Ragam Industri Mainan Teknologi China Mejeng di JIExpo

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 18 Juli 2019 - 21:28 WIB

Pameran 3-in-1 Industri Mainan, Taman Hiburan, dan Peralatan & Dekorasi Rumah Mulai Digelar Hari ini
Pameran 3-in-1 Industri Mainan, Taman Hiburan, dan Peralatan & Dekorasi Rumah Mulai Digelar Hari ini

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Tiga pameran dagang berstandar internasional digelar secara bersamaan mulai hari ini hingga 20 Juli 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Ketiga pameran tersebut ialah pameran mainan dan produk anak ‘Indonesia International Toys and Kids Expo 2019 (IITE)’, pameran peralatan dan dekorasi rumah ‘Indonesia International Gift and Home Expo (IIGH)’, dan pameran taman hiburan ‘Indonesia International Amusement dan Leisure Expo (IIAE)’.

Direktur Industri Kecil dan Menengah Pangan, Barang dari Kayu dan Furnitur Kementerian Perindustrian Sri Yunianto saat meresmikan dimulainya pameran mengatakan, “Penyelenggaraan pameran Indonesia International Toys & Kids Expo (IITE) 2019 adalah momen yang tepat untuk mempromosikan produk mainan anak dalam negeri dan menarik investasi, terutama industri pendukung mainan, agar dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing industri mainan di tanah air”.

Berdasarkan data BPS, jumlah anak usia 0–14 tahun di Indonesia pada tahun 2018 mencapai 70 juta orang. Hal tersebut merupakan peluang pasar yang cukup besar bagi industri mainan di Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Perindustrian, setidaknya terdapat 90 perusahaan industri mainan skala menengah besar dan banyak terdapat industri kecil yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia, yang berhasil menyerap sekitar 86 ribu tenaga kerja.

Perusahaan-perusahaan tersebut mampu mencatatkan nilai ekspor sebesar US$ 382 juta pada tahun 2018, atau naik 10% dari tahun 2017, dan menunjukkan neraca positif sebesar US$ 132 juta dari nilai impornya. Di samping itu nilai investasi di sektor industri mainan pada tahun 2018 mencapai Rp. 200 Milyar. Hal ini menunjukkan bahwa Industri mainan nasional merupakan salah satu komoditi yang potensial, dan telah menunjukkan daya saingnya di kancah global.

“Diharapkan melalui pameran ini akan terjadi transfer teknologi dari industri mainan luar negeri yang turut berpartisipasi dalam pameran ini. Selain itu, pameran ini juga diharapkan dapat menjadi peluang bagi industri dalam negeri untuk mencari sumber-sumber bahan baku, teknologi, desain dan hal-hal lainnya yang dapat memperkaya kompetensi industri mainan di dalam negeri”, jelas Sri Yunianto.

Tahun ini animo perusahaan untuk berpartisipasi meningkat 100% dibanding tahun lalu dengan melibatkan lebih dari 350 besar dari negara Asia Tenggara seperti Cina, Indonesia, Thailand, Jepang, dan Malaysia. Lebih dari 40.000 produk mainan anak yang menghibur dan mendidik dipamerkan.

Pada waktu bersamaan digelar pameran Indonesia International Gift and Home Product yang menghadirkan produk rumah tangga, aksesoris dan souvenir. Pameran yang digelar untuk pertama kalinya ini diharapkan mampu menjadikan Indonesia sebagai pusat bisnis gift dan home product di Asia Tenggara. Produk-produk yang dipamerkan meliputi kategori produk rumah tangga dari stainless steel, plastik, peralatan memasak, aksesoris dan souvenir.

Berbagai produk rumah tangga berkualitas dari brand-brand ternama dihadirkan. Satu dari sekian brand tersebut yakni Carl Schmidt Sohn dari Jerman yang menghadirkan produk bertenologi ramah  lingkungan. dan beberapa brand ternama lainnya. Berbagai dekor rumah unik dan estetik juga dihadirkan oleh perusahaan-perusahaan ternama dari 6 negara yakni Indonesia, China, Malaysia, Thailand, India, dan Korea.

“Kami berharap pameran IIGH ini dapat merangsang produsen-produsen lokal untuk bisa bekerjasama dengan para eksibitor international untuk meningkatkan daya saing mereka baik dipasar lokal maupun internasional’, ujar Jason Chen, General Manager ChaoYu Expo selaku penyelenggara pameran.

Pameran lainnya yakni Indonesia International Amusement dan Leisure Expo (IIAE) yang fokus pada kelengkapan Indoor theme park dan water theme park desain dan teknologi terbaru. Pameran ini digelar guna mengakomodasi meningkatnya minat investor atau developer untuk membangun taman hiburan dan rekreasi di Indonesia.

Program unggulan lainnya diadakannya “buyers program” yang dirancang untuk memberikan layanan dan pengalaman terbaik selama tiga hari berlangsungnya pameran. Program ini memungkinkan pengunjung dengan mudah bertemu dengan para peserta pameran, mendapatkan informasi menyeluruh tentang produk-produk yang diminati, dalam bentuk pertemuan B2B yang telah diatur sebelumnya, dengan fasilitas-fasilitas eksklusif.

Pameran IITE, IIAL dan IIGH terselenggara berkat kerjasama ChaoYu Expo dengan Asosiasi Mainan Indonesia dan Peraga Expo. Dukungan terhadap pameran diberikan oleh Malaysian GM Group, Malaysian PMM Wholesalers Association, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Asosiasi Importir Mainan Indonesia (AIMI), Asosiasi Pegiat Mainan Edukasi dan Tradisional Indonesia (APMETI), Asosiasi Pengusaha Mainan Indonesia (APMI), Jiangsu Lixing Exhibition, Xingtai Ding Exhibition, Shandong Wanmei Culture Media, Qualis, Kedutaan Besar Cina untuk Indonesia,  Kamar Dagang Indonesia (KADIN), ASPERAPI dan Business Indonesia Singapore Association (BISA), Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO), Malaysia Association of Amusement Themepark & Family Attractions (MAATFA).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

B4TPowerHouse

Minggu, 18 Agustus 2019 - 17:32 WIB

Mati Lampu? Balai Kemenperin Ciptakan Penyimpan Daya Listrik Portabel

Ketersediaan dan akses layanan energi listrik sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat saat ini. Pemerintah menargetkan rasio elektrifikasi di seluruh wilayah Indonesia akan menembus di angka…

Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana (kedua dari kiri), dan Direktur Human Capital Management Telkom Edi Witjara (paling kiri) berbelanja produk kerajinan di UKM Binaan Telkom

Minggu, 18 Agustus 2019 - 16:47 WIB

Telkom Terlibat Selenggarakan Jalan Sehat di Kaltara

Tarakan – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama Perum Jamkrindo dan PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menyelenggarakan Jalan Sehat yang diikuti sebanyak tidak kurang dari…

TACO dan Senayan City Luncurkan Pameran Karya Kita

Minggu, 18 Agustus 2019 - 13:19 WIB

TACO dan Senayan City Luncurkan Pameran Karya Kita

sebuah perusahaan yang bergerak di bidang bahan bangunan khususnya produk-produk interior, bekerjasama dengan Senayan City menghadirkan KARYA KITA dengan tema Mosaic of Diversity. Didukung oleh…

Daerah Irigasi Lakitan Sumsel

Minggu, 18 Agustus 2019 - 12:16 WIB

Kementerian PUPR Bangun Saluran Irigasi Primer 3,5 Km dan Sekunder 25 Km di Sumatera Selatan

Luasan DI Air Lakitan akan bertambah 2.590 hektar untuk memenuhi luas layanan 9.697 hektare.

Hunian Sementara atau Huntara

Minggu, 18 Agustus 2019 - 12:10 WIB

786 Bilik Huntara Tersisa Segera Dihuni Warga Terdampak Bencana di Palu, Sigi dan Donggala

Jakarta - Kementerian PUPR membangun hunian sementara (huntara) sebanyak 699 unit yang terdiri dari 8.388 bilik di 72 lokasi di Palu, Sigi dan Donggala. Pembangunan huntara bertujuan agar warga…