Kazee Insight Soal Pemadam Listrik Massal

Oleh : Andi Mardana | Jumat, 16 Agustus 2019 - 18:53 WIB

Listrik Ilustrasi
Listrik Ilustrasi

INDUSTRY.co.idKazee Insight Soal Pemadam Listrik Massal - Jakarta - Pada Minggu, 4 Agustus lalu Indonesia mengalami pemadaman listrik massal di sejumlah daerah yang merupakan dampak dari gempa Banten pada Jumat, 2 Agustus 2019.

Daerah yang terkena pemadaman listrik khususnya daerah Jabodetabek, Jawa dan Bali. Dengan adanya kejadian tersebut, berbagai aktivitas sempat tersendat dan menyebabkan kerugian material yang cukup banyak. Hal itu pun membuat reputasi PT PLN (Persero) sebagai perusahaan BUMN menjadi buruk.

Melihat hal tersebut, Kazee sebagai Startup Data Analitycs terkemuka di Indonesia mencoba menyajikan serta memetakan data dan isu strategis yang berhubungan dengan topik Perusahaan Listrik Negara dalam kurun waktu 4-7 Agustus 2019.

Data-data yang disajikan disusun berdasarkan hasil pengolahan big data dan dikurasi secara komprehensif mengikuti dinamika isu terkait PLN.

"Kami menghimpun data keseluruhan dalam sistem kazee dari berbagai platform media online dengan sumber lokal sebanyak 3960, sumber nasional 805 dan sumber internasional 899," tutur Ariya Sanjaya, CEO PT Kazee Digital Indonesia kepada Industry.co.id Jumat (16/8).

Dalam memperoleh peringkat isu Perusahaan Listik Negara, Kazee menggunakan analisis big data. Menggunakan query umum yang digunakan dalam sistem Kazee dan kemudian diekstraksi dengan query-query yang lebih spesifik: yaitu nama intansi, nama narasumber, objek atau subjek dalam pemberitaan.

Setelah itu sistem secara otomatis mengurutkan ekspos tiap isu. Data yang dihimpun dalam sistem terhitung sejak 4 – 7 Agustus 2019, sehingga menghasilkan data-data yang tersaji dalam Insight ini.

Dari 119.738 total data yang didapat oleh sistem, Twitter mendominasi isu terkait PLN dengan 109.507 kicauan, baik itu mengenai topik yang dibicarakan netizen maupun pemberitaan.

Senada dengan itu, portal media online dan juga platform media sosial Facebook, Youtube, serta Instagram turut membagikan konten mengenai PLN.

Berikut data yang beredar di media sosial dari 119.738 total data. Twitter : 109.507 91,46% News : 8.882 7,42% Facebook : 645 0,54% Youtube : 445 0,37% Instagram : 259 0,22%

Tagar Populer

Dalam platform Twitter, hashtag atau tagar yang paling aktif digaungkan oleh netizen adalah #matilampu yang mencakup semua informasi mengenai pemadaman listrik massal pada sejumlah daerah Jawa dan Bali.

Informasi itu banyak dikicaukan netizen yang dikemas dalam bentuk Thread atau Kultwit, foto, video, dan meme. Akun portal media online @kumparan, @antaranews, dan @KompasTV lebih aktif mengicaukan informasi tersebut dalam linimasa Twitter serta diikuti tagar #matilampu.

"Tagar tersebut dikicaukan netizen sebanyak 5.662 konten sepanjang 4 - 7 Agustus 2019," ujar Ariya.

Kata Kunci Populer

Sepanjang 4 - 7 Agustus 2019, terdapat kata kunci “Listrik” yang aktif digunakan dalam penyusunan judul dan konten berita serta dimuat dalam platform media online juga media sosial sebanyak 10.953 kata.

"Hal ini dikarenakan listrik yang menjadi kebutuhan masyarakat, padam dalam jangka waktu yang amat lama dan berdampak pada kerugian perekonomian Indonesia," pungkas Ariya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Chief Marketing Officer (CMO) SiCepat Ekspres, Wiwin Dewi Herawati dan Vice President IT SiCepat Ekspres, Billy Yosafat, menerima The Best GRC For Performance Management In Marketing & Information Technology in Logistic Service dan The Best CMO and GRC Leader 2020 dalam Governance, Risk, and Compliance (GRC) dan Performing Excellence Award 2020 yang digelar di Auditorium TVRI, Jakarta, 29 Juli 2020. (Foto: Istimewa)

Senin, 03 Agustus 2020 - 22:53 WIB

Berkat Tata Kelola Secara Baik, Perusahaan Industri Pengiriman Ini Raih Penghargaan GRC Award 2020

Jakarta-SiCepat Ekspres Indonesia mendapatkan dua penghargaan pada acara Governance, Risk and Compliance (GRC) and Performance Excellence Award 2020

Pelayanan perbankan di Bank Bukopin (Foto: Doc Bank Bukopin)

Senin, 03 Agustus 2020 - 22:05 WIB

Kookmin Bank Siap Kuasai 67 Persen Saham Bukopin

Bank Bukopin Tbk menargetkan Rasio Kecukupan Modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) bisa mencapai 17 persen. 25 Agustus 2020, Bukopin akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) guna membahas…

CEO FIFGROUP Margono Tanuwijaya (kiri) menyerahkan secara simbolis streoform Tebar Kurban Nusantara kepada Camat Cilandak Mundari (tengah) didampingi oleh Human Capital, General Support And Corporate Communication Director FIFGROUP, Esther Sri Harjati. Pada musim haji Idul Adha tahun ini, FIFGROUP menyalurkan Dana Sosial Syariah untuk sedekah kurban senilai Rp 1,7 miliar untuk pembelian 537 kambing dan 2 ekor sapi.

Senin, 03 Agustus 2020 - 22:00 WIB

Dasyat! FIFGROUP Salurkan 579 Hewan Kurban di Seluruh Indonesia

Jakarta-PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang merupakan bagian dari Astra Financial dan juga salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk, menyambut Hari Raya Idul Adha dengan…

Bursa Efek Indonesia

Senin, 03 Agustus 2020 - 21:51 WIB

Kabar Gembira! Saham WSBP Dapat Diperdagangkan Kembali

Jakarta-Saham PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) dapat kembali diperdagangkan sehubungan dengan adanya surat resmi dari PT Bursa Efek Indonesia tanggal 30 Juli 2020).

Bank Bukopin (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 03 Agustus 2020 - 21:46 WIB

Fokus UMKM Daya Pikat Kookmin Bank Perkuat Rasio Permodalan Bank Bukopin

Bank Bukopin Tbk mendapatkan dana segar hasil Penawaran Umum Terbatas ke-5 (PUT V) yang diserap Kookmin Bank (KB) sebanyak KB menyerap sekitar 2,97 miliar lembar saham baru selama masa perdagangan…