Penusukan Wiranto, Tak Dibenarkan Hukum dengan Alasan Apapun

Oleh : Herry Barus | Jumat, 11 Oktober 2019 - 03:00 WIB

Ketua MPR Bambang Soessatyo
Ketua MPR Bambang Soessatyo

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengecam keras penusukan terhadap Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam), Wiranto, saat menghadiri acara di Pandeglang, Banten, Kamis (10/10/19).

Atas alasan apapun, tindakan anarkis dan membahayakan nyawa manusia tersebut tak dibenarkan hukum dengan alasan apapun. Siapapun pelakunya harus diproses secara hukum agar kejadian serupa tak menimpa siapapun di kemudian hari.

"Kecaman ini bukan karena penusukan ditujukan kepada Pak Wiranto yang kebetulan seorang pejabat publik. Tindakan membahayakan nyawa orang lain, apalagi hal tersebut tidak bisa dapat dibenarkan sesuai aturan hukum dan nilai-nilai Pancasila, " kata Bamsoet di Kawasan MPR RI, Jakarta, Kamis (10/10/2019).

"Kejadian ini sekaligus menjadi early warning bagi kepolisian yang bertanggungjawab dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat," ujar Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini berharap masyarakat tidak terprovokasi atas kejadian tersebut. Dirinya percaya, kepolisian bisa segera menyelesaikan masalah ini sesuai ketentuan yang berlaku.

"Walaupun kejadian tersebut berdekatan dengan waktu pelantikan Presiden - Wakil Presiden 2019-2024, namun tak perlu didramatisir secara berlebihan. Kepolisian harus segera mengusut tuntas motif pelaku, agar di masyarakat tidak berkembang berbagai teori konspirasi yang kadangkala justru menimbulkan berbagai prasangka, kekhawatiran dan ketakutan," tutur Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini memastikan, kondisi Indonesia secara umum masih sangat baik, aman, damai dan terkendali. Masyarakat, pelaku usaha, maupun investor tak perlu khawatir sebab selain ada Polri, Indonesia juga punya TNI yang selalu siap sedia menjaga kedamaian Indonesia. 

"Sinergi Polri dan TNI yang sudah berjalan dengan baik harus terus ditingkatkan. Masyarakat juga tetap waspada terhadap berbagai upaya yang berusaha memecahbelah NKRI," kata Bamsoet. 

Aksi penyerangan dilakukan saat Wiranto bersama rombongan akan meninggalkan Helipad Lapangan Alun-alun Menes Ds. Purwaraja,  Kecamatan Menes,  Kabupaten Pandeglang, Banten.

Aksi secara tiba-tiba sekira pukul 11.55 wib itu langsung menusuk ke bagian perut Wiranto dengan sajam berupa gunting secara membabi buta sehingga mengakibatkan luka tusuk pada Kapolsek Menes Kompol. Daryanto di bagian punggung an ajudan Menko Polhukam (Fuad) di dada sebelah kiri atas.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jamaah Haji menunaikan ibadah di Kabah Masjidil Haram Makkah

Rabu, 03 Juni 2020 - 15:00 WIB

Covid-19 Pukul Bisnis Pariwisata dan Umrah

Wabah virus corona atau Covid-19 memukul sektor pariwisata Indonesia. Sektor yang merupakan salah satu penghasil devisa terbesar itu lumpuh sejak sebulan terakhir.

Bijak Dalam Mengajukan Perizinan SIKM

Rabu, 03 Juni 2020 - 14:30 WIB

Bijak Dalam Mengajukan Perizinan SIKM

Surat Izin Keluar/ Masuk di Wilayah Provinsi DKI Jakarta (SIKM) merupakan dispensasi terhadap larangan melakukan bepergian yang diberikan kepada orang, pelaku usaha atau orang asing yang bepergian…

Industri Pesawat R80 yang Dirintis BJ Habibie Tak Lagi Masuk Proyek Strategis Nasional

Rabu, 03 Juni 2020 - 14:02 WIB

Sedih! Pesawat R80 yang Dirintis BJ Habibie Berakhir di Era Jokowi

Jakarta-Pemerintah pada 29 Mei 2020, memutuskan menghapus dua proyek pengembangan pesawat, yakni R80 dan N245 dari daftar proyek strategis nasional (PSN).

Program Hansaplast Berbagi

Rabu, 03 Juni 2020 - 14:00 WIB

Upaya Kolaboratif Antara Hansaplast dan Konsumen

Hansaplast (salah satu merek dari Beiersdorf Indonesia) berinisiatif menggelar program Hansaplast Berbagi untuk membantu menyediakan Alat Pelindung Diri (APD) melalui kemitraan dengan Palang…

Nutanix

Rabu, 03 Juni 2020 - 14:00 WIB

Nutanix Dukung Para Mitra dan Pelanggan Selama Pandemi Covid-19

Nutanix (NASDAQ:NTNX), pemimpin dalam komputasi cloud enterprise, hari ini mengumumkan Nutanix Special Financial Assistance Program (NSFAP) untuk menunjukkan komitmen perusahaan dalam mendukung…