Bawa Nama Indonesia Dalam Kejuaraan Dunia di Jepang, Timnas Cheerleading Menunggu Perhatian Pemerintah

Oleh : Hariyanto | Jumat, 09 Agustus 2019 - 15:09 WIB

Timnas Cheerleading Indonesia
Timnas Cheerleading Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Atlet Federasi Cheerleading Seluruh Indonesia (FCSI) berhasil juga meraih medali perak dan perunggu dalam Asian Junior Cheerleading Championship (AJCC) 2019 di Takasaki City, Jepang, Minggu (12/5/2019).

Medali Perak diraih oleh tim Cheerleading Milky Way di kategori Junior 1 (7-12 thn) sementara Perunggu diraih oleh tim Sixers di kategori Junior 2 (12-18 thn).

“Ini adalah pencapaian terbesar Indonesia di Kejuaraan Junior Asia ini.”, kata Oki Trihartomo, Ketum FCSI saat ditemui usai kompetisi.

Kejuaraan Junior Asia ini adalah yang ke-5 kalinya diselenggarakan, dan pada tahun-tahun sebelumnya Indonesia hanya bisa meraih medali di kategori Junior 1.

Keberhasilan tim Milky Way meraih perak sebenarnya sudah diprediksi sebelumnya, karena sudah tahu peta kekuatan lawan. Namun keberhasilan tim Sixers meraih perunggu adalah di luar dugaan, karena secara mengejutkan berhasil mengalahkan tim Philipinnes yang  biasanya selalu mengalahkan Indonesia.

“Agak deg2an juga, karena hasil lomba hari pertama, nilai Sixers hanya unggul 2 poin (maks poin 300) dari Philipinnes, tapi ternyata anak2 bisa tampil lepas dan lebih bagus di hari kedua, sehingga tidak terkejar dan meraih perunggu.”, sambung Oki.

Hasil gemilang ini menjadi modal yang baik bagi kontingen Indonesia dalam mempersiapkan diri menyambut Kejuaraan Dunia Cheerleading (Cheerleading World Championship - CWC) yang ke-10 bulan November mendatang di Jepang dimana sebelumnya Indonesia berhasil membawa medali Perak dikejuaraan yang sama.

"Cheerleading memiliki potensi besar, pembinaan yang kami lakukan saat ini baik seperti Target Prestasi yang dimulai sejak usia dini dan pembenahan organisasi yang rapih akan menjadi modal kuat Cheerleading Indonesia kedepan, harapannya Pemerintah bisa lebih memberi perhatian dan mendukung Cabang Olah Raga ini karena telah berprestasi scara konsisten" ungkap Ardiyansyah Djafar, Ketua Bidang Pengembangan Organisasi FCSI.

"Kita berharap pemerintah bisa memberi perhatian lebih kepada kami, kemarin kita sudah mengirimkan surat audiensi langsung ke Pak Imam Nahrawai selaku Menteri Pemuda & Olahraga, sudah sejak 13 Juni 2019 tapi masih belum ada jawaban, dikonfirmasi per hari ini pun (8/8/2019), jawabannya masih sama, lama sekali” tambah Wendy, Salah satu dari Pelatih Tim Nasional.

Sebelumnya, Tim Indonesia berhasil membawa pulang medali perak dalam divisi Cheerleading Junior 1 (usia 7-12 tahun), mengalahkan lawan-lawan dari Rusia, Thailand, Hong Kong, dan lainnya pada Kejuaraan Dunia Cheerleading dalam the 9th Cheerleading World Championships (CWC) 2017, pada tanggal 11-12 November 2017, di Takasaki Arena, Takasaki City, Jepang, yang diikuti oleh 102 tim dari 29 negara. 

Dalam event yang berlangsung selama 2 hari tersebut, tim Indonesia diwakili oleh Tim Cheerleading Baby-G dari SD Santo Yakobus Jakarta, sebagai Juara Nasional dalam Kejuaraan Nasional Cheerleading 2017 yang diselenggarakan oleh Federasi Cheerleading Seluruh Indonesia (FCSI) di Jakarta bulan Mei 2017. 

Meskipun dengan waktu persiapan yang singkat, dan tanpa dukungan dari pemerintah, namun mereka dapat memberikan yang terbaik untuk Indonesia, di bawah “tangan dingin” dari pelatih Ms. Wendy Zelda Helling, dan asisten pelatih Mr. Timotius Ardi Kurniawan Sinlae.

Dalam divisi lainnya, yakni Divisi Cheerleading Doubles, tim Indonesia yang juga turut berpartisipasi mampu tampil rapi dan duduk di urutan ke-12, mengungguli tim Jerman, USA, Korea, dan beberapa tim lainnya. 

Selain itu, Ketua Umum FCSI, Mr. Oki Trihartomo, juga didaulat menjadi salah satu Dewan Juri dalam Kejuaraan Dunia ini, bersama 8 orang lainnya di panel Juri, yang berasal dari Jerman, Rusia, Jepang, Cina Taipei, Singapore, Thailand, dan Philipinnes.

Cheerleading World Championships adalah puncak tertinggi olah raga Cheerleading di Dunia, yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali oleh International Federation of Cheerleading (IFC), yang merupakan anggota resmi dari World Dance Sport Federation (WDSF). 

Indonesia, sebenarnya telah 5 kali berpartisipasi dalam Kejuaraan Dunia, namun baru kali ini berhasil menorehkan prestasi membanggakan dengan naik podium dan meraih medali perak. Keikutsertaan sebelumnya adalah pada CWC 2009 di Bremen, Germany, 2011 di Hong Kong, 2013 di Thailand, dan 2015 di Berlin, Germany.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BCA (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 17 Oktober 2019 - 09:00 WIB

BCA Raih Penghargaan Best Financial Sector

PT Bank Central Asia tbk (BCA) senantiasa meningkatkan tata kelola perusahaan melalui penerapan good corporate governance (GCG), yang salah satunya diukur dengan keterbukaan informasi dan transparansi…

Beri Kenyaman Untuk Usia Senior, Confidence Luncurkan Confidence Day & Night

Kamis, 17 Oktober 2019 - 08:51 WIB

Beri Kenyaman Untuk Usia Senior, Confidence Luncurkan Confidence Day & Night

Jakarta – Berangkat dari kesadaran akan adanya perbedaan kebutuhan usia senior di Siang dan Malam hari berbeda-beda, kini Confidence meluncurkan produk baru nya, yaitu Popok Dewasa tipe perekat…

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

Kamis, 17 Oktober 2019 - 08:26 WIB

Indeks Ketahanan Pangan Indonesia Meningkat Tajam

Jakarta – Pengamat Ekonomi Politik Pertanian Universitas Trilogi, Muhamad Karim menilai selama pemerintahan Jokowi-JK, kinerja pembangunan sektor pertanian memiliki indikator nyata yang bisa…

Halal makanan (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 17 Oktober 2019 - 08:08 WIB

Mengawal Transmisi Jaminan Produk Halal

Sebagaimana diketahui, hari ini, Kamis 17 Oktober 2019, adalah batas waktu penerapan Undang-undang Jaminan Produk Halal (UU JPH) yang telah disahkan 5 (lima) tahun lalu. Hari ini adalahTransmisi…

Para Pembicara Seminar "Korean Ginseng 2019" di Hotel Mulia

Kamis, 17 Oktober 2019 - 08:07 WIB

Manfaat Ginseng Kembali Disosialisasikan di ‘Korean Ginseng Festival 2019’

Perkembangan teknologi kesehatan di dunia diakui semakin berkembang dan semakin canggih. Berbagai alat kesehatan modern terus diciptakan dan dikembangkan demi peningkatan dunia pengobatan. Meski…