SCG Gandeng ASEAN Foundation Promosikan Praktik Pembangunan Berkelanjutan dan Ekonomi Sirkular

Oleh : Hariyanto | Senin, 15 Juli 2019 - 12:56 WIB

Siam Cement Group (SCG)
Siam Cement Group (SCG)

INDUSTRY.co.id - Jakarta -  SCG berkolaborasi dengan ASEAN Foundation untuk mempromosikan praktik Pembangunan Berkelanjutan dan Ekonomi Sirkular melalui kunjungan perusahaan sebagai bagian dari rangkaian acara regional untuk generasi muda, 5th ASEAN Foundation Model ASEAN Meeting (AFMAM) 2019.

Acara tahun ini melibatkan 20 partisipan dari negara-negara ASEAN untuk mengunjungi Kantor Pusat SCG di Bangkok.
 
Acara 5th AFMAM 2019 ini diperuntukkan bagi mahasiswa dari wilayah ASEAN dan Australia agar mereka dapat memahami hubungan antar negara serta bagaimana para pengambil keputusan Negara Anggota ASEAN mengatasi masalah regional pada berbagai rapat ASEAN. Salah satu topik yang akan dibahas pada acara ini adalah ekonomi sirkular.

Melalui acara ini, partisipan berkesempatan mengunjungi pabrik SCG untuk mengamati dan mempelajari praktik sirkularitas pada level bisnis. “Kami menyambut semua partisipan dan mendorong mereka untuk menerapkan circular living pada kehidupan sehari-hari,” tutur Anusorn Potchanabanpot, SCG Country Director Indonesia melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id,  Senin (15/7/2019).
 
Ia menambahkan, sebagai perusahaan pemimpin regional, SCG berkomitmen dan berkontribusi dalam perkembangan berkelanjutan ASEAN, pihaknya menyadari pentingnya ekonomi sirkular sebagai kunci untuk mencapai tujuan akhir perkembangan berkelanjutan yang meliputi dimensi ekonomi, masyarakat, dan lingkungan.

Oleh sebab itu, SCG berusaha untuk mempraktikkan ekonomi sirkular dalam sektor bisnis, dengan harapan akan terjadi pergeseran yang memicu peningkatan kesadaran masyarakat serta mendorong perubahan perilaku dalam proses produksi dan konsumsi menuju praktik regeneratif melalui contoh dari aplikasi ekonomi sirkular.
 
"Kami memiliki tujuan untuk mempromosikan partisipasi aktif dari semua pemangku kepentingan, termasuk generasi muda ASEAN yang merupakan kunci penting dalam mewujudkan ekonomi sirkular, dan itu adalah alasan mengapa SCG ingin berbagi mengenai praktik kami dengan partisipan 5th AFMAM 2019, yaitu untuk membawa sirkularitas ke dalam kehidupan sehari-hari," jelas Anusorn.

Tidak hanya untuk mengedukasi, lanjutnya, tetapi juga mendorong mereka untuk melakukan sirkularitas dalam kehidupan mereka saat mereka sudah kembali ke negara masing-masing. “Para anak muda ini adalah generasi penerus ASEAN yang memiliki peran penting dalam memastikan keberlanjutan wilayah ASEAN di masa depan," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Kamis, 17 Oktober 2019 - 11:00 WIB

Presiden Jokowi: Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Dilakukan Sederhana

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar penyelenggaraan upacara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024, pada Rapat Paripurna MPR RI, di Jakarta, Minggu (20/10), dan perayaannya…

Alodokter

Kamis, 17 Oktober 2019 - 10:18 WIB

Platform Kesehatan Alodokter Raih Pendanaan Seri C Sebesar US$ 33 Juta

Investor yang sudah ada seperti Softbank Ventures Asia dan Golden Gate Ventures juga masih turut berpartisipasi dalam pendanaan seri ini.

Ketua MPR Bambang Soesatyo

Kamis, 17 Oktober 2019 - 10:00 WIB

SBY dan Megawati akan Hadiri Pelantikan Presiden Jokowi

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) bersama para Wakil Ketua MPR RI mengunjungi Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, di kediamannya di Cikeas, Bogor. Kehadiran Pimpinan MPR RI untuk mengantarkan…

Galaxy Watch Active2

Kamis, 17 Oktober 2019 - 09:43 WIB

Samsung Perkenalkan Produk Smartwatch Seri Terbaru, Galaxy Watch Active2

Samsung Electronics Indonesia memperkenalkan seri terbaru pada rangkaian produk smartwatch unggulannya, Galaxy Watch Active2 yang dilengkapi dengan fitur-fitur baru untuk mendukung penggunanya…

BCA (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 17 Oktober 2019 - 09:00 WIB

BCA Raih Penghargaan Best Financial Sector

PT Bank Central Asia tbk (BCA) senantiasa meningkatkan tata kelola perusahaan melalui penerapan good corporate governance (GCG), yang salah satunya diukur dengan keterbukaan informasi dan transparansi…