Inuki Kokohkan Posisi, Jalin Sinergi dengan Enam Perusahaan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 21 Juni 2019 - 10:00 WIB

Inuki Kokohkan Posisi, Jalin Sinergi dengan Enam Perusahaan
Inuki Kokohkan Posisi, Jalin Sinergi dengan Enam Perusahaan

INDUSTRY.co.id - Jakarta– PT Industri Nuklir Indonesia (Persero) melakukan penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama secara sekaligus dengan enam perusahaan di Gedung Kementerian BUMN pada Selasa (18/6/2019) lalu.

Keenam perusahaan tersebut adalah PT Pupuk Kaltim (Persero), PT Pertamina Bina Medika-IHC, PT Intertek Utama Services, PT Citrabuana Indoloka, PT GE Operations Indonesia dan sepenuhnya didukung oleh PT BNI (Persero) sebagai penyedia modal kerja.

Penandatanganan dimaksud ditandatangani di hadapan Asisten Deputi Usaha Pertambangan Industri Strategis dan Media II Kementerian BUMN, Heri Purnomo. Dalam sambutannya, Heri menyambut positif sinergi yang dibangun, khususnya melihat bahwa sinergi ini tidak hanya melibatkan perusahaan BUMN saja melainkan juga anak perusahaan dan perusahaan swasta bahkan multinasional.

“Kita harapkan ke depan akan makin banyak perusahaan BUMN maupun swasta nasional yang menjadi pemain global, dengan demikian martabat bangsa kita akan semakin diakui secara internasional,” ucap Heri.

Heri menegaskan agar kerjasama tidak hanya sebatas nota kesepahaman dan sinergi transaksional namun juga berkembang ke arah sinergi kolaboratif seperti kerjasama operasional. Menurutnya, sinergi merupakan langkah yang tepat untuk mengembangkan usaha sehingga diharapkan BUMN dapat terus tumbuh dan meningkatkan kontribusi kepada negara.

Penandatanganan kerjasama ini semakin mengokohkan PT INUKI (Persero) sebagai satu-satunya BUMN yang mengolah teknologi nuklir di Indonesia. “INUKI harus agresif dan inovatif, ini momen kebangkitan kami sekaligus momen memperkuat sinergi dengan BUMN dan perusahaan multinasional,” ungkap Direktur Produksi PT INUKI (Persero) Bunjamin Noor usai acara penandatanganan kerjasama yang turut dihadiri Deputi Bidang Usaha Pertambangan Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno tersebut.

Bentuk Kerja Sama

Nota Kesepahaman yang melibatkan PT INUKI (Persero) dan PT Pupuk Kaltim (Persero) meliputi kerja sama dalam survei, uji, dan pengukuran menggunakan instrumentasi berbasis nuklir, serta menyediakan jasa analisa dan suplai barang seperti recharge zat radioaktif. Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh Direktur Produksi PT INUKI (Persero) Bunjamin Noor dan Direktur Produksi PT Pupuk Kaltim (Persero) Bagya Sugihartana ini akan berlangsung selama tiga tahun sejak kesepakatan ditandatangani.

Pada kesempatan yang sama, PT INUKI (Persero) juga menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Pertamina Bina Medika-IHC yang dilakukan langsung oleh Direktur Utama PT Pertamina Bina Medika Dany Amrul Ichsan. Kerjasama ini meliputi penyediaan dan suplai zat radioaktif untuk medik, penyediaan dan suplai alat kesehatan, maintenance alat kesehatan berbasis teknologi nuklir, penanganan limbah zat radioaktif, pemanfaatan bersama kompetensi sumber daya masing-masing, serta kegiatan-kegiatan lain yang erat kaitannya dengan kesepakatan kerja sama ini. Lingkup kerja sama akan berlangsung selama dua tahun sejak ditandatangani.

Tak hanya menjalin sinergi antar BUMN dan anak perusahaan, PT INUKI (Persero) juga menandatangani nota kesapahaman dengan perusahaan swasta nasional, yaitu PT Intertek Utama Services dalam hal survei, uji, dan pengukuran menggunakan instrumentasi berbasis nuklir, jasa analisa serta kegiatan terkait lainnya. Nota kesepahaman ini ditandatangani oleh Direktur Produksi PT INUKI (Persero) Bunjamin Noor dengan Presiden Direktur PT Intertek Utama Services PT Djonnie Rahmat dan akan berlangsung selama satu tahun sejak kesepakatan ditandatangani Direktur Produksi PT INUKI (Persero) Bunjamin Noor juga menandatangani Nota Kesepahaman dengan Presiden Direktur PT Citrabuana Indoloka Djonnie Rahmat terkait kerjasama dalam hal kegiatan survei, uji, dan pengukuran menggunakan instrumentasi berbasis nuklir, jasa analisa serta kegiatan lainnya. Kerja sama ini akan berlangsung selama satu tahun sejak kesepakatan ditandatangani.

Selanjutnya, PT INUKI (Persero) memanfaatkan peluang untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan multinasional, PT GE Operations Indonesia. Nota kesepahaman ini ditandatangani oleh Direktur Produksi PT INUKI (Persero) Bunjamin Noor dengan Preseiden Direktur PT GE Operations Indonesia David Hutagalung, dengan kerja sama meliputi perencanaan dan pengembangan jaringan Siklotron di Indonesia untuk membuka pasar FDG (Fluorodeoxyglucose – kadar gula radioaktif) dan PET/CT (peralatan pencitraan canggih gabungan Positron Emission Tomography dan Computed Tomography), berbagi pengetahuan dan keahlian serta menjajaki peluang memasok alat kesehatan PT GE Operations Indonesia ke rumah sakit mitra PT INUKI (Persero). Kerja sama ini akan berlangsung selama satu tahun sejak kesepakatan ditandatangani.

Seluruh kerjasama dan sinergi ini didukung sepenuhnya oleh PT Bank BNI (Persero) sebagai BUMN penyedia modal kerja. Nota kesepahaman ini ditandatangani oleh Plt. Direktur Utama dan Direktur Keuangan & SDM PT INUKI (Persero) Syaifuddin dengan Pimpinan Bank BNI Sentra Kredit Kecil Cabang Kramat Jaya Harianto

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…