Sultan HB X Gelar Halalbihalal 10 Juni di Kepatihan Yogyakarta

Oleh : Herry Barus | Selasa, 04 Juni 2019 - 17:00 WIB

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X (Foto Ist)
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Yogyakarta- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, akan menggelar open house atau halalbihalal Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah di Bangsal Kepatihan Yogyakarta pada 10 Juni 2019.

Kepala Biro Umum Humas dan Protokol Setda DIY, Imam Pratanadi,  di Yogyakarta, Selasa (4/6/2019) , mengatakan, seperti tahun-tahun sebelumnya dalam acara yang akan berlangsung pukul 09:00 WIB sampai 11:00 WIB itu masyarakat umum diperbolehkan bertemu dan berjabat tangan langsung dengan gubernur maupun Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X.

"Persiapan telah dilakukan. Kami harap tahun ini juga banyak masyarakat yang meluangkan waktu untuk menghadiri open house. Kami juga akan menyiapkan berbagai jamuan makanan yang dapat dinikmati masyarakat. Intinya, ini syawalan ramai-ramai bersama masyarakat," kata dia.

Pratanadi mengatakan, jumlah sajian panganan yang akan disediakan masih sama dengan tahun kemarin, yakni sekitar 4.000 porsi. Menu yang disajikan pun masih sama yakni soto ayam, nasi liwet, mie rebus atau goreng, aneka jenang, serta minuman teh dan air mineral.

"Jamuan ini kami harapkan dapat dinikmati bersama usai bersalam-salaman dengan gubernur dan wakil gubernur DIY," kata Imam.

Terkait masyarakat yang akan mengikuti acara open house ini, Imam menegaskan untuk dapat memenuhi aturan atau tata tertib yang ada. Misalnya, masyarakat yang datang diwajibkan menggunakan pakaian yang rapi dan sopan dan tertib mengantri. Panitia pun akan menyediakan tempat penitipan tas demi kenyamanan pelaksanaan acara.

"Kami imbau untuk tidak perlu membawa barang berlebihan. Meski kami juga menyediakan tempat penitipan tas. Selain itu, kami berharap masyarakat yang hadir tidak melakukan dokumentasi pribadi seperti berswafoto, saat di atas bangsal," kata dia.

Kepala Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY, Puji Astuti seperti dilansir Antara  mengatakan, mereka menjadi penanggung jawab dalam menentukan jadwal syawalan gubernur DIY. Seperti biasanya, selain menghadiri syawalan di Bangsal Kepatihan bersama masyarakat umum, Gubernur DIY juga akan berkeliling ke kabupaten/kota di DIY.

"Untuk kaitannya dengan jadwal di kabupaten/kota, keputusannya dilakukan melalui rapat bersama dengan perwakilan dari kabupaten/kota. Karena hari pertama masuk pasti syawalan di Bangsal Kepatihan, maka dicari hari lain untuk jadwal syawalan kabupaten/kota," kata dia.

Tuti menambahkan, sebelum melakukan rapat dengan perwakilan dari kabupaten/kota, Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY telah mengantongi jadwal hari-hari apa saja yang kosong dari kegiatan gubernur DIY. Dengan jadwal itu, pihaknya akan mencocokkan jadwal dengan kabupaten/kota.

"Kabupaten/kota yang akan menyesuaikan, kadang langsung cocok, tapi kadang juga tidak cocok. Yang tidak cocok, tentu mengusulkan jadwal baru. Nanti dari jadwal usulan itu kita sesuaikan lagi dengan jadwal kosong lain gubernur DIY. Yang penting, masih di bulan Syawal," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perhatian Dunia Pendidikan, Pengusaha Joune Ganda Terima Penghargaan

Sabtu, 21 September 2019 - 18:00 WIB

Perhatian Dunia Pendidikan, Pengusaha Joune Ganda Terima Penghargaan

Ikatan Guru Indonesia(IGI) memberikan penghargaan “Anugerah Pendidikan Indonesia 2019” (API 2019) sebagai wujud apresiasi terhadap komitmen dan kontribusi bagi dunia pendidikan oleh pejabat…

Penjualan perdana OPPO A9 2020

Sabtu, 21 September 2019 - 17:41 WIB

OPPO Lakukan Penjualan Perdana Perangkat Teranyar A9 2020 di Bekasi

Setelah resmi diperkenalkan pada 17 September 2019 kemarin, OPPO melakukan penjualan perdana perangkat A9 2020 di enam kota yakni Bekasi, Jakarta, Bandung, Balikpapan, Medan dan Bali.

Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya seusai meluncurkan masterplan pengembangan wisata religi di Kecamatan Tanara

Sabtu, 21 September 2019 - 17:40 WIB

Menpar Luncurkan Masterplan Pengembangan Wisata Religi di Kecamatan Tanara

Masterplan pengembangan wisata religi mulai diterapkan di Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Banten, seiring dengan diluncurkannya rencana induk tersebut.

H. Priyadi Abadi, MPar Chairman Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF) paling kiri

Sabtu, 21 September 2019 - 17:11 WIB

Halal Tour Jamin Makanan dan Waktu Ibadah ke Luar Negeri

Jakarta -- Kenapa harus Halal Tour? Sebuah pertanyaan yang untuk sebagian orang akan merasa kurang nyaman menyebutnya, kenapa harus halal? Tapi bagi umat Islam, persoalan halal menjadi penting…

Tiga Kandidat Rektor akan Lakukan Debat Publik

Sabtu, 21 September 2019 - 17:00 WIB

Tiga Kandidat Rektor akan Lakukan Debat Publik

Memberi ruang bagi para kandidat untuk memaparkan sekaligus mempertahankan visi-misi mereka, berikut kesempatan mengkritisi pandangan para pesaingnya melatarbelakangi Majelis Wali Amanat Universitas…