Bupati Aceh Utara Resmikn PPI Bantuan PT Pupuk Iskandar Muda

Oleh : Herry Barus | Rabu, 07 Agustus 2019 - 09:00 WIB

Pupuk Iskandar Muda Aceh (Foto Dok Industry.co.id)
Pupuk Iskandar Muda Aceh (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Aceh- Sesuai dengan visi dan misi Perusahaan untuk menjadi produsen pupuk & petrokimia yang kompetitif, maka Perusahaan melakukan diversifikasi produk dengan konsep cluster Pabrik Pupuk NPK, pada tahap pertama akan dilbangunan pabrik NPK Chemical dengan kapasitas 500.000 ton/tahun pada lahan PT Pupuk Iskandar Muda dengan luas area 12 Ha.

Pabrik pupuk NPK direncanakan beroperasi secara komersil pada kuartal ke-2 tahun 2021 dan pupuk NPK yang diproduksi direncanakan untuk memenuhi pasar domestik Sumatera Bagian Utara dan untuk memenuhi kebutuhan ekspor ke beberapa negara di Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Pabrik pupuk NPK yang dibangun akan terintegrasi dengan pabrik eksisting PIM dimana kebutuhan utilitas seperti listrik, air, dan steam akan di suplai dari PIM termasuk fasilitas pelabuhan.

PT PIM membangun pelabuhan tersendiri untuk melayani kebutuhan ekspor - impor produk NPK dan bahan baku yang dibutuhkan oleh pabrik NPK serta dapat pula digunakan untuk proyek lainnya yang membutuhkan jasa dermaga berkapasitas 40.000 DWT.

Pada tahun 2019 ini PT PIM juga telah resmi mengakuisisi aset eks PT. AAF yang mencakup wilayah komplek perumahan dan pabrik termasuk didalamnya pelabuhan, hal ini dilakukan untuk mendukung percepatan pengembangan pabrik dan menunjukkan keseriusan Perusahaan untuk terus mencapai kemajuan dan transformasi ke arah yang lebih baik.

Untuk pengembangan dan percepatan pembangunan perusahaan kedepan PT PIM telah membangun Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) di Desa Bangka Jaya sebagai pengganti PPI yang selama ini berada dalam kawasan pelabuhan PT AAF yang termasuk dalam kawasan pembangunan pelabuhan Pabrik Pupuk NPKPIM.

Pelabuhan Pendaratan Ikan Bangka Jaya ini dikerjakan oleh Kontaktor lokal berstandar nasioal yaitu PT Abad Jaya Sentosa (AJAS) , direncakan mampu menampung lebih kurang 50 boat nelayan dan akan dilanjutkan oleh Pemerintah Daerah  (Pemprov.Aceh) pada tahu 2020 , sehingga kedepan di Desa Bangka Jaya memiliki dermaga nelayan yang mampu menampung seluruh nelayan yang berada di Kecamatan Dewantara.

 Nelayan yang selama ini mangkal adalah nelayan yang berasal dari desa – desa yang berada di dalam wilayah Kecamatan Dewantara, Kecamatan Muara Batu dan sekitarnya.

Dalam acara peresmian PPI ini  PT Pupuk Iskandar Muda juga memberikan bantuan 1 unit sarana tempat ibadah untuk keperluan para nelayan senilai Rp. 10 juta yang diserahkan Direktur SDM dan Umum PT PIM Usni Syafrizal dan diterima langsung oleh Geuchik Bangka Jaya Anwar Abdullah.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tempat Wisata di Venesia (Foto: Instagram/fabianalorenzon_tma)

Jumat, 27 Mei 2022 - 09:30 WIB

Venesia Tunda Pajak Turis untuk Wisatawan Hingga 2023

Sesuai perkembangan terbaru, Venesia telah menunda rencananya untuk membebankan pengunjung 'pajak turis' untuk mengelola overtourism.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Jumat, 27 Mei 2022 - 09:25 WIB

Tinjau Penanganan Banjir Rob Semarang, Menteri Basuki Instruksikan Penanganan Cepat

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau langsung ke lokasi penanganan banjir rob dan tanggul laut yang jebol di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang,…

Menperin Agus, Menko Perekonomian Airlangga dan Sejumlah Menteri Gelar Indonesia Night di Davos

Jumat, 27 Mei 2022 - 09:05 WIB

Pacu Investasi, Menperin Agus, Menko Airlangga Dkk Gelar Indonesia Night di WEF 2022 Davos

Menteri Perindustrian RI (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa keikutsertaan Indonesia dalam pertemuan tahunan World Economic Forum 2022 di Davos Swiss akan dimanfaatkan oleh…

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono saat memaparkan proyek IKN di ajang Paviliun Indonesia

Jumat, 27 Mei 2022 - 09:00 WIB

Gelar Dialog di Paviliun Indonesia Davos, Kepala Otorita IKN Beberkan Dampak Pemindahan Ibu Kota Negara

Indonesia Pavilion kembali menyelenggarakan sesi diskusi dengan tema “Nusantara: Indonesia New Capital City and Opportunities for The Future” pada Rabu siang waktu setempat (25/2). Sesi…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Jumat, 27 Mei 2022 - 08:53 WIB

Menteri Basuki Ajak Kementerian/Lembaga dan Swasta Kolaborasi Penuhi Kebutuhan Air Bersih dan Sanitasi Layak

Air bersih merupakan sumber kehidupan. Ketersediaan air bersih diyakini mampu meningkatkan kesehatan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi. Hal disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan…