Yamaoka Scholarship Foundation Ekspansi Program Beasiswa ke IPB

Oleh : Ridwan | Selasa, 17 September 2019 - 20:30 WIB

Program beasiswa Yanmar Co., Ltd
Program beasiswa Yanmar Co., Ltd

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Yamaoka Scholarship Foundation, program beasiswa yang didukung penuh oleh Yanmar Co., Ltd., kembali melakukan ekspansi program beasiswa untuk universitas di Indonesia dengan mengandeng perguruan tinggi baru, Institut Pertanian Bogor (IPB) setelah tahun sebelumnya bekerja sama dengan Universitas Darma Persada Indonesia (Unsada). 

Dengan bergabungnya IPB dalam program beasiswa di tahun ini, menjadikan jumlah peserta penerima beasiswa menjadi 15 orang. Adapun ke-lima belas penerima beasiswa tersebut adalah 5 orang penerima beasiswa tahun sebelumnya dari Unsada dan 10 orang penerima beasiswa di tahun 2019 (5 orang penerima dari Unsada dan 5 orang penerima dari IPB). 

Adapun para penerima baru beasiswa tersebut, merupakan mahasiswa yang berada di tingkat 3 pada tahun ajaran 2019. Beasiswa tersebut diberikan selama 2 tahun dengan berupa uang sebesar 1 juta rupiah setiap bulannya.

"Sebagai bagian dari Yanmar, tentu kami sangat bangga bisa membantu calon-calon generasi yang akan memimpin perkembangan pertanian di Indonesia di masa depan. Kami berharap beasiswa ini dapat membantu mereka untuk terus berprestasi dalam menempuh perkuliahan mereka di universitas masing-masing," Kata Nobuyoshi Fujita, Direktur Eksekutif Yamaoka Scholarship Foundation di Jakarta (17/9).

Perjalanan Yamaoka Foundation dalam memberikan bantuan beasiswa universitas di Indonesia dimulai pada saat peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia dengan Jepang tahun 2018 dan berencana membentuk sistem pendukung untuk universitas di Indonesia.

Yamaoka Scholarship Foundation dibentuk oleh Magokichi Yamaoka, pendiri dari Yanmar Co., Ltd. menggunakan aset pribadinya. 

Di Jepang, Yamaoka Scholarship Foundation menyediakan dan mengelola beasiswa untuk tingkat SMA, pasca sarjana dan mahasiswa asing yang terlibat dalam penelitian tentang pengetahuan alam.

Sejak 2013, program beasiswa ini juga telah aktif di Asia Tenggara. Di Indonesia, program ini menawarkan beasiswa akademik untuk siswa SMP di Jakarta dan Surabaya yang menekuni dan berprestasi di bidang sepak bola dengan syarat masih aktif menjadi siswa di sekolah masing-masing.

Di masa depan, Yanmar Co., Ltd. melalui Yamaoka Scholarship Foundation akan memperluas programnya untuk universitas di Indonesia dan bekerja untuk membina generasi selanjutnya di dalam maupun di luar Jepang. 

Kai Yasuda, Presiden Direktur dari PT. Yanmar Diesel Indonesia mengatakan, kami senang akhirnya bisa meningkatkan jumlah penerima beasiswa seperti yang telah kami janjikan di tahun lalu. 

"Dengan meneruskankerja sama dengan IPB dan Unsada di tahun ini, jumlah penerima beasiswa di tahun 2020 akan menjadi 20 mahasiswa. Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat berkontribusi terhadap realisasi masyarakat yang sejahtera, terutama di Indonesia," katanya.

"Kami berharap para mahasiswa penerima ini bisa semakin berprestasi kedepannya dan mampu mengembangkan diri mereka ke dunia yang lebih luas seperti semangat pendiri kami," tambah Kai.

Yanmar Indonesia sendiri pun tidak hanya akan berhenti berkarya di Indonesia saja. "Kami berniat untuk mengembangkan bisnis ekspor ke wilayah berkembang, meluncurkan produk dari Indonesia ke seluruh dunia dengan menggunakan merek hibrid Jepang dan Indonesia," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Masyarakat Aparuka Papua Berobat di Pos Satgas 754 Kostrad

Kamis, 09 Juli 2020 - 05:30 WIB

Masyarakat Aparuka Papua Berobat di Pos Satgas 754 Kostrad

Kepercayaan masyarakat terhadap TNI mendorong mereka untuk berobat ke pos Satgas Pamrahwan Yonif 754/ENK/20/3 Kostrad yang terletak di Distrik Baobado Kabupaten Deiyai, Papua. Demikian disampaikan…

Mengatasi Aksi Teriorisme Tugas Pokok TNI Selain Perang

Kamis, 09 Juli 2020 - 05:00 WIB

Mengatasi Aksi Teriorisme Tugas Pokok TNI Selain Perang

Pada dasarnya, peran dan keterlibatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam mengatasi terorisme di Indonesia telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, dimana salah satu…

Menko Polhukam Tegaskan Jangan Lakukan Demoralisasi Terhadap TNI

Kamis, 09 Juli 2020 - 04:30 WIB

Menko Polhukam Tegaskan Jangan Lakukan Demoralisasi Terhadap TNI

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Moh. Mahfud MD meyakini jika masa depan Indonesia lebih bagus dan maju asalkan tetap menjaga persatuan. Menurutnya, jangan sekali-kali…

Ilustrasi Jiwasraya (Sindonews.com)

Kamis, 09 Juli 2020 - 04:30 WIB

Utang Jiwasraya Ternyata Rp18 Triliun, Wamen BUMN Geleng-geleng: Antara Nilai Aset dan Liabilitas Hanya Sepertiga

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), mengungkapkan bahwa kondisi utang PT Asuransi Jiwasraya (persero) per 31 Mei 2020, berdasarkan utang klaim kepada nasabah mencapai Rp18 triliun atau…

Penanaman 2.000 Bibit Bakau Libatkan Danyonmarhanlan IX dan Danlantamal IX

Kamis, 09 Juli 2020 - 04:00 WIB

Penanaman 2.000 Bibit Bakau Libatkan Danyonmarhanlan IX dan Danlantamal IX

Komandan Lantamal (Danlantamal) IX Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto, S.T., M.M. membuka kegiatan Penanaman 2.000 bibit Bakau bersama Danyonmarhanlan IX Letkol Marinir Syahrial Isnadie dan…