Konsitensi Pemerintah Diperlukan Terkait Industri Slemter

Oleh : Herry Barus | Senin, 06 Maret 2017 - 08:25 WIB

Smelter Indonesia (Dimas Ardian/Bloomberg/Getty Images)
Smelter Indonesia (Dimas Ardian/Bloomberg/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Jakarta —  Konsistensi pemerintah terkait dengan kebijakan pelarangan ekspor konsentrat sangat dibutuhkan dalam optimalisasi dan pengembangan industri smelter.

"Penghiliran industri berbasis mineral logam ini bergantung pada eksistensi pemerintah pelarangan ekspor mineral. Investor yang masuk ke Morowali, sejauh ini sudah menanamkan modal US$5 miliar hingga US$6 miliar untuk pembangunan smelter dan stainless steel, karena acuannya memang untuk mendukung penghiliran," kata Direktur Pengembangan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Dedy Mulyadi kepada awak media di Jakarta, Jumat (3/3)/2017).

Berdasarkan data IMIP, menurut Dedy, industri smelter feronikel dan stainless steel yang telah beroperasi dan berproduksi di antaranya PT Sulawesi Mining Investment (SMI) dengan kapasitas 300.000 ton, PT Indonesia Guang Ching Nickel dengan kapasitas 600.000 ton, PT Broly Nickel Industry 1.000 ton nickel mate serta PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel dengan produksi 1 juta ton.

"Sejauh ini, sudah ada lima industri feronikel dan stainless steel. Belum termasuk beberapa industri lain seperti kapur, kokas, kawasan ini sudah terintegrasi penuh dengan lima pelabuhan sehingga untuk kegiatan logistiknya lebih terakomodasi," papar dia.

Di sisi lain, penyerapan tenaga kerja telah mencapai sekitar 12.000 orang dan ditargetkan pada 2020 mencapai 20.000 seiring dengan pengembangan yang dilakukan.

Pada tahun ini, investor asal Eropa akan segera merealisasikan investasi di kawasan industri Morowali yang juga bergerak pada smelter feronikel serta penguatan power plant. Realisasi itu diharapkan menunjang seluruh kegiatan industri di kawasan tersebut yang saat ini didukung pasokan listrik 1.130 MW.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia

Jumat, 20 Mei 2022 - 19:00 WIB

Menteri Bahlil Tegaskan Indonesia Tak Akan Ekspor EBT ke Negara Manapun

Terkait dengan Energi Baru Terbarukan (EBT), Bahlil menjelaskan bahwa Indonesia belum akan melakukan ekspor EBT ke negara manapun. Menurutnya, pemerintah Indonesia akan fokus terlebih dahulu…

Pameran lukisan bertajuk Wanderlust Indonesia

Jumat, 20 Mei 2022 - 18:35 WIB

Sambut G20 & Dukung Ekonomi Kreatif, KEK Morotai Gelar Pameran Lukisan Bertajuk "Wanderlust Indonesia"

Menyambut G20 yang diadakan di Indonesia pada bulan November 2022 sekaligus memperingati Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei 2022 dan mendukung ekonomi kreatif, salah satu anak usaha PT Jababeka…

Glamshine Kosmetik Luncurkan Produk Terbaru Aqua Beads

Jumat, 20 Mei 2022 - 18:10 WIB

Glamshine Kosmetik Luncurkan Produk Terbaru Aqua Beads

Glamshine kosmetik resmi mengeluarkan produk terbaru dengan nama Aqua Beads yang akan di luncurkan pada tanggal 20 Mei, 2022 di Chakra venue & lounge, The Breeze Bumi Serpong Damai (BSD) Kota…

Petugas Dokter dan Perawat tangani Virus Corona (ist)

Jumat, 20 Mei 2022 - 17:54 WIB

PDSI Dibentuk, Komisi IX Akan Bahas RUU Praktik Kedokteran

Jakarta-Revisi Undang-Undang (UU) Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran bakal dibahas. Anggota Komisi IX DPR RI Putih Sari mengatakan, penggodokan payung hukum praktik kedokteran itu…

MenkopUKM Teten Masduki

Jumat, 20 Mei 2022 - 17:20 WIB

Tahun ini, Menteri Teten Pastikan UMKM Siap Bangkit dari Pandemi

Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki memastikan pada tahun 2022 UMKM sudah siap bangkit dari pandemi COVID-19.