Populasi Sapi Indonesia Meningkat 5 Juta Ekor

Oleh : Wiyanto | Kamis, 10 Oktober 2019 - 18:36 WIB

Mentan Amran Sulaiman dan Gubernur Jawa Timur
Mentan Amran Sulaiman dan Gubernur Jawa Timur

INDUSTRY.co.id - Surabaya - Menteri Pertanian Amran Sulaiman menegaskan sapi Indonesia menurut BPS mengalami peningkatan hampir 5 juta ekor sapi dalam periode tahun 2014 – 2019. Peningkatan populasi sapi yang ada saat ini diungkapkan tidak lepas dari penggunakan teknologi inseminasi buatan (IB) secara masif, yaitu dengan sistem perkawinan pada ternak sapi secara buatan.

“Perkembangan sapi kita pada saat awal pemerintahan Jokowi sesuai BPS itu populasinya 14 Juta, namun hari ini sapi kita sudah ada 18 juta ekor hampir 19 juta ekor. Ada kenaikan hampir 5 juta ekor” ungkap Amran pada Rapat Evaluasi UPSUS SIWAB tahun 2019 Provinsi Jawa Timur di Surabaya, Rabu (10/10/19). “Insya Allah akhir tahun bisa 19 juta. Satu juta ekor per tahun kenaikannya” tambahnya.

Dalam kesempatan ini, Amran meminta agar beternak secara cerdas, misalnya ternak sapi limosin, dimana satu sapi Limosin setara dengan 3 atau 4 sapi lokal.

Melihat populasi yang meningkat pesat, Amran meminta anggaran ditambah untuk program Percepatan Populasi Sapi dan Kerbau Bunting ini.

Pembangunan sub-sektor peternakan merupakan bagian dari pembangunan sektor pertanian, dimana sektor ini memiliki nilai strategis dalam memenuhi kebutuhan pangan yang terus meningkat atas bertambahnya jumlah penduduk Indonesia, dan peningkatan rata-rata pendapatan penduduk Indonesia dan taraf hidup petani, peternak dan nelayan.

Dalam kesempatan ini, Menteri Amran memberikan penghargaan kepada Gubernur Jawa Timur sebagai pembina UPSUS SIWAB terbaik propinsi di Indonesia.

“Terima kasih semua pihak yang telah bersinergi atas prestasi ini. Terus kita tingkatkan dan kita tularkan kepada provinsi yang berminat,” kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sesaat setelah menerima penghargaan. Menurutnya peningkatan produktivitas ternak sapi di Jatim dilakukan dengan sistem perkawinan inseminasi buatan (IB). Data Dinas Peternakan Propinsi Jawa Timur, hingga bulan September 2019, dari target 1.300.000 ekor sapi telah terealisasi 1.396.000 ekor sapi atau capaiannya 107%.

Gubernur Jatim mengatakan Jawa Timur berkontribusi 43 persen terhadap populasi nasional, atau setara 1,3 juta ekor dari program UPSUS SIWAB ( Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting). Kelahiran pedet (anak sapi) hingga September 2019 adalah 843.807 ekor dan yang lahir kembar 478 ekor sapi, yaitu 235 ekor dengan kelamin jantan dan 243 ekor betina dari 28 kabupaten empat kota dan yang paling banyak dari Kabupaten Tuban.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dahlan Iskan

Selasa, 21 Januari 2020 - 10:00 WIB

Beginilah TVRI

Pecandu Liga Inggris kelimpungan sejak tahun lalu. Sejak hak siar di Indonesia pindah ke MolaTV.

Para pemain, Kru, Sutradara dan Produser film 'Dignitate' produksi MD PIctures

Selasa, 21 Januari 2020 - 09:38 WIB

Ahmad Dhani Bangga Al Ghazali Mampu Mainkan Peran Emosional Di film Dignitate

Musisi senior Ahmad Dhani mengaku bangga terhadap putra pertamanya Al Ghazali yang mampu memainkan peran sebagai anak muda yang berusaha mengangkat kehormatan keluarganya di film Dignitate.…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Selasa, 21 Januari 2020 - 09:19 WIB

IHSG Berpeluang Tertekan

Secara teknikal IHSG bergerak melemah break out MA200 dan menguji support lower bollinger bands dilevel 6220 sebagai konfirmasi pola double top. Indikator stochastic bergerak bearish dengan…

Para Pengurus Himpunan Pengusaha Online Internasional (HIPO) merayakan milad 1 di Ball Room JIexpo Kemayoran Jakarta.

Selasa, 21 Januari 2020 - 08:40 WIB

Himpunan Pengusaha Online Internasional Targetkan 1 Juta Anggota Di 2020

Himpunan Pengusaha Online Internasional (HIPO) mentargetkan jumlah anggota akan mencapai 1 juta orang hingga akhir tahun 2020 dari jumlah 200 ribu saat ini. Hal ini terungkap dalam Rakernas…

Dermaga IPCC (Foto Istimewa)

Selasa, 21 Januari 2020 - 07:57 WIB

Sepanjang 2019, IPCC Catatkan Pertumbuhan Dobel Digit

Di tengah masih menderunya kondisi perang dagang antara Amerika Serikat dan China hingga maraknya persepsi banyak kalangan pelaku usaha dan bisnis bahwa akan adanya resesi global yang dapat…