Tingkatkan Kecintaan Masyarakat Terhadap Kopi, Sarinah Gelar Nubruk Kopi Nusantara

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 10 Agustus 2019 - 15:33 WIB

Direktur Ritel PT Sarinah, Lies Permana Lestari
Direktur Ritel PT Sarinah, Lies Permana Lestari

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Sarinah (Persero) dan Nusantara Kreatif sebagai Kurator UKM Indonesia dari PT Sarinah (Persero)  menggelar acara event yang bertema : Nubruk Kopi Nusantara (NuKoNus). Event ini dilaksanakannya di area kuliner lantai upper ground Sarinah, Jl.MH.Thamrin No.11, Jakarta Pusat. 

Direktur Ritel PT Sarinah, Lies Permana Lestari mengatakan, event ini menerapkan pola to see-do-buy yang mencakup aktivitas talkshow, workshop dan trade activity. Pada event yang baru pertama kali ini diadakan bertepatan dalam rangkaian kegiatan dari ulang tahun PT Sarinah (Persero) ke-57 tahun dan Dirgahayu Republik Indonesia ke-74 tahun. 

"Dengan adanya kegiatan Nukonus ini kita bener-bener mau memperkenalkan dan membuat kegiatan untuk orang-orang ini supaya lebih mengenal dan mencintai kopi," kata Lies saat di temui INDUSTRY.co.id, di Kawasan Sarinah, Jakarta, Sabtu (10/8/2019).

Ia menambahkan, pelibatan dari pemerhati, penikmat kopi dari segala kalangan strata/usia dan juga pelaku industri kopi menjadi sajian atraksi yang menarik dimana saat ini trend industri kopi sangat diminati dari segala ragam kalangan dan usia di Indonesia khususnya Jakarta dan sekitarnya.

"Target kegiatan ini ditujukan untuk masyarakat umum mulai dari anak anak sampai yang dewasa tapi kita lebih kearah memperkenalkan keusia dini kecintaan terhadap kopi sehingga mereka tahu bahwa indonesia ini kaya akan kopi," tambah Lies.

"Kami juga akan merangkul komunitas dan pecinta kopi mulai dari pemilik cafe kopi tradisional serta para pecinta kopi . Harapan kami, ini akan menjadi wadah sehingga kita bisa merangkul semua pecinta kopi," lanjutnya.

Pada event ini juga disajikan info/data berkaitan dengan asal usul dari kopi beras yang diolah menjadi ragam olahan kopi seduh yang tentunya erat kaitannya dengan sosial serta kultur budaya dari daerah sentra penghasil komoditi kopi di Indonesia.

Begitu juga cara penyeduhan sajian Kopi Indoneisa yang sering dikenal dengan kopi tubruk yaitu cara menyajikan seduhan kopi olahan khas Indonesia yang paling sering dipergunakan dalam memberikan penilaian jujur terhadap rasa kopi. 

Cara tubruk atau menyeduh biji kopi tersangrai secara langsung merupakan cara yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Selain terlihat mudah, cepat, juga tentunya praktis. Selain itu, metode kopi tubruk ini juga merupakan cara terbaik merasakan keaslian cita rasa kopi yang diseduh. 

Namun tentunya dalam event Nubruk Kopi Nusantara (NuKoNus) ini juga menghadirkan teknik penyajian seduhan kopi kekinian (cold brew, cappuccino, latte, dll) sesuai selera penikmat kopi (coffee as you like).

"Kita bikin acara di sarinah yang semuanya bertemakan dengan kopi yang didalamnya ada workshop dan beberapa kegiatan activation craft dari kopi. Selain itu ada demo membuat kopi dari mulai dari manual brewing sampai yang kekinian menggunakan mesin itu yang kita coba bangkitkan supaya ada experience nya juga," ungkap Lies.

Kopi indonesia termasuk dalam kategori “ The best coffee comes from the best growing climate known as : the bean belt”. Daerah sentra penghasil komoditi kopi di Indonesia terbentang dari sumatera sampai dengan papua yang tentunya masing-masing daerah penghasil komoditi kopi memiliki kekhasan dari kualitas kopi beras (greenbean coffee). 

"Ini tujuanya adalah supaya kopi ini tidak hanya dikenal sebagai minuman tapi orang bisa melakukan sesuatu dari kopi, misalnya mereka bisa membuat craft dari jiji biji kopi atau dari ampas kopi. Jadi intinya adalah kegiatan ini meningkatkan kecintaan orang-orang Indonesia mulai dari anak anak sampai dewasa terhadap kopi," pungkas Lies.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pertanian Amran Sulaiman panen jagung (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:59 WIB

Kualitas dan Harga Jagung Lokal Lebih Bagus

Jakarta - Pengamat Ekonomi Politik Pertanian Universitas Trilogi, Muhamad Karim menilai harga jagung lokal lebih bagus dibandingkan harga jagung impor adalah wajar. Pasalnya, saat ini jagung…

Sarang burung walet (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:57 WIB

Kementan Kawal Ekspor Sarang Burung Walet Jateng

Semarang - Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil mengajak para pelaku usaha sarang burung walet (SBW) di Jawa Tengah untuk meningkatkan kualitas produksinya agar dapat mengambil peluang…

Menteri Rini: BUMN Ikut Cetak Atlet Muda Kelas Dunia

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:30 WIB

Menteri Rini: BUMN Ikut Cetak Atlet Muda Kelas Dunia

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno mendorong BUMN terus berkontribusi untuk memajukan olahraga di Tanah Air melalui pembinaan atlet-atlet dan berbagai program pemberdayaan.

Galaxy Note 10+ (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:11 WIB

Samsung Resmi Meluncurkan Galaxy Note 10 dan 10+ Untuk Pasar Indonesia

Kekuatan performance, keindahan desain, kemampuan untuk berkreasi, dan fitur produktivitas dukung pengguna dalam berbagai pekerjaan dan passion yang mereka lakukan bersamaan.

EnGenius Cloud, Solusi Jaringan Berbasis Cloud Kemudahan Bagi SME

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:00 WIB

EnGenius Cloud, Solusi Jaringan Berbasis Cloud Kemudahan Bagi SME

EnGenius Networks Singapore Pte Ltd, perusahaan jaringan nirkabel multinasional terkemuka, yang telah berpengalaman dalam solusi hardware dan software untuk perusahaan kecil dan menengah selama…