Mentan Perintahkan Optimalkan Lahan dan Kebun Percobaan

Oleh : Wiyanto | Selasa, 28 Mei 2019 - 07:50 WIB

Mentan Amran Sulaiman saat tinjau Toko Tani Indonesia
Mentan Amran Sulaiman saat tinjau Toko Tani Indonesia

INDUSTRY.co.id

Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman meminta Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup Kementerian Pertanian (Kementan) harus mampu membangunkan atau mengoptimalkan lahan pertanian dan kebun percobaan, sehingga menjadi contoh dalam membangun pertanian 4.0. Dengan demikian, sektor pertanian Indonesia akan semakin maju dan menjadi lumbung pangan dunia semakin optimis diwujudkan.

"Bapak-Ibu, kenapa tiba-tiba aku panggil, kami keliling ke seluruh Indonesia, kami ingin anda menjadi agen pembaharu di tempat anda dan menjadi teladan," demikian dikemukakan Mentan Amran dalam Rapat Koordinasi Unit Pelaksana Teknis Lingkup Kementan yang mengangkat tema "Sinergi Membangun Pertanian 4.0" di Kantor Pusat Kementan, Jakarta, Senin (27/5/2019).

"kami membayangkan seluruh UPT se-Indonesia ramai dikunjungi orang di sekitarnya, jadi betul-betul memberi memberi nilai tambah kepada masyarakat sekitarnya, bukan terjadi sebaliknya," sambung Amran.

Amran mencontohkan keberhasilan pengembangan pertanian di Kalimantan Selatan yang menanam jagung dengan model tanam yang berbeda, produksinya mencapai 20 hingga 24 ton. Lahan jagung ini sebelumnya merupakan lahan tidur berantakan.

"Jadi seluruh UPT, harus bangunkan lahan tidur yang ada disekitarnya. Mulai pulang nanti bangunkan ya lahan-lahan tidur, dioptimalkan dan menjadi lahan produktif," ujarnya.

Contoh yang kedua, sambung Amran, jika Balai Veteriner sukses mengembangkan sapi Belgian Blue setidaknya 5 ekor, dapat dipastikan masyarakat datang berbondong-bondong ingin mengadopsi ternak sapi tersebut.

"Begitupun dengan pengembangan ternak ayam kampung, harus menjadi contoh dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat sekitar," imbuhnya.

Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementan, Abdul Halim menambahkan rapat koordinasi ini sekaligus bertujuan untuk mengevaluasi dan pembinaan kinerja UPT lingkup Kementan. Menurutnya, UPT memiliki peran strategis dan dituntut mensukseskan program pembangunan pertanian terutama program strategis percepatan swasembada pangan.

"Sesuai arahan pak menteri, kita terus mengembangkan aplikasi untuk peningkatan kinerga pegawai. Saat ini penilain kinerja sudah menggunakan aplikasi e-personal yang dinilai setiap bulan," jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Veolia

Senin, 24 Juni 2019 - 21:05 WIB

Veolia Water Technologies Establishes Asia Pacific Headquarters in Kuala Lumpur

Veolia Water Technologies, a leading solutions provider for both water and wastewater treatment, is pleased to announce the formation of its regional headquarters in Kuala Lumpur. The move from…

Suasana Konferensi Pers menyambut Harkopnas 2019 yang bakal diselenggarakan pada 12-14 Juli

Senin, 24 Juni 2019 - 20:59 WIB

Ini Alasan Harkopnas 2019 Diadakan di Purwokerto

Penetapan Purwokerto sebagai kota penyelenggara acara puncak Harkopnas 2019 adalah keputusan bernilai sejarah yang menarik.

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 24 Juni 2019 - 20:00 WIB

IMF: Perang Dagang AS-Tiongkok Tak Ada Pihak yang Diuntungkan

Ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan Tiongkok tidak akan menguntungkan pihak mana pun dalam jangka panjang, Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde…

Ilustrasi Ekspor (ist)

Senin, 24 Juni 2019 - 19:45 WIB

Pemerinah Bakal 'Nendang' Ekspor Lewat Insentif Fiskal

Pemerintah terus melakukan terobosan kebijakan yang dapat menggairahkan iklim usaha di dalam negeri sehingga turut memacu pertumbuhan ekonomi. Salah satu langkah strategisnya, yang dalam waktu…

LinkedIn

Senin, 24 Juni 2019 - 18:10 WIB

LinkedIn: Tiga Rising Skills Ini Pengaruhi Inovasi dan Transformasi Perusahaan di Indonesia

LinkedIn, jaringan profesional terbesar di dunia, meluncurkan Laporan Future of Skills 2019, yang mengidentifikasi 10 rising skills (peningkatan keterampilan) yang paling tinggi di antara…