Adonara Bakal Punya Museum Gading Pertama di Dunia

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 29 Mei 2019 - 03:52 WIB

Ruben Amor, Chief Executive Officer (CEO) Adonara Hotel Group
Ruben Amor, Chief Executive Officer (CEO) Adonara Hotel Group

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Adonara Hotel Group berencana membangun Museum Gading (Taring Gajah)  di Pulau Adonara, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ruben Amor, Chief Executive Officer (CEO) Adonara Hotel Group, mengatakan, dalam setahun kedepan Adonara Hotel Group akan mendirikan Museum Gading di Pulau Adonara dan merupakan Museum  Pertama di Dunia.

“Di Flores Timur, Adonara , Solor dan Lembata, kepemilikan gading gajah merupakan tradisi unik masyarakat dan gading-gading gajah ini menyebar di setiap rumah penduduk. Melalui museum, kita menyiapkan tempat yang nyaman untuk menyimpan gading gading yang memiliki nilai sejarah tinggi ini,”ujar putra Adonara, yang sukses dalam bisnis properti ini.

Menurut Ruben, Gading gajah bagi masyarakat Adonara merupakan ukuran status sosial, kekayaan, mas kawin dan bahkan tabungan untuk masa depan pendidikan anak-anak mereka.

”Gading adalah perangkat penting dalam hidup orang Adonara tanpa memberi mahar berupa gading, jangan harap seorang pria bisa menikahi gadis pujaan,”ujarnya.

Adonara, lanjut Ruben, menyimpan ribuan gading dengan beragam jenis dan nilai sejarah tinggi. Dirinya berupaya agar gading-gading ini tidak dibawa keluar wilayah Adonara. Taring gajah mempunyai harga yang fantastis mulai dari Rp 100 juta hingga 200 juta/batang. Harga tergantung dari ukuran besar kecilnya Taring tersebut.

“Harganya mahal.  Kita harus menjaga warisan leluhur kita. Ya kita berencana mendirikan Museum Gading.  Di sana nanti dibuatkan etalase gading. Pengunjung bisa melihat bagaimana keunikan Gading khas Adonara, sejarah, usia gading dan siapa keluarga pemilik gading itu,” ujarnya kepada industry.co.id di Kantornya Twin Plaza Hotel , Senin (27/5/2019).

Menurut Ruben, Museum Gading ini, nantinya dibangun di dalam Resort milik Adonara Hotel Group yang luasnya 5  hektar. Saat ini baru tahap perencanaan pembangunan dan kedepannya akan diperluas menjadi 40 an hektar.

“Kita akan bekerjasama dengan masyarakat dan pemerintah daerah. Masyarakat yang ingin Gading warisan terjaga dengan baik. Maka kisa sarankan simpan di museum Gading. Gading-gading itu Itu tetap menjadi milik mereka. Menyimpan ribuan gading yang tercecer di Pulau Adonara menjadi dalam satu lokasi, tentu sangat lebih mudah mengarahkan wisatawan ke suatu lokasi dan gading gading, dijamin akan dirawat dan simpan dengan baik. Itu tentu akan menambah devisa untuk daerah. Adonara harus memiliki ikon yaitu Gading menjadi kebanggaan bagi masyarakat,”ujarnya.

Mengutip beberapa referensi, Ruben mengatakan,   Taring gajah di Tempat lain seperti Afrika dan daerah Eropa di gunakan untuk Hiasan dinding,dan kerajinan lainnya. Bahkan di Afrika digunakan sebagai pagar Rumah.Tetapi bagi suku-suku yang mendiami kepulauan Flores dan kepulauan Solor,menggunakan Taring gajah sebagai Mahar untuk meminang seorang wanita.

Jadi di Resort Adonara, kata Ruben, nantinya akan dilengkapi dengan Museum Gading dan menjadi museum pertama di dunia dari segi kelengkapan koleksi.

“Sebagai putra adonara yang berpengalaman dan sukses membangun Hotel, Resort dan properti lainnya di Indonesia, saatnya saya mulai terpanggil membangun Adonara. Adonara memiliki banyak potensi untuk dikembangkan. Resort dengan Museum Gading menjadi pintu masuk dalam menggenjot wisatawan. Semoga ini nantinya bisa menciptakan multiplier efek bagi potensi lainnya di Flores Timur khususnya Adonara,”ujar pria low profil yang sukses melejitkan beberapa Hotel papan atas di tanah air ini.

 

 

.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pemain Belakang Persebaya Hansamu Hobi Bersepeda Off Road

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 17:00 WIB

Pemain Belakang Persebaya Hansamu Hobi Bersepeda Off Road

Pemain yang identik dengan nomor punggung 23 tersebut mengaku merasakan sensasi yang berbeda saat meniti jalur off road. Selain mendapatkan pemandangan alam selama bersepeda Hansamu juga dapat…

Pembangunan Perumahan

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 16:49 WIB

Kementerian PUPR Alokasikan Dana Sebesar Rp 102 Miliar Untuk Bantuan PSU Sebanyak 11.514 Rumah Subsidi

Bantuan PSU mencakup pekerjaan seperti jalan lingkungan, penyediaan jaringan air bersih dan tempat pembuangan sampah terpadu kepada pengembang perumahan yang membangun perumahan MBR.

Pelindo IV Raih Sertifikat Sistem Manajemen Anti Penyuapan

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 15:46 WIB

Pelindo IV Raih Sertifikat Sistem Manajemen Anti Penyuapan

Sertifikat tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Lembaga Sertifikasi PT Mutu Hijau Indonesia, Vysca Ariani dan diterima oleh Direktur Keuangan PT Pelindo IV, Choirul Anwar, di Kantor Perwakilan…

Ilustrasi Mall

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 15:31 WIB

Meski Telah Dibuka Kembali, Pengelola Mal: Bukannya Untung, Malah Babak Belur

Jumlah pengunjung pada pusat perbelanjaan di DKI Jakarta masih mengkhawatirkan. Meski sudah dibuka hampir dua bulan atau sejak pertengahan Juni lalu, kedatangan pengunjung masih jauh dari kata…

Komisaris Utama PT TASPEN (Persero), Suhardi Alius

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 15:28 WIB

Komisaris TASPEN Raih Bintang Tanda Jasa dan Kehormatan Dari Presiden Joko Widodo

Pemberian Bintang Mahaputera Nararya dianugerahkan kepada 7 orang penerima yang salah satunya ialah Suhardi Alius (Kepala BNPT tahun 2016-2020) yang saat ini menjabat sebagai Komisaris Utama…