Tingkatkan Kecintaan Masyarakat Terhadap Kopi, Sarinah Gelar Nubruk Kopi Nusantara

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 10 Agustus 2019 - 15:33 WIB

Direktur Ritel PT Sarinah, Lies Permana Lestari
Direktur Ritel PT Sarinah, Lies Permana Lestari

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Sarinah (Persero) dan Nusantara Kreatif sebagai Kurator UKM Indonesia dari PT Sarinah (Persero)  menggelar acara event yang bertema : Nubruk Kopi Nusantara (NuKoNus). Event ini dilaksanakannya di area kuliner lantai upper ground Sarinah, Jl.MH.Thamrin No.11, Jakarta Pusat. 

Direktur Ritel PT Sarinah, Lies Permana Lestari mengatakan, event ini menerapkan pola to see-do-buy yang mencakup aktivitas talkshow, workshop dan trade activity. Pada event yang baru pertama kali ini diadakan bertepatan dalam rangkaian kegiatan dari ulang tahun PT Sarinah (Persero) ke-57 tahun dan Dirgahayu Republik Indonesia ke-74 tahun. 

"Dengan adanya kegiatan Nukonus ini kita bener-bener mau memperkenalkan dan membuat kegiatan untuk orang-orang ini supaya lebih mengenal dan mencintai kopi," kata Lies saat di temui INDUSTRY.co.id, di Kawasan Sarinah, Jakarta, Sabtu (10/8/2019).

Ia menambahkan, pelibatan dari pemerhati, penikmat kopi dari segala kalangan strata/usia dan juga pelaku industri kopi menjadi sajian atraksi yang menarik dimana saat ini trend industri kopi sangat diminati dari segala ragam kalangan dan usia di Indonesia khususnya Jakarta dan sekitarnya.

"Target kegiatan ini ditujukan untuk masyarakat umum mulai dari anak anak sampai yang dewasa tapi kita lebih kearah memperkenalkan keusia dini kecintaan terhadap kopi sehingga mereka tahu bahwa indonesia ini kaya akan kopi," tambah Lies.

"Kami juga akan merangkul komunitas dan pecinta kopi mulai dari pemilik cafe kopi tradisional serta para pecinta kopi . Harapan kami, ini akan menjadi wadah sehingga kita bisa merangkul semua pecinta kopi," lanjutnya.

Pada event ini juga disajikan info/data berkaitan dengan asal usul dari kopi beras yang diolah menjadi ragam olahan kopi seduh yang tentunya erat kaitannya dengan sosial serta kultur budaya dari daerah sentra penghasil komoditi kopi di Indonesia.

Begitu juga cara penyeduhan sajian Kopi Indoneisa yang sering dikenal dengan kopi tubruk yaitu cara menyajikan seduhan kopi olahan khas Indonesia yang paling sering dipergunakan dalam memberikan penilaian jujur terhadap rasa kopi. 

Cara tubruk atau menyeduh biji kopi tersangrai secara langsung merupakan cara yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Selain terlihat mudah, cepat, juga tentunya praktis. Selain itu, metode kopi tubruk ini juga merupakan cara terbaik merasakan keaslian cita rasa kopi yang diseduh. 

Namun tentunya dalam event Nubruk Kopi Nusantara (NuKoNus) ini juga menghadirkan teknik penyajian seduhan kopi kekinian (cold brew, cappuccino, latte, dll) sesuai selera penikmat kopi (coffee as you like).

"Kita bikin acara di sarinah yang semuanya bertemakan dengan kopi yang didalamnya ada workshop dan beberapa kegiatan activation craft dari kopi. Selain itu ada demo membuat kopi dari mulai dari manual brewing sampai yang kekinian menggunakan mesin itu yang kita coba bangkitkan supaya ada experience nya juga," ungkap Lies.

Kopi indonesia termasuk dalam kategori “ The best coffee comes from the best growing climate known as : the bean belt”. Daerah sentra penghasil komoditi kopi di Indonesia terbentang dari sumatera sampai dengan papua yang tentunya masing-masing daerah penghasil komoditi kopi memiliki kekhasan dari kualitas kopi beras (greenbean coffee). 

"Ini tujuanya adalah supaya kopi ini tidak hanya dikenal sebagai minuman tapi orang bisa melakukan sesuatu dari kopi, misalnya mereka bisa membuat craft dari jiji biji kopi atau dari ampas kopi. Jadi intinya adalah kegiatan ini meningkatkan kecintaan orang-orang Indonesia mulai dari anak anak sampai dewasa terhadap kopi," pungkas Lies.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…