Menteri Amran Beberkan Capaian Empat Setengah Tahun Pertanian

Oleh : Wiyanto | Rabu, 12 Juni 2019 - 17:26 WIB

Mentan Amran Sulaiman
Mentan Amran Sulaiman

INDUSTRY.co.id

Jakarta – Setelah sebelumnya melaksanakan Halal Bihalal bersama seluruh pegawai lingkup Kementerian Pertanian, hari ketiga masuk kerja setelah libur lebaran, Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman didampingi Ibu. Hj. Martati Sulaiman menghadiri Halal Bihalal Keluarga Besar Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP).

Dihadapan ratusan pegawai BPPSDMP seluruh Indonesia, Amran membeberkan capaian sektor pertanian yang telah diraih selama empat tahun setengah kepemimpinannya, salah satunya adalah keberhasilan Kementerian Pertanian mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan yang diberikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Baru kemarin kita saksikan BPK menyerahkan laporan hasil keuangan, pertama dalam sejarah Kementerian Pertanian berhasil meraih WTP selama tiga tahun berturut-turut” papar Amran mengawali arahannya.

Capaian sektor pertanian juga terbukti nyata melalui data yang dikeluarkan BPS terkait Pendapatan Domestik Bruto (PBD) dari sektor pertanian yang meningkat drastis sejak 2014 hingga 2018.PDB tersebut naik Rp 400 triliun sampai Rp 500 triliun. Akumulasi dari 2014-2019 Rp 1.370 triliun.

Amran menyebutkan salah satu faktor yang mendongkrak peningkatan PDB Pertanian Indonesia adalah peningkatan ekspor. Pada kurun waktu yang sama, peningkatan ekspor diperkirakan mencapai 9 – 10 juta ton. Jika pada tahun 2013 ekspor hanya mencapai 33 juta ton, maka pada tahun 2018 ekspor pertanian mencapai 42 juta ton.

“Pertumbuhan ekonomi pertanian kita baru – baru ini juga sudah mencapai 3,7 %, angka tersebut melampaui target yang di tetapkan pemerintah yaitu 3,5 %” beber Amran.

Dari sisi inflasi pangan, Amran mennyebutkan pada periode 2014-2017, inflasi pangan juga mengalami penurunan yang signifikan. Pada periode tersebut, tercatat inflasi pangan turun 88,1 persen, dari 10,57 persen menjadi 1,26 persen.

“sebelumnya inflasi Indonesia berada diposisi terburuk nomor 3 ditingkat dunia, Alhamdullillah sekarang kita berhasil melampaui 12 Negara diantaranya Jepang, Jerman, Kanada, dan Neterland” ungkap Amran.

Lebih lanjut Amran mengajak seluruh pegawai Kementan khususnya pegawai BPPSDMP untuk memanfaatkan momen Halal Bihalal ini, sebagai momen bersyukur atas capaian sektor pertanian, dan terus meletakan komitmen untuk terus bekerjakeras dan bekerja bersih mempertahankan capaian - capaian tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT GMF Aero Asia Tbk (GMFI) (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 25 Juni 2019 - 18:45 WIB

GMF Siap Buka Bengkel di Bandara Kertajati

PT GMF AeroAsia Tbk,. akan segera melebarkan sayap bisnisnya dengan berencana membuka bengkel di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

Direksi PT Pakuwon Jati Tbk sedang memberikan keterangan kepada pers dalam acara paparan publik di Jakartra, Selasa (25/06/2019). Dari kiri ke kanan : Minarto Basuki (Direktur), Ridwan Suhendra (Presdir) dan Wong Boon Siew Ivy (Direktur). (Foto Abe)

Selasa, 25 Juni 2019 - 18:33 WIB

Pakuwon Jati Bagikan Dividen Tunai 2018 Bernilai Total Rp337 Miliar

Para pemegang saham PT Pakuwon Jati Tbk (PWON), emiten Bursa Efek Indonesia yang mengembangkan berbagai properti di Surabaya dan Jakarta, dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta,…

Razer-Visa Sepakat Kembangkan Transformasi Pembayaran di Asia Tenggara

Selasa, 25 Juni 2019 - 15:18 WIB

Razer-Visa Sepakat Kembangkan Transformasi Pembayaran di Asia Tenggara

Razer™, brand gaya hidup terkemuka di dunia untuk para gamer, dan Visa, perusahaan pembayaran digital terdepan di dunia, telah mengumumkan kemitraan untuk pertama kalinya dalam rangka mengembangkan…

Jaringan Internet LinkedIn (Foto Ist)

Selasa, 25 Juni 2019 - 14:29 WIB

Study LinkedIn: Adanya 3 Rising Skills di Indonesia yang Mempengaruhi Inovasi dan Transformasi Perusahaan  

LinkedIn, jaringan profesional terbesar di dunia, meluncurkanLaporan Future of Skills 2019, yang mengidentifikasi 10 rising skills (peningkatan keterampilan) yang paling tinggi di antara…

BMKG Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 25 Juni 2019 - 14:18 WIB

Fenomena Suhu Dingin di Wilayah Dieng

Menyikapi kondisi suhu dingin yang menyebabkan terjadinya fenomena embun beku di wilayah dataran tinggi Dieng dalam beberapa waktu belakangan ini, kejadian kondisi suhu dingin tersebut merupakan…