Penusukan Wiranto, Tak Dibenarkan Hukum dengan Alasan Apapun

Oleh : Herry Barus | Jumat, 11 Oktober 2019 - 03:00 WIB

Ketua MPR Bambang Soessatyo
Ketua MPR Bambang Soessatyo

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengecam keras penusukan terhadap Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam), Wiranto, saat menghadiri acara di Pandeglang, Banten, Kamis (10/10/19).

Atas alasan apapun, tindakan anarkis dan membahayakan nyawa manusia tersebut tak dibenarkan hukum dengan alasan apapun. Siapapun pelakunya harus diproses secara hukum agar kejadian serupa tak menimpa siapapun di kemudian hari.

"Kecaman ini bukan karena penusukan ditujukan kepada Pak Wiranto yang kebetulan seorang pejabat publik. Tindakan membahayakan nyawa orang lain, apalagi hal tersebut tidak bisa dapat dibenarkan sesuai aturan hukum dan nilai-nilai Pancasila, " kata Bamsoet di Kawasan MPR RI, Jakarta, Kamis (10/10/2019).

"Kejadian ini sekaligus menjadi early warning bagi kepolisian yang bertanggungjawab dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat," ujar Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini berharap masyarakat tidak terprovokasi atas kejadian tersebut. Dirinya percaya, kepolisian bisa segera menyelesaikan masalah ini sesuai ketentuan yang berlaku.

"Walaupun kejadian tersebut berdekatan dengan waktu pelantikan Presiden - Wakil Presiden 2019-2024, namun tak perlu didramatisir secara berlebihan. Kepolisian harus segera mengusut tuntas motif pelaku, agar di masyarakat tidak berkembang berbagai teori konspirasi yang kadangkala justru menimbulkan berbagai prasangka, kekhawatiran dan ketakutan," tutur Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini memastikan, kondisi Indonesia secara umum masih sangat baik, aman, damai dan terkendali. Masyarakat, pelaku usaha, maupun investor tak perlu khawatir sebab selain ada Polri, Indonesia juga punya TNI yang selalu siap sedia menjaga kedamaian Indonesia. 

"Sinergi Polri dan TNI yang sudah berjalan dengan baik harus terus ditingkatkan. Masyarakat juga tetap waspada terhadap berbagai upaya yang berusaha memecahbelah NKRI," kata Bamsoet. 

Aksi penyerangan dilakukan saat Wiranto bersama rombongan akan meninggalkan Helipad Lapangan Alun-alun Menes Ds. Purwaraja,  Kecamatan Menes,  Kabupaten Pandeglang, Banten.

Aksi secara tiba-tiba sekira pukul 11.55 wib itu langsung menusuk ke bagian perut Wiranto dengan sajam berupa gunting secara membabi buta sehingga mengakibatkan luka tusuk pada Kapolsek Menes Kompol. Daryanto di bagian punggung an ajudan Menko Polhukam (Fuad) di dada sebelah kiri atas.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementerian PUPR Raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2020

Jumat, 27 November 2020 - 08:45 WIB

Kementerian PUPR Raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2020 dan Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik Penanganan COVID-19

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen untuk menjadi lembaga pemerintah yang informatif dengan memberikan pelayanan informasi publik yang akuntabel dan transparan…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Jumat, 27 November 2020 - 08:33 WIB

HUT Korpri Ke-49, Menteri Basuki: ASN Tetap Harus Produktif dan Inovatif

Puncak perayaan ini dilaksanakan di Auditorium Kementerian PUPR yang dihadiri secara terbatas serta daring, Kamis (26/11/2020).

Kepala BKPM Bahlil (ist)

Jumat, 27 November 2020 - 08:30 WIB

Investasi di RI Meluber! Bawa Duit US$ 70,14 Miliar, 152 Perusahaan Bakal Relokasi Pabrik dari China ke Indonesia

Indonesia berpotensi kebanjiran investasi senilai US$70,14 miliar dari perusahaan-perusahaan yang berencana merelokasikan pabriknya dari China pada masa pandemi COVID-19.

BCA Raih Payment Channel Award 2020

Jumat, 27 November 2020 - 08:00 WIB

BCA Raih Payment Channel Award 2020

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sebagai bagian dari sistem keuangan nasional senantiasa menghadirkan beragam solusi perbankan demi menunjang kebutuhan nasabah dan masyarakat Indonesia. Kerja…

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (kiri) menyerahkan cindera mata kepada Wakil Duta Besar Belanda untuk Indonesia Ardi Stoios-Braken usai signing ceremony peluncuran Arise Fund di Jakarta

Jumat, 27 November 2020 - 07:05 WIB

MDI Ventures dan Finch Capital Luncurkan Arise Fund

MDI Ventures perusahaan modal ventura milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama dengan Finch Capital investor tematik tahap awal yang fokus pada teknologi keuangan, berkolaborasi…