SCG Gandeng ASEAN Foundation Promosikan Praktik Pembangunan Berkelanjutan dan Ekonomi Sirkular

Oleh : Hariyanto | Senin, 15 Juli 2019 - 12:56 WIB

Siam Cement Group (SCG)
Siam Cement Group (SCG)

INDUSTRY.co.id - Jakarta -  SCG berkolaborasi dengan ASEAN Foundation untuk mempromosikan praktik Pembangunan Berkelanjutan dan Ekonomi Sirkular melalui kunjungan perusahaan sebagai bagian dari rangkaian acara regional untuk generasi muda, 5th ASEAN Foundation Model ASEAN Meeting (AFMAM) 2019.

Acara tahun ini melibatkan 20 partisipan dari negara-negara ASEAN untuk mengunjungi Kantor Pusat SCG di Bangkok.
 
Acara 5th AFMAM 2019 ini diperuntukkan bagi mahasiswa dari wilayah ASEAN dan Australia agar mereka dapat memahami hubungan antar negara serta bagaimana para pengambil keputusan Negara Anggota ASEAN mengatasi masalah regional pada berbagai rapat ASEAN. Salah satu topik yang akan dibahas pada acara ini adalah ekonomi sirkular.

Melalui acara ini, partisipan berkesempatan mengunjungi pabrik SCG untuk mengamati dan mempelajari praktik sirkularitas pada level bisnis. “Kami menyambut semua partisipan dan mendorong mereka untuk menerapkan circular living pada kehidupan sehari-hari,” tutur Anusorn Potchanabanpot, SCG Country Director Indonesia melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id,  Senin (15/7/2019).
 
Ia menambahkan, sebagai perusahaan pemimpin regional, SCG berkomitmen dan berkontribusi dalam perkembangan berkelanjutan ASEAN, pihaknya menyadari pentingnya ekonomi sirkular sebagai kunci untuk mencapai tujuan akhir perkembangan berkelanjutan yang meliputi dimensi ekonomi, masyarakat, dan lingkungan.

Oleh sebab itu, SCG berusaha untuk mempraktikkan ekonomi sirkular dalam sektor bisnis, dengan harapan akan terjadi pergeseran yang memicu peningkatan kesadaran masyarakat serta mendorong perubahan perilaku dalam proses produksi dan konsumsi menuju praktik regeneratif melalui contoh dari aplikasi ekonomi sirkular.
 
"Kami memiliki tujuan untuk mempromosikan partisipasi aktif dari semua pemangku kepentingan, termasuk generasi muda ASEAN yang merupakan kunci penting dalam mewujudkan ekonomi sirkular, dan itu adalah alasan mengapa SCG ingin berbagi mengenai praktik kami dengan partisipan 5th AFMAM 2019, yaitu untuk membawa sirkularitas ke dalam kehidupan sehari-hari," jelas Anusorn.

Tidak hanya untuk mengedukasi, lanjutnya, tetapi juga mendorong mereka untuk melakukan sirkularitas dalam kehidupan mereka saat mereka sudah kembali ke negara masing-masing. “Para anak muda ini adalah generasi penerus ASEAN yang memiliki peran penting dalam memastikan keberlanjutan wilayah ASEAN di masa depan," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Jumat, 27 Mei 2022 - 10:25 WIB

Jelang KTT G20, Menteri Basuki Tinjau Persiapan Dukungan Infrastruktur

Menjelang Presidensi Indonesia pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 bulan Oktober 2022, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pelaksanaan peningkatan…

Nestle

Jumat, 27 Mei 2022 - 10:15 WIB

Menteri Bahlil Siap Kawal Perluasan Bisnis Nestle di Indonesia

Dalam kunjungan kerjanya ke Davos, Swiss, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia bertemu langsung dengan Head of Operations Nestle Magdi Batato (24/5).…

Pelaku Ekonomi Kreatif di Bali (Foto: Kemenparekraf)

Jumat, 27 Mei 2022 - 10:15 WIB

Gaet Investor, Menparekraf Bekali Pelaku Ekraf Bali Strategi Pithching yang Efektif

Untuk menarik investor, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno membekali pelaku ekonomi kreatif di Bali tentang strategi pithcing yang efektif.

Menteri Basuki Ajak Delegasi di Forum GPDRR 2022 Siapkan Antisipasi Pengurangan Perubahan Iklim

Jumat, 27 Mei 2022 - 10:04 WIB

Menteri Basuki Ajak Delegasi di Forum GPDRR 2022 Siapkan Antisipasi Pengurangan Perubahan Iklim

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, bencana akibat perubahan iklim merupakan ancaman nyata yang harus disiapkan antisipasinya untuk pengurangan…

Tempat Wisata di Venesia (Foto: Instagram/fabianalorenzon_tma)

Jumat, 27 Mei 2022 - 09:30 WIB

Venesia Tunda Pajak Turis untuk Wisatawan Hingga 2023

Sesuai perkembangan terbaru, Venesia telah menunda rencananya untuk membebankan pengunjung 'pajak turis' untuk mengelola overtourism.