Melalui Program Jabat Ekonomi, Jababeka Berikan Pelatihan Modifikasi Rengginang KWT Desa Simpangan

Oleh : Hariyanto | Senin, 30 September 2019 - 19:18 WIB

Jababeka Berikan Pelatihan Modifikasi Rengginang KWT Desa Simpangan
Jababeka Berikan Pelatihan Modifikasi Rengginang KWT Desa Simpangan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Program CSR Jababeka Bersahabat di bidang ekonomi (Jabat Ekonomi) merupakan salah satu program yang bertujuan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam meningkatkan perekonomian mereka. 

Salah satu kegiatan Program Jabat Ekonomi adalah Kelas Terampil dimana pada tanggal 25-27 September 2019,  Jababeka bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Simpangan mengadakan pelatihan modifikasi rengginang. 

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas serta diferensiasi produk rengginang yang diproduksi para ibu anggota KWT Desa Simpangan menjadi lebih kekinian. 
Rengginang hasil KWT Desa Simpangan merupakan salah satu produk unggulan BUMDesa Simpangan Mandiri. 

Oleh karena itu, Jababeka memberikan pendampingan berupa pelatihan bersama para ibu anggota KWT untuk memodifikasi bentuk dan rasa rengginang yang mereka produksi. Para peserta sangat antusias selama pelatihan berlangsung. 

Suasana serius tapi santai selama pelatihan semakin mempererat rasa kekeluargaan antar anggota KWT. “Saya berharap hubungan sosial antar anggota semakin akrab dan guyub, sehingga KWT kami semakin solid dalam berkarya” ucap Neneng, Ketua KWT Desa Simpangan.

“Kami menyambut baik kegiatan pendampingan UKM oleh Jababeka, hal ini pun sesuai dengan upaya kami untuk meningkatkan produktivitas UKM yang ada di desa kami.” kata Kepala Desa Simpangan, H Kurma saat meninjau kegiatan para ibu di hari terakhir pelatihan. 

Pelatihan ini merupakan salah satu upaya link and match program CSR dengan program desa, seperti yang disampaikan Aris Dwi Cahyanto, Senior Manager PT Jababeka Infrastruktur. “Kami berupaya mendukung women’s empowerement melalui penyelarasan program CSR Jababeka dengan peningkatan produktivitas UKM yang dikelola KWT desa Simpangan.” ungkapnya.

Melalui pelatihan modifikasi rengginang ini, diharapkan dapat memberi nilai tambah produk rengginang yang dihasilkan seperti pada rasa, kemasan dan penjualan sehingga dapat bersaing dan memberikan penghasilan tambahan bagi para ibu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Selasa, 18 Februari 2020 - 15:40 WIB

Genjot Program Santripreneur, Kemenperin Siapkan Anggaran Capai Rp10 Miliar

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) semakin gencar menciptakan wirausaha baru di lingkungan Pondok Pesantren (Ponpes) melalui program…

Presiden Direktur BCA Syariah Jhon Kosasih bersama direksi lainnya

Selasa, 18 Februari 2020 - 15:25 WIB

2020, Pertumbuhan BCA Syariah Dibidik 15 Persen

PT. Bank BCA Syariah (BCA Syariah) komitmen untuk menjalankan fungsi intermediasi secara optimal dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian.

Elnusa Petrofin

Selasa, 18 Februari 2020 - 15:23 WIB

Elnusa Petrofin Dukung Peningkatan Keselamatan Distribusi BBM

PT Elnusa Petrofin (EPN) terus melakukan terobosan untuk menjaga dan meningkatkan faktor keselamatan khususnya dalam menghantarkan BBM Pertamina ke seluruh pelosok negeri mencakup keselamatan…

Direktur Jenderal International Rice Research Institute (IRRI), Matthew Morell

Selasa, 18 Februari 2020 - 15:09 WIB

Anggota IRRI Tertarik Terapkan Agriculture War Room

Direktur Jenderal International Rice Research Institute (IRRI), Matthew Morell mengunjungi Agriculture War Room (AWR) Kementerian Pertanian, Selasa (18/2).

Rupiah (Foto/Rizki Meirino)

Selasa, 18 Februari 2020 - 15:01 WIB

Komposisi Pembiayaan BCA Syariah Terbesar ke Komersil

Penyaluran pembiayaan BCA Syariah di Desember 2019 mencapai Rp5,6 triliun atau meninggat 15,2% secara yoy sementara industri perbankan syariah tumbuh 11,6% yoy (data November 2019).