmati oleh masyarakat. Termasuk pula dari sisi kemudahan akses trnasportasi dan persaingan produk yang ditawarkan.

Terlepas dari permasalahan yang ada menurut penulis dengan kehadiran jumlah orang yang membutuhkan kebutuhan primer seperti sandang pangan dan papan, bisnis apartemen dan supermarket (mall) masih sangat menjanjikan dan Cikarang merupakan target pemasaran yang sangat bagus untuk bisnis ini. Pada akhirnya  bagi penulis dengan kondisi pasar yang besar di Cikarang, merupakan surganya Apartemen dan Supermarket (mall) sebagai bisnis yang sangat menjanjikan untuk memulai usaha baru.

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Boyband EXO

Jumat, 06 Desember 2019 - 18:01 WIB

Menelisik 7 Tahun Perjalanan Karier dari Boyband EXO

Setelah tiga tahun lamanya, boyband ternama asal Korea Selatan, EXO kembali menggelar konser di Indonesia pada tanggal 23 November 2019 kemarin. Tak pelak, konser bertajuk EXO PLANET #5 EXplOration…

Fuad Rizal Jadi Plt Dirut Garuda Indonesia

Jumat, 06 Desember 2019 - 18:00 WIB

Fuad Rizal Jadi Plt Dirut Garuda Indonesia

Dewan Komisaris Garuda Indonesia pada hari ini, Jumat (6/12/2019) telah menyampaikan SK Dewan Komisaris No. DEKOM/SKEP/011/2019 tanggal 5 Desember 2019 yang menetapkan Fuad Rizal sebagai Plt.…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Jumat, 06 Desember 2019 - 16:30 WIB

BNI Syariah Raih Penghargaan Pariwara Tidak Langsung OJK

Jakarta - BNI Syariah meraih penghargaan Pariwara Tidak Langsung Terbaik Sektor Jasa Keuangan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 2019. Penghargaan ini diberikan dalam acara Malam Penganugerahan…

Presiden Joko Widodo saat meresmikan pabrik baru polyethylene PT Chandra Asri Petrochemical (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Jumat, 06 Desember 2019 - 15:40 WIB

Resmikan Pabrik Baru Polyethylene Chandra Asri, Jokowi Optimis Indonesia Bakal Stop Impor Petrokimia 4 Tahun Kedepan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik baru polyethylene milik PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) dengan kapasitas produksi mencapai 400 ribu ton per tahun. Dengan tambahan…

UC Browser dan Lazada Kolaborasi

Jumat, 06 Desember 2019 - 15:34 WIB

UC dan Lazada Meriahkan Harbolnas Akhir Tahun

Jakarta - UC Browser bersama Lazada turut memeriahkan Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) 12.12 yang dirayakan setiap tanggal 12 bulan Desember. Dengan menghadirkan kampanye belanja “UC…