Yamaoka Scholarship Foundation Ekspansi Program Beasiswa ke IPB

Oleh : Ridwan | Selasa, 17 September 2019 - 20:30 WIB

Program beasiswa Yanmar Co., Ltd
Program beasiswa Yanmar Co., Ltd

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Yamaoka Scholarship Foundation, program beasiswa yang didukung penuh oleh Yanmar Co., Ltd., kembali melakukan ekspansi program beasiswa untuk universitas di Indonesia dengan mengandeng perguruan tinggi baru, Institut Pertanian Bogor (IPB) setelah tahun sebelumnya bekerja sama dengan Universitas Darma Persada Indonesia (Unsada). 

Dengan bergabungnya IPB dalam program beasiswa di tahun ini, menjadikan jumlah peserta penerima beasiswa menjadi 15 orang. Adapun ke-lima belas penerima beasiswa tersebut adalah 5 orang penerima beasiswa tahun sebelumnya dari Unsada dan 10 orang penerima beasiswa di tahun 2019 (5 orang penerima dari Unsada dan 5 orang penerima dari IPB). 

Adapun para penerima baru beasiswa tersebut, merupakan mahasiswa yang berada di tingkat 3 pada tahun ajaran 2019. Beasiswa tersebut diberikan selama 2 tahun dengan berupa uang sebesar 1 juta rupiah setiap bulannya.

"Sebagai bagian dari Yanmar, tentu kami sangat bangga bisa membantu calon-calon generasi yang akan memimpin perkembangan pertanian di Indonesia di masa depan. Kami berharap beasiswa ini dapat membantu mereka untuk terus berprestasi dalam menempuh perkuliahan mereka di universitas masing-masing," Kata Nobuyoshi Fujita, Direktur Eksekutif Yamaoka Scholarship Foundation di Jakarta (17/9).

Perjalanan Yamaoka Foundation dalam memberikan bantuan beasiswa universitas di Indonesia dimulai pada saat peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia dengan Jepang tahun 2018 dan berencana membentuk sistem pendukung untuk universitas di Indonesia.

Yamaoka Scholarship Foundation dibentuk oleh Magokichi Yamaoka, pendiri dari Yanmar Co., Ltd. menggunakan aset pribadinya. 

Di Jepang, Yamaoka Scholarship Foundation menyediakan dan mengelola beasiswa untuk tingkat SMA, pasca sarjana dan mahasiswa asing yang terlibat dalam penelitian tentang pengetahuan alam.

Sejak 2013, program beasiswa ini juga telah aktif di Asia Tenggara. Di Indonesia, program ini menawarkan beasiswa akademik untuk siswa SMP di Jakarta dan Surabaya yang menekuni dan berprestasi di bidang sepak bola dengan syarat masih aktif menjadi siswa di sekolah masing-masing.

Di masa depan, Yanmar Co., Ltd. melalui Yamaoka Scholarship Foundation akan memperluas programnya untuk universitas di Indonesia dan bekerja untuk membina generasi selanjutnya di dalam maupun di luar Jepang. 

Kai Yasuda, Presiden Direktur dari PT. Yanmar Diesel Indonesia mengatakan, kami senang akhirnya bisa meningkatkan jumlah penerima beasiswa seperti yang telah kami janjikan di tahun lalu. 

"Dengan meneruskankerja sama dengan IPB dan Unsada di tahun ini, jumlah penerima beasiswa di tahun 2020 akan menjadi 20 mahasiswa. Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat berkontribusi terhadap realisasi masyarakat yang sejahtera, terutama di Indonesia," katanya.

"Kami berharap para mahasiswa penerima ini bisa semakin berprestasi kedepannya dan mampu mengembangkan diri mereka ke dunia yang lebih luas seperti semangat pendiri kami," tambah Kai.

Yanmar Indonesia sendiri pun tidak hanya akan berhenti berkarya di Indonesia saja. "Kami berniat untuk mengembangkan bisnis ekspor ke wilayah berkembang, meluncurkan produk dari Indonesia ke seluruh dunia dengan menggunakan merek hibrid Jepang dan Indonesia," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peserta HNJA saat mengunjungi salah satu Desa binaan Aqua

Selasa, 22 Oktober 2019 - 00:33 WIB

Biogas Mampu Tekan Biaya Pembelian Gas Elpiji Masyarakat

- Bali - Danone melalui Pabrik Aqua memberikan pendampingan ke masyarakat Bali, diantaranya Pariwisata, membantu kepemilikan biogas, pertanian dan ke pemulung. Kesemuanya bentuk keperdulian…

Bibit Ubikayu (Foto:Doc Kementan)

Senin, 21 Oktober 2019 - 22:37 WIB

Pengembangan Bibit Unggul Ubi Kayu, Kementan Bantu Sertifikasi

Jakarta - Industri Pangan olahan ubi kayu saat ini sedang digandrungi masyarakat. Mulai dari minuman berbahan tapioka hingga makanan ringan seperti kripik atau chips stik. Untuk itu dibutuhkan…

CIMB Niaga - foto IST

Senin, 21 Oktober 2019 - 22:17 WIB

CIM Niaga Miliki Aplikasi Mobile Banking

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) memperkenalkan aplikasi mobile banking terbaru bagi nasabah korporasi yaitu BizChannel@CIMB Mobile. Kehadiran aplikasi tersebut diharapkan dapat…

Ilustrasi

Senin, 21 Oktober 2019 - 18:30 WIB

Kemenkumham Dorong Perbaikan Balai Harta Peninggalan

Jakarta - Pemerintah terus meningkatkan kinerja Balai Harta Peninggalan (BHP) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Salah satunya melalui Rapat Kerja Teknis Balai (Rakernis) dengan tema menyikapi…

Kota Surabaya

Senin, 21 Oktober 2019 - 17:55 WIB

Catat, Ini 5 Kuliner yang Bikin Kangen dengan Surabaya

Bila Anda pernah berkunjung ke Surabaya, atau belum pernah sama sekali, berikut ini beberapa kuliner khas yang akan membuat Anda ingin langsung kembali ke Surabaya.