Semen China Masuk, Industri Semen Dalam Negeri Terancam

Oleh : Kormen Barus | Minggu, 21 Juli 2019 - 15:06 WIB

Semen Indonesia (Agung Parameswara/Getty Images)
Semen Indonesia (Agung Parameswara/Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Masuknya semen dari merek prinsipal China yang diproduksi di dalam negeri ke pasaran Indonesia menimbulkan pro kontra. Pasalnya semen asal china dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan semen lokal. Semen CONCH misalnya, menjual dengan harga yang sangat miring dibandingkan dengan Semen Tiga Roda, Semen Gresik, hingga Holcim.

Anggota DPR RI dari Fraksi PKB Komisi VI, Nasim Khan melihat bahwa masuknya semen china yang dibawah harga pasar ke pasar Indonesia menjadi ancaman bagi produk semen dalam negeri.

"KPPU harus lebih jeli melihat apakah harga yang ditawarkan Semen China bukan kebijakan predatory pricing dari produsen semen tersebut," tutur Nasim Khan, Minggu (21/07/2019).

Legislator asal Dapil Jatim III (Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso) ini mengaku khawatir dengan masuknya produk Semen China itu membuat persaingan usaha menjadi tidak sehat dan membuat industri semen lokal  bangkrut.

"Pemerintah juga harus terus mengawasi dengan ketat operasional mereka, dampak lingkungan, dan penggunaan tenaga kerja apakah sudah sesuai aturan yang ada," tegas Nasim Khan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 26 Januari 2020 - 14:00 WIB

Ketua MPR RI Salurkan Bantuan Korban Banjir Cililitan Jakarta Timur

- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) kembali menyalurkan bantuan sosial kepada saudara-saudara yang terkena musibah banjir di Kelurahan Cililitan Kecil, Kramat Jati, Jakarta Timur. Bantuan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Minggu, 26 Januari 2020 - 13:45 WIB

Ekspor Kian Melaju, Investasi Industri Mamin Terus Dipacu

Kementerian Perindustrian fokus memacu pengembangan industri makanan dan minuman (mamin) agar terus memiliki kinerja yang gemilang.

Red Hat

Minggu, 26 Januari 2020 - 12:30 WIB

Red Hat-DXC Technology Sepakat Percepat Pengembangan dan Pengerahan Aplikasi di Era Cloud dan Digital

Red Hat dan DXC Technology melanjutkan kolaborasinya dalam rangka membantu para pengembang membangun, menjalankan, dan mengelola aplikasi dalam container, dalam skala yang diperlukan pada suatu…

Indosiar Tayangan Lida 3

Minggu, 26 Januari 2020 - 12:00 WIB

Indosiar Tayangan Lida 3

Indosiar benar-benar ingin menunjukan sebagai rumah dangdut Indonesia dan terdepan untuk masalah Musik dangdut di televisi. Karena ya, ketika tv lain tengah mencari format untuk Program dangdut,…

Fintech payment aplikasi Cashbac

Minggu, 26 Januari 2020 - 10:47 WIB

Rayakan Imlek Cari Cashbac

Rayakan tahun baru Imlek hadirkan promo angpao Lebih W88W untuk semua pengguna, dan berikan keuntungan lebih untuk pelanggan Maybank, Digibank by DBS dan OCBC NISP.