Tingkatkan Kecintaan Masyarakat Terhadap Kopi, Sarinah Gelar Nubruk Kopi Nusantara

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 10 Agustus 2019 - 15:33 WIB

Direktur Ritel PT Sarinah, Lies Permana Lestari
Direktur Ritel PT Sarinah, Lies Permana Lestari

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Sarinah (Persero) dan Nusantara Kreatif sebagai Kurator UKM Indonesia dari PT Sarinah (Persero)  menggelar acara event yang bertema : Nubruk Kopi Nusantara (NuKoNus). Event ini dilaksanakannya di area kuliner lantai upper ground Sarinah, Jl.MH.Thamrin No.11, Jakarta Pusat. 

Direktur Ritel PT Sarinah, Lies Permana Lestari mengatakan, event ini menerapkan pola to see-do-buy yang mencakup aktivitas talkshow, workshop dan trade activity. Pada event yang baru pertama kali ini diadakan bertepatan dalam rangkaian kegiatan dari ulang tahun PT Sarinah (Persero) ke-57 tahun dan Dirgahayu Republik Indonesia ke-74 tahun. 

"Dengan adanya kegiatan Nukonus ini kita bener-bener mau memperkenalkan dan membuat kegiatan untuk orang-orang ini supaya lebih mengenal dan mencintai kopi," kata Lies saat di temui INDUSTRY.co.id, di Kawasan Sarinah, Jakarta, Sabtu (10/8/2019).

Ia menambahkan, pelibatan dari pemerhati, penikmat kopi dari segala kalangan strata/usia dan juga pelaku industri kopi menjadi sajian atraksi yang menarik dimana saat ini trend industri kopi sangat diminati dari segala ragam kalangan dan usia di Indonesia khususnya Jakarta dan sekitarnya.

"Target kegiatan ini ditujukan untuk masyarakat umum mulai dari anak anak sampai yang dewasa tapi kita lebih kearah memperkenalkan keusia dini kecintaan terhadap kopi sehingga mereka tahu bahwa indonesia ini kaya akan kopi," tambah Lies.

"Kami juga akan merangkul komunitas dan pecinta kopi mulai dari pemilik cafe kopi tradisional serta para pecinta kopi . Harapan kami, ini akan menjadi wadah sehingga kita bisa merangkul semua pecinta kopi," lanjutnya.

Pada event ini juga disajikan info/data berkaitan dengan asal usul dari kopi beras yang diolah menjadi ragam olahan kopi seduh yang tentunya erat kaitannya dengan sosial serta kultur budaya dari daerah sentra penghasil komoditi kopi di Indonesia.

Begitu juga cara penyeduhan sajian Kopi Indoneisa yang sering dikenal dengan kopi tubruk yaitu cara menyajikan seduhan kopi olahan khas Indonesia yang paling sering dipergunakan dalam memberikan penilaian jujur terhadap rasa kopi. 

Cara tubruk atau menyeduh biji kopi tersangrai secara langsung merupakan cara yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Selain terlihat mudah, cepat, juga tentunya praktis. Selain itu, metode kopi tubruk ini juga merupakan cara terbaik merasakan keaslian cita rasa kopi yang diseduh. 

Namun tentunya dalam event Nubruk Kopi Nusantara (NuKoNus) ini juga menghadirkan teknik penyajian seduhan kopi kekinian (cold brew, cappuccino, latte, dll) sesuai selera penikmat kopi (coffee as you like).

"Kita bikin acara di sarinah yang semuanya bertemakan dengan kopi yang didalamnya ada workshop dan beberapa kegiatan activation craft dari kopi. Selain itu ada demo membuat kopi dari mulai dari manual brewing sampai yang kekinian menggunakan mesin itu yang kita coba bangkitkan supaya ada experience nya juga," ungkap Lies.

Kopi indonesia termasuk dalam kategori “ The best coffee comes from the best growing climate known as : the bean belt”. Daerah sentra penghasil komoditi kopi di Indonesia terbentang dari sumatera sampai dengan papua yang tentunya masing-masing daerah penghasil komoditi kopi memiliki kekhasan dari kualitas kopi beras (greenbean coffee). 

"Ini tujuanya adalah supaya kopi ini tidak hanya dikenal sebagai minuman tapi orang bisa melakukan sesuatu dari kopi, misalnya mereka bisa membuat craft dari jiji biji kopi atau dari ampas kopi. Jadi intinya adalah kegiatan ini meningkatkan kecintaan orang-orang Indonesia mulai dari anak anak sampai dewasa terhadap kopi," pungkas Lies.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Paddle Board Yoga di Tanjung Lesung

Minggu, 15 Desember 2019 - 12:02 WIB

BWJ Hadirkan Road to Bodur Fest 2020, Suguhkan Aktivitas Olahraga Outdoor Hingga Makanan Sehat

PT Banten West Java (BWJ) selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung terus melakukan berbagai upaya untuk menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara, salah satunya…

Managing Director PT BWJ, Rully Lasahido (Hariyanto/Hariyanto)

Minggu, 15 Desember 2019 - 10:01 WIB

Experience Tanjung Lesung, Gebrak Sektor Pariwisata Banten

PT Banten West Java (BWJ) selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung kembali membuat gebrakan di akhir tahun ini dengan meluncurkan produk layanan digital bernama Experience…

Anab Afifi, Penulis Buku dan CEO Boston Price Asia

Minggu, 15 Desember 2019 - 08:46 WIB

Bung Nadiem, Ketahuilah Tanpa Penghafal Dunia Kiamat!

Bung Nadiem, Anda perlu menengok kembali sejarah peradaban leluhur Anda. Anda telah mewarisi DNA leluhur Anda para penghafal hebat itu. Karena itulah, Anda bisa jadi sehebat sekarang ini.

Ketua MPR Bsmbang Soesatyo

Minggu, 15 Desember 2019 - 06:00 WIB

Generasi Milenial Merupakan Generator serta Kreator Kemajuan Bangsa

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (bamsoet) menegaskan generasi milenial merupakan generator sekaligus kreator kemajuan bangsa. Karenanya harus menjadi subjek dan tujuan pembangunan dalam kerangka…

TNI-Polri Solid Berbenah Dalam Menyambut Natal Bersama Masyarakat di Senggo

Minggu, 15 Desember 2019 - 05:00 WIB

TNI-Polri Solid Berbenah Dalam Menyambut Natal Bersama Masyarakat di Senggo

Satgas Yonif 754/ENK/20/3 Kostrad bersama Koramil, Polsek dan masyarakat kampung Senggo, Distrik Citak Mitak, Kabupaten Mappi, Papua, melaksanakan penyiapan sarana ibadah dalam rangka menyambut…