Sepanjang Bulan Mei 2019, Tokopedia Catat Transaksi Penjualan Hingga Rp 18,5 Triliun

Oleh : Ridwan | Rabu, 19 Juni 2019 - 17:45 WIB

e-Commerce Tokopedia (Ist)
e-Commerce Tokopedia (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tokopedia mencatatkan rekor baru ketika masyarakat dari seluruh penjuru Indonesia berpartisipasi dalam puncak tradisi belanja terbesar Tokopedia yang jatuh pada tanggal 17 Mei 2019. 

Dalam satu hari tersebut, Tokopedia berhasil mencapai total nilai transaksi dalam satu hari yang lebih besar dari akumulasi nilai transaksi 6 tahun awal berdirinya Tokopedia.

Co-Founder dan CEO Tokopedia, William Tanuwijaya mengatakan, sebagai perusahaan teknologi Indonesia dengan misi pemerataan ekonomi secara digital, Ramadan Ekstra menjadi momentum validasi dampak pemerataan dan pertumbuhan ekonomi baru lewat digital. 

"Sepanjang bulan Mei 2019, Tokopedia mencatatkan nilai total transaksi (Gross Merchandise Value/GMV) sebesar US$1.3 miliar atau setara lebih dari Rp18,5 triliun. Transaksi ini terjadi dari 97% kecamatan di Indonesia, dengan melibatkan 5,9 juta penjual yang juga tersebar di seluruh pelosok Indonesia, dimana mayoritas penjual adalah pebisnis baru," kata William di Jakarta, Rabu (19/6).

Ramadan Ekstra merupakan tradisi belanja terbesar Tokopedia yang dimulai sejak tahun 2018 untuk menghadirkan berbagai inovasi dan pengalaman menarik dalam berbelanja selama Ramadan. 

Usai Ramadan Ekstra 2019, Tokopedia akan lanjut menghadirkan kejutan-kejutan baru dan produk-produk menarik lainnya yang dapat dinikmati masyarakat Indonesia dan pengguna Tokopedia menjelang ulang tahun Tokopedia yang kesepuluh di bulan Agustus mendatang.

Berikut fakta-fakta menarik lainnya yang dicatat selama Ramadan Ekstra 2019:

1. Dibutuhkan 237 ribu pesawat untuk mengangkut seluruh pengunjung Tokopedia di bulan Mei 2019.

2. Dibutuhkan 161 truk untuk mengangkut total kurma yang terjual selama bulan Mei 2019.

3. Lebih dari Rp7 miliar donasi dan zakat telah terkumpul di Tokopedia selama Ramadan 2019.

4. Lebih dari 3 juta masyarakat Indonesia bermain bersama Running Man melalui Tokopedia Play saat Semarak Ramadan Ekstra 2019 berlangsung yang disiarkan langsung di empat stasiun televisi nasional dan aplikasi Tokopedia.

5. Tokopedia kini berhasil menjangkau 97 persen kecamatan di Indonesia. Bersama konsumen dan penjual setia, Tokopedia semakin dekat untuk mendorong pemerataan ekonomi di seluruh Indonesia.

6. Tokopedia dikunjungi 2.500 kali per detik pada Semarak Ramadan Ekstra 2019.

7. Hanya dalam waktu 4 menit, sebanyak 21 juta lucky eggs dipecahkan saat Semarak Ramadan Ekstra 2019.

8. Lebih dari 6.000 barang terjual setiap menitnya pada puncak Ramadan Ekstra 2019.

9. Jumlah nanas yang dibutuhkan untuk membuat kue nastar yang terjual setara dengan jarak Jakarta-Bandung jika dijejerkan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ulang Tahun Slank Band ke 36 di Waingapu NTT

Jumat, 13 Desember 2019 - 12:00 WIB

Ulang Tahun Slank Band ke 36 di Waingapu NTT

Bimbim Slank jatuh cinta dengan keperawanan dan keseksian Pulau Nusa Tenggara Timur (NTT) padahal sebelumnya Bim-Bim buta tentang NTT. Tapi lantaran keinginannya untuk membahagiakan keluarga…

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

Jumat, 13 Desember 2019 - 11:33 WIB

Perlakuan Benih Cegah Serangan Hama dan Penyakit

Karawang Pengendalian hama atau Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) tidak harus selalu dilakukan pada saat pertanaman sudah tumbuh. Akan tetapi bisa dilakukan juga pada benih padi sebelum ditanam.

Pengurus Asosiasi Bela Hak Cipta yang dipimpin oleh Erwanda Lukas alias Papa T Bob ( berdiri, paling kiri) beraudiensi dengan Komisioner Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) James F Sundah, Rien Uthami Dewi, Yessi Kurniawan dan Rapin Mudiarjo Kawaradji (Duduk).

Jumat, 13 Desember 2019 - 11:06 WIB

Di Hadapan Musisi Senior, LMKN Tegaskan Pembagian Royalti 2 X Setahun

Lembaga Manajemen Kolektif Nasional atau LMKN yang merupakan Lembaga resmi yang berwenang memungut royalti dan menyalurkannya ke pemilik karya dan hak cipta, menegaskan bahwa mereka menyalurkan…

Bank Permata (Foto Industry News)

Jumat, 13 Desember 2019 - 10:37 WIB

PermataBank Akan Dibeli Bankok Bank

Jakarta – Sehubungan dengan pelaksanaan Perjanjian Pembelian Saham Bersyarat yang diumumkan oleh pemegang saham mayoritas, Standard Chartered Bank (Standard Chartered) dan PT Astra International…

PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk

Jumat, 13 Desember 2019 - 10:00 WIB

Tugu Insurance Raih Top 20 Financial Institution & The Best CFO dari The Finance

PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) kembali mendapatkan penghargaan Top 20 Financial Institution dari The Finance. Berdasarkan riset yang dilakukan The Finance Institute,…