Huawei Akan Luncurkan Sistem Operasi Terdistribusi Terbaru, HarmonyOS

Oleh : Hariyanto | Senin, 12 Agustus 2019 - 10:20 WIB

Huawei Akan Luncurkan HarmonyOS
Huawei Akan Luncurkan HarmonyOS

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pada ajang Huawei Developer Conference yang diadakan kemarin, Huawei meluncurkan HarmonyOS - sistem operasi terdistribusi-mikro baru. Sistem operasi ini,  dirancang untuk memberikan pengalaman pengguna yang kohesif di semua perangkat dan kebutuhannya.

Richard Yu, CEO dari Huawei Consumer Business Group mengatakan, pihaknya membutuhkan OS yang mendukung semua kebutuhan, yang dapat digunakan di berbagai rentang perangkat dan platform, dan dapat memenuhi kebutuhan permintaan konsumen yang laten dan tingkat sekuritas yang tinggi.

"Ini adalah tujuan kami mengembangkan HarmonyOS yang benar-benar berbeda dari Android dan iOS. Ini adalah sistem operasi yang terdistribusi berbasis mikrokernel yang memberikan pengalaman lancar di semua skenario yang mungkin terjadi," kata Richard, Senin (12/8/2019).

"Sistem ini memiliki arsitektur yang terpercaya dan aman, serta mendukung kolaborasi tanpa batas antar perangkat. Anda dapat menginstall aplikasi Anda sekali saja di satu perangkat, kemudian perbaharuan aplikasi tersebut akan secara fleksibel dilakukan di perangkat yang berbeda." ungkapnya.

HarmonyOS adalah sistem operasi yang ringan, cocok dengan sistem operasi yang kuat, dan sistem ini mampu digunakan untuk perangkat cerdas seperti jam kecil, sistem dalam kendaraan, dan pengeras suara. 

Melalui implementasi ini, Huawei memiliki tujuan untuk mendirikan ekosistem diantara perangkat yang terintegrasi, menciptakan lingkungan runtime yang aman dan dapat diandalkan, dan menyajikan pengalaman kecerdasan holistik diantara semua interaksi perangkat.
 
HarmonyOS - Empat fitur teknis yang berbeda

1. Seamless, HarmonyOS menawarkan wadah komunikasi bersama, manajemen data terdistribusi, jadwal tugas terdistribusi, dan peripheral virtual. 
 
2. Smooth: Mesin Laten Deterministik dan performa tinggi IPC. HarmonyOS akan mengatasi tantangan yang berkinerja buruk dengan Deterministic Latency Engine dan Inter Process Communication (IPC) berkinerja tinggi. 
 
3. Secure: Arsitektur mikrokernel yang membentuk kembali keamanan dan kepercayaan dari bawah ke atas
HarmonyOS menggunakan desain mikrokernel baru yang memiliki fitur keamanan yang ditingkatkan dengan latensi rendah. 
 
4. Unified: Integrated Development Environment (IDE) multi-perangkat memungkinkan aplikasi dikembangkan dengan satu proses,  lalu dapat digunakan di beberapa perangkat.
 
Rencana pengembang dan perkembangan ekosistem
Di acara yang sama, Huawei juga mengumunkan adanya evolusi rancangan untuk HarmonyOS. HarmonyOS 1.0 akan diadopsi pertama kali di produk layar cerdas, dimana perangkat ini akan diluncurkan di akhir tahun ini. 

Sepanjang tiga tahun kedepan, HarmonyOS dapat dioptimalisasikan dan secara berkala di adopsi ke berbagai perangkat cerdas, meliputi wearables, Huawei Vision, dan unit lainnya.

Kesuksesan HarmonyOS bergantung pada ekosistem dinamik dari aplikasi dan pengembangnya. Untuk mendorong adopsi yang lebih luas, Huawei akan merilis HarmonyOS sebagai platform terbuka di seluruh dunia. Huawei juga akan mendirikan wadah komunitas untuk mendukung kolaborasi yang lebih dalam dengan para pengembang.

Huawei akan menerapkan HarmonyOS di pasar Tiongkok, dan kemudian mengembangkannya lebih jauh ke ekosistem global. Dengan fokus memberikan nilai baru dan unik, Huawei akan membuka dan membagi kemampuan intinya di bidang-bidang lain seperti konektivitas, kamera, dan Kecerdasan Buatan (AI). 

"Kami percaya HarmonyOS akan merevitalisasi industri dan memperkaya ekosistem. Tujuan kami adalah memberikan pengguna pengalaman yang benar-benar menarik dan beragam. Kami ingin mengundang pengembang dari seluruh dunia untuk bergabung dengan kami, saat kami membangun ekosistem baru ini. Bersama-sama, kita akan memberikan pengalaman cerdas bagi konsumen dalam semua rancangan." kata Richard Yu. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Jaya Real Property, Trisna Muliadi (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 20 November 2019 - 15:01 WIB

Bangun Pasar Senen Blok 1 dan 2, Jaya Real Property Siap Gelontorkan Dana Sebesar Rp 900 Miliar

Sebelumnya pembangunan Pasar Senen ini direncanakan dilakukan untuk blok 5, namun karena alasan urgensi akibat kebakaran pada blok 1 dan blok 2 maka diputuskan untuk membangun blok tersebut…

Terowongan NYIIA

Rabu, 20 November 2019 - 14:30 WIB

Sambut Libur Nataru, Kementerian PUPR Kebut Pengerjaan Dua Underpass di Yogyakarta

Keberadaan 2 underpass ini sudah sangat dinantikan masyarakat karena dinilai akan memperlancar arus lalu lintas di sekitar bandara baru NYIA dan menuju ke Kaliurang.

Kementerian PUPR Bangun Kampus Masa Depan Penelitian Peradaban Islam

Rabu, 20 November 2019 - 14:12 WIB

Kementerian PUPR Bangun Kampus Masa Depan Penelitian Peradaban Islam

Pemerintah tengah membangun Kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) sebagai kampus masa depan bagi kajian dan penelitian peradaban Islam di Indonesia sebagai negara dengan penduduk…

Ahmad Hudori, Mahasiswa Manajemen Teknologi S2 President University

Rabu, 20 November 2019 - 12:07 WIB

Teknologi Blockchain dan Marketing Digital di Industri 4.0

Era industri saat ini para pakar teknologi memprediksi bahwa industry apapun akan terdisrupsi oleh system yang bernama blockchain.

Donny Marshal

Rabu, 20 November 2019 - 11:55 WIB

Persaingan Bisnis Kian Sengit di Generasi Milenial

Milenial ada kelompok demografi setelah generasi X. Para ahli dan peneliti biasanya menggunakan awal 1980-an sebagai awal kelahiran kelompok ini dan pertengahan tahun 1990-an hingga awal 2000-an…