Ajang Bali Kei Archipelago Festival 2019 Berlangsung Meriah dan Semarak

Oleh : Amazon Dalimunthe | Senin, 04 November 2019 - 13:05 WIB

Andi Manuhutu Project Officer Bali Kei Archipelago 2019 (foto: Amz)
Andi Manuhutu Project Officer Bali Kei Archipelago 2019 (foto: Amz)

INDUSTRY.co.id -TUAL, -- Ajang  Bali Kei Archipelago Festival (BKAF) 2019 yang berlangsung di Ohoililir, Kepulauan Kei, Maluku Tenggara yang berlangsung 1 hngga 3 nopember kemarin berlangsung sukses. Semua mata acara yang digelar mampu mendatangkan penonton yang datang tidak hanya dari mastakat setemapt, tetapi juga para turis local dari Ambon, Surabaya, dan turis manca Negara.

Menjelang berakhirnya ajang ini, Andi Manuhutu selaku penggagas mengaku puas. Meski tidak menampik banyak kekurangan. “Kalau ditanya apakah saya puas, saya jawab puas. Tapi tahun berikutnya saya akan berusaha meningkatkan lagi. Apalagi ada juga permintaan dari Kotamadya Tual untuk membuatnya di sana. Jadi nanti aka nada di dua tempat yakni di Kotamadya Tual di salah satu pulaunya, dan juga di Kabuapten Maluku tenggara,’’ kata Andi.

Kepuasan juga terpancar dari deretan pengisi acara yang tampil memeriahkan ajang yang berlangsung di bibir pantai Ohoililir ini. DJ Yasmin misalnya, mengakui bahwa ia biasa main di tepi pantai, tapi belum pernah yang betul betul tepat di bibir pantai sepeeti panggung BKAF 2019 ini. “saya benar benar exiting bia main di tempat seperti ini. Tantangannya beda dengan pantai pantai lain yang pernah saya jadi DJ nya. Apalagi yang seolah olah pantai,” kata DJ Cantik ini.

Hal yang sama dikemukakan oleh  Jaydee, vokalis keompok soul ID. “Wah rasanya semangat kita bertambah melihat eksotisnya lokasi acara. Saya main di pantai dengan suara ombak, dibawah bulan sabit. Dan pengunjung yang antusias,” kata Jaydee.

Selain DJ Yasmin, yang tampil sebagai pengisi acara ada juga DJ Iris yang berasal dari Rusia dan DJ Ade Bro (Jakarta). Mereka bertiga membuat suasana pantai yang semarak makin heboh dengan sajian musik disco dengan gaya mereka masing-masing.

Kelompok lain yang tidak kalah menghiburnya adalah Steven and The Coconut Tree. Kelompok beraliran Reggae Ska yang tamil dihari kedua BKAF ini, tanil all out selama 1,5 jam tanpa jeda. Semua musisi dan vokalis menunjukkan kualitasnya sebagai band professional yang bisa membawa suasana jadi bergairah.

Sejumlah musisi local yang dihadirkan, tak kalah ciamiknya dalam mengolah sajian musik. Meski berasal dari kepulauan Kei mereka tampil seperti tak mau kalah dengan musisi asal Jakarta. Bahkan seorang Rapper local diajak berjam session bersama Soul Id dan mampu mengimbangi nyanyian rap yang dibawakan.

Ini masih di tambah lagi dengan tari tarian local yang menggambarkan betapa kayanya kesenian dan kebudayaan kepulauan Kei.

Di hari terakhir penyelenggara juga membuat ajang sport adventure berupa lomba lari lintas alam menempuh jarak 5 km, 10 km dan 21 km yang ternyata di tempuh dengan waktu yang tidak jauh dari waktu yang tercatat di rekor rekor nasional.

Semua itu menurut Andi Manuhutu, menunjukkan bahwa penyelenggara BKAF bukan hanya menjadi penyelengara pertunjukan atau Event Organizer. “Yang kami mau bangun itu adalah ekosistem pariwsata yang meliputi semua pemangku kepentingan. Baik pemerintah, Swasta, Sponsor, Masyarakat adat, wisatawan serta seniman. Kalau mau pariwisata kepulauan kei maju, maka mari bergandeng tangan bersama sama. Tanpa itu tidak mungkin. Apalagi saya yakin Menteri Pariwsata danEkonomi Kreatif yang baru pak Wishnutama pernah mengatakan bahwa industry pariwisata tumbuh bukan hanya kuantitasnya tapi juga kualitasnya. Itu yang saya pegang. (AMZ)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.