Bupati Aceh Utara Resmikn PPI Bantuan PT Pupuk Iskandar Muda

Oleh : Herry Barus | Rabu, 07 Agustus 2019 - 09:00 WIB

Pupuk Iskandar Muda Aceh (Foto Dok Industry.co.id)
Pupuk Iskandar Muda Aceh (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Aceh- Sesuai dengan visi dan misi Perusahaan untuk menjadi produsen pupuk & petrokimia yang kompetitif, maka Perusahaan melakukan diversifikasi produk dengan konsep cluster Pabrik Pupuk NPK, pada tahap pertama akan dilbangunan pabrik NPK Chemical dengan kapasitas 500.000 ton/tahun pada lahan PT Pupuk Iskandar Muda dengan luas area 12 Ha.

Pabrik pupuk NPK direncanakan beroperasi secara komersil pada kuartal ke-2 tahun 2021 dan pupuk NPK yang diproduksi direncanakan untuk memenuhi pasar domestik Sumatera Bagian Utara dan untuk memenuhi kebutuhan ekspor ke beberapa negara di Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Pabrik pupuk NPK yang dibangun akan terintegrasi dengan pabrik eksisting PIM dimana kebutuhan utilitas seperti listrik, air, dan steam akan di suplai dari PIM termasuk fasilitas pelabuhan.

PT PIM membangun pelabuhan tersendiri untuk melayani kebutuhan ekspor - impor produk NPK dan bahan baku yang dibutuhkan oleh pabrik NPK serta dapat pula digunakan untuk proyek lainnya yang membutuhkan jasa dermaga berkapasitas 40.000 DWT.

Pada tahun 2019 ini PT PIM juga telah resmi mengakuisisi aset eks PT. AAF yang mencakup wilayah komplek perumahan dan pabrik termasuk didalamnya pelabuhan, hal ini dilakukan untuk mendukung percepatan pengembangan pabrik dan menunjukkan keseriusan Perusahaan untuk terus mencapai kemajuan dan transformasi ke arah yang lebih baik.

Untuk pengembangan dan percepatan pembangunan perusahaan kedepan PT PIM telah membangun Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) di Desa Bangka Jaya sebagai pengganti PPI yang selama ini berada dalam kawasan pelabuhan PT AAF yang termasuk dalam kawasan pembangunan pelabuhan Pabrik Pupuk NPKPIM.

Pelabuhan Pendaratan Ikan Bangka Jaya ini dikerjakan oleh Kontaktor lokal berstandar nasioal yaitu PT Abad Jaya Sentosa (AJAS) , direncakan mampu menampung lebih kurang 50 boat nelayan dan akan dilanjutkan oleh Pemerintah Daerah  (Pemprov.Aceh) pada tahu 2020 , sehingga kedepan di Desa Bangka Jaya memiliki dermaga nelayan yang mampu menampung seluruh nelayan yang berada di Kecamatan Dewantara.

 Nelayan yang selama ini mangkal adalah nelayan yang berasal dari desa – desa yang berada di dalam wilayah Kecamatan Dewantara, Kecamatan Muara Batu dan sekitarnya.

Dalam acara peresmian PPI ini  PT Pupuk Iskandar Muda juga memberikan bantuan 1 unit sarana tempat ibadah untuk keperluan para nelayan senilai Rp. 10 juta yang diserahkan Direktur SDM dan Umum PT PIM Usni Syafrizal dan diterima langsung oleh Geuchik Bangka Jaya Anwar Abdullah.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 05:45 WIB

Tinjau Ruas Tol Palembang - Betung, Menteri Basuki: Tuntas Awal 2025

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (18/04/2024), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan progres pembangunan…