Huawei Akan Luncurkan Sistem Operasi Terdistribusi Terbaru, HarmonyOS

Oleh : Hariyanto | Senin, 12 Agustus 2019 - 10:20 WIB

Huawei Akan Luncurkan HarmonyOS
Huawei Akan Luncurkan HarmonyOS

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pada ajang Huawei Developer Conference yang diadakan kemarin, Huawei meluncurkan HarmonyOS - sistem operasi terdistribusi-mikro baru. Sistem operasi ini,  dirancang untuk memberikan pengalaman pengguna yang kohesif di semua perangkat dan kebutuhannya.

Richard Yu, CEO dari Huawei Consumer Business Group mengatakan, pihaknya membutuhkan OS yang mendukung semua kebutuhan, yang dapat digunakan di berbagai rentang perangkat dan platform, dan dapat memenuhi kebutuhan permintaan konsumen yang laten dan tingkat sekuritas yang tinggi.

"Ini adalah tujuan kami mengembangkan HarmonyOS yang benar-benar berbeda dari Android dan iOS. Ini adalah sistem operasi yang terdistribusi berbasis mikrokernel yang memberikan pengalaman lancar di semua skenario yang mungkin terjadi," kata Richard, Senin (12/8/2019).

"Sistem ini memiliki arsitektur yang terpercaya dan aman, serta mendukung kolaborasi tanpa batas antar perangkat. Anda dapat menginstall aplikasi Anda sekali saja di satu perangkat, kemudian perbaharuan aplikasi tersebut akan secara fleksibel dilakukan di perangkat yang berbeda." ungkapnya.

HarmonyOS adalah sistem operasi yang ringan, cocok dengan sistem operasi yang kuat, dan sistem ini mampu digunakan untuk perangkat cerdas seperti jam kecil, sistem dalam kendaraan, dan pengeras suara. 

Melalui implementasi ini, Huawei memiliki tujuan untuk mendirikan ekosistem diantara perangkat yang terintegrasi, menciptakan lingkungan runtime yang aman dan dapat diandalkan, dan menyajikan pengalaman kecerdasan holistik diantara semua interaksi perangkat.
 
HarmonyOS - Empat fitur teknis yang berbeda

1. Seamless, HarmonyOS menawarkan wadah komunikasi bersama, manajemen data terdistribusi, jadwal tugas terdistribusi, dan peripheral virtual. 
 
2. Smooth: Mesin Laten Deterministik dan performa tinggi IPC. HarmonyOS akan mengatasi tantangan yang berkinerja buruk dengan Deterministic Latency Engine dan Inter Process Communication (IPC) berkinerja tinggi. 
 
3. Secure: Arsitektur mikrokernel yang membentuk kembali keamanan dan kepercayaan dari bawah ke atas
HarmonyOS menggunakan desain mikrokernel baru yang memiliki fitur keamanan yang ditingkatkan dengan latensi rendah. 
 
4. Unified: Integrated Development Environment (IDE) multi-perangkat memungkinkan aplikasi dikembangkan dengan satu proses,  lalu dapat digunakan di beberapa perangkat.
 
Rencana pengembang dan perkembangan ekosistem
Di acara yang sama, Huawei juga mengumunkan adanya evolusi rancangan untuk HarmonyOS. HarmonyOS 1.0 akan diadopsi pertama kali di produk layar cerdas, dimana perangkat ini akan diluncurkan di akhir tahun ini. 

Sepanjang tiga tahun kedepan, HarmonyOS dapat dioptimalisasikan dan secara berkala di adopsi ke berbagai perangkat cerdas, meliputi wearables, Huawei Vision, dan unit lainnya.

Kesuksesan HarmonyOS bergantung pada ekosistem dinamik dari aplikasi dan pengembangnya. Untuk mendorong adopsi yang lebih luas, Huawei akan merilis HarmonyOS sebagai platform terbuka di seluruh dunia. Huawei juga akan mendirikan wadah komunitas untuk mendukung kolaborasi yang lebih dalam dengan para pengembang.

Huawei akan menerapkan HarmonyOS di pasar Tiongkok, dan kemudian mengembangkannya lebih jauh ke ekosistem global. Dengan fokus memberikan nilai baru dan unik, Huawei akan membuka dan membagi kemampuan intinya di bidang-bidang lain seperti konektivitas, kamera, dan Kecerdasan Buatan (AI). 

"Kami percaya HarmonyOS akan merevitalisasi industri dan memperkaya ekosistem. Tujuan kami adalah memberikan pengguna pengalaman yang benar-benar menarik dan beragam. Kami ingin mengundang pengembang dari seluruh dunia untuk bergabung dengan kami, saat kami membangun ekosistem baru ini. Bersama-sama, kita akan memberikan pengalaman cerdas bagi konsumen dalam semua rancangan." kata Richard Yu. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aiko Senosoenoto dari Eki Dance Company (Foto Amz)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 15:00 WIB

Komunitas, Jadi Salah Satu Alternatif Pengembangan Seni Tari di Indonesia

Tumbuhnya berbagai komunitas, termasul komunitas tari, menjadi salah salah satu titik penting dalam jejaring kesenian di Indonesia. Ketika banyak negara lain masih berkutat dalam sekolah seni,…

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 14:48 WIB

Pasar Modal Tingkatkan Kontribusi Pertumbuhan Ekonomi

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan terus mengarahkan agar industri Pasar Modal lebih berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mendukung ekspor dan subtitusi impor, serta membuka lebih…

Sentra bawang merah

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 14:42 WIB

DPR: Ekosistem Pengelolaannya Tersistematis

Jakarta - Meningkatnya Pendapatan Domestik Bruto (PDB) yang disumbangkan sektor pertanian pada Triwulan II- 2019 merupakan tanda makin tersistematisnya ekosistem pengelolaan usaha agraris di…

Ilustrasi Sawah (Dok. Kementan)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 14:34 WIB

Kementan Mampu Membuat Ekspor Melesat

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) telah membuktikan capaian swasembada pangan melalui kemajuan ekspor selama periode Mentan Amran Sulaiman.

Mba Tutut (Foto Amz)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 14:00 WIB

Tutut Soeharto: YHK dan YDGRK Terus Berbakti untuk Indonesia

Dua Yayasan yang dulu pernah didirikan oleh keluarga mantan Presiden RI ke 2, HM. Soeharto yakni Yayasan Harapan Kita (YHK) dan Yayasan Dana Gotong Royong Kemanusiaan (YDGRK) sama sama berulangtahun,…