Kinerja Ekspor CPO Memuaskan, Pasar Afrika Jadi Andalan

Oleh : Hariyanto | Rabu, 18 September 2019 - 14:59 WIB

kelapa sawit
kelapa sawit

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kinerja ekspor minyak sawit dan produk turunannya di luar biodiesel dan oleochemical menunjukkan tren yang memuaskan. Hal tersebut ditopang kenaikan ekspor CPO ke Afrika sebagai negara tujuan ekspor baru yang sedang digarap Indonesia.

"Ini adalah keberhasilan Kementerian Perdagangan (Kemdag) dalam melakukan promosi ke negara-negara Afrika," kata Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki), Joko Supriyono, di Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Gapki mencatat ekspor ke negara-negara Afrika hingga Juli 2019 mengalami kenaikan sebesar 20,11% (yoy) dibanding periode sama tahun lalu. Adapun total ekspor sampai dengan Juli lalu mencapai 17,76 juta ton.

Volume ekspor minyak sawit dan produk turunannya tersebut mengalami kenaikan sekitar 16% dari bulan Juni. Sementara dibandingkan periode yang sama tahun lalu mengalami kenaikan 4,7%.

Selain Afrika, menurut Joko, kenaikan ekspor terbesar dibukukan oleh China yang tumbuh 46,7%. Di sisi lain, penurunan ekspor masih terjadi di India sedalam 19,86%, Amerika Serikat, serta Pakistan dan Bangladesh.

"Penurunan ekspor ke India masih dikarenakan pengenaan tarif impor yang tinggi, yakni 54% untuk produk olahan dan 40% untuk produk minyak sawit mentah," ungkap Joko.

Namun kabar baiknya, India akan menurunkan tarif impor untuk produk olahan sawit Indonesia menjadi 45%, sehingga sama dengan tarif yang dikenakan kepada produk olahan sawit Malaysia.

"Tentu ini karena negosiasi yang terus menerus dilakukan oleh Kemendag dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) kepada Pemerintah India," ujar Joko. (imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Graduation Day MSA 2019

Jumat, 06 Desember 2019 - 12:01 WIB

Michelin Indonesia Ajak 500 Siswa Jabodetabek Tandatangani Deklarasi 10 Golden Rules di Graduation Day MSA 2019

Tahun ini, tema MSA 2019 “Inspiring Mobility” dipilih untuk mendorong terciptanya agen perubahan dan pelopor keselamatan yang dapat menginspirasi banyak orang untuk mendapatkan mobilitas…

Siti Badriah Foto MALE Indonesia

Jumat, 06 Desember 2019 - 12:00 WIB

Siti Badriah Berharap Punya Momongan

Meski karir Siti Badriah (Sibad) tengah di puncak popularitas tidak membuat pelantun tembang Lagi Syantik ini menunda momongan. "Nggak, lebih cepat lebih baik. Tapi kalau Allah belum ngasih,…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Jumat, 06 Desember 2019 - 11:47 WIB

Dukung Kebutuhan Air Baku IKN, Bendungan Sepaku Semoi Mulai Dibangun Tahun 2020

Bendungan dengan kapasitas volume sekitar 11 juta m3 ini sudah cukup lama direncanakan, awalnya untuk memenuhi kebutuhan air baku Kota Balikpapan sebesar 2.000 liter/detik.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Jumat, 06 Desember 2019 - 11:40 WIB

Kementerian PUPR Siap Resmikan Jalan Tol Balsam Seksi 2-4 Sebelum Natal 2019

Untuk mendukung pengembangan kawasan calon Ibu Kota Negara (IKN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Balikpapan – Samarinda (Balsam)…

Rizal Mantovani

Jumat, 06 Desember 2019 - 11:00 WIB

Rizal Mantovani Terpacu Menggarap Lebih Bagus

Menggarap judul film yang sudah sukses digarap sutradara lain buka perkara mudah. Hal itu yang tengah dirasakan Rizal Mantovani, ketika menggarap film Rasuk 2 produksi Dee Company dan Bluewater.…