Pemikiran Darmono di Mata Tokoh

Oleh : Candra Mata | Minggu, 07 Juli 2019 - 11:09 WIB

SD Darmono Chairman dan Founder Jababeka (dok INDUSTRY.co.id)
SD Darmono Chairman dan Founder Jababeka (dok INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY co.id - Jakarta, Praktisi Pendidikan Setyono Djuandi Darmono atau biasa disebut Darmono kembali menuangkan ide dan pemikirannya dalam sebuah buku yang berjudul "Bringing Civilizations Together" di menara Batavia beberapa waktu lalu.

Dalam buku yang keenamnya ini, Darmono menuangkan gagasan dan ide mengenai manusia, etika, teknologi, politik, dan elemen-elemen kehidupan lainnya. 

Dibuku ini juga Darmono menitik tekankan kepada human processing factory dalam mempertegas gagasannya bahwa membina manusia adalah kunci peradaban.

Konsep pemikiran Darmono dalam bukunya merupakan upaya menghadapi tantangan jaman saat ini, khususnya dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Saat ini, mutlak diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang kompetitif, salah satunya melalui pembinaan atau Pendidikan yang tepat guna dalam menghadapi . perubahan jaman.

Dimana mentalitas dan sikap dari peserta didik dibina untuk tidak mudah pasrah terhadap keadaan. Keterampilan terus diasah untuk bisa bekerja multiskill sesuai dengan kebutuhan industri.

Gagasan besar dalam buku ini juga sesuai dengan langkah pemerintah yang tengah mengintensifkan pendidikan vokasi link & match.

Beberapa tokoh memberikan penilaian terhadap buku tersebut, seperti Prof Rhenald Kasali, pakar ekonomi dan bisnis yang menilai salah satu kekuatan pemikiran yang dituangkan Darmono dalam bukunya terletak pada konsistensinya menempatkan faktor manusia sebagai dimensi utama peradaban yang berpijak pada etika atau keluhuran budi.

Selain Prof. Rhenald Kasali, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD juga menilai buku karya Darmono ini merupakan buah hasil ramuan dari pengalaman dan perenungan yang mendalam. selain bagus dan perlu, buku ini juga disajikan dengan narasi yang enak dibaca.

sementara itu mantan Gubernur Lemhanas , Budi Soesilo Supandji mengatakan buku ini wajib dibaca siapa saja yang akan memimpin bangsa ini terutama dalam mengolah tata ruang yang penuh tantangan  dan hambatan terkait sumber daya manusia dalam menyongsong era industri 4.0.

"Apa Yang disampaikan pak Darmono telah memberikan inspirasi bagi kita semua khususnya terkait tata ruang. Pemikiran sangat diperlukan bukan hanya akademis namun juga ditataran praktis. Kedua, beliau juga memberikan gambaran antara kekuatan Jawa dan luar Jawa dengan menjadikan Singapura sebagai role model," ungkapnya

Setyono Djuandi Darmono atau yang akrab disebut Darmono merupakan Founder dan Chairman Jababeka grup. perusahaan kawasan industri terbesar di Asia Tenggara.

Selain dalam dunia bisnis, Darmono juga aktif dalam dunia sosial, seperti dalam Yayasan Tidar Heritage-bertujuan merevitalisasi dan mengembangkan komunitas di kawasan Candi Borobudur dan daerah sekitarnya, dan Yayasan Pendidikan Universitas Presiden-bergerak dalam dunia pendidikan untuk meningkatkan standar pendidikan internasional bagi generasi muda yang kurang mampu di tanah air.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.