RPX Kini Hadirkan Konsep One Stop Logistics Pertama di Indonesia

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 17 Mei 2019 - 07:09 WIB

Kiri-Kanan: M. N. Ikrar (VP One Stop Logistics), EkoMarhendro Nugroho (VP Express RPX Group) dan COO RPX Group, M. Kadrial, dalam jumpa media , Pada Kamis (17/5/2019). RPX Kini Hadirkan Konsep One Stop Logistics Pertama di Indonesia.
Kiri-Kanan: M. N. Ikrar (VP One Stop Logistics), EkoMarhendro Nugroho (VP Express RPX Group) dan COO RPX Group, M. Kadrial, dalam jumpa media , Pada Kamis (17/5/2019). RPX Kini Hadirkan Konsep One Stop Logistics Pertama di Indonesia.

INDUSTRY.co.id, Jakarta-RPX, pionir pengiriman logistik terpadu (one stop logistics) mengukuhkan konsep One Stop Logistics, yaitu konsep jasa pengiriman terintegrasi yang menjawab kebutuhan logistik masyarakakat umum dan para pelaku bisnis. Melayani pasar bisnis dan konsumen, RPX memimpin industri selama lebih dari 30 tahun dalam memanfaatkan penggunaan teknologi modern untuk mentransformasi pengiriman, bagi dalam dan luar negeri menjadi proses yang efisien dan fleksibel.

COO RPX Group, M. Kadrial menjelaskan, RPX mendefinisikan bisnis dengan menyediakan cakupan layanan komprehensif dan terintegrasi meliputi sembilan unit usaha yang semuanya saling terintegrasi dalam menjawab kebutuhan logistik.

Melalui konsep One Stop Logistics (OSL), RPX memberikan terobosan baru yang merupakan wujud dari kesiapan dalam melayani pasar bisnis dan konsumen. Sembilan unit usaha terintegrasi milik RPX meliputi E-commerce, Logistic Warehouse, International Express, Domestic Express, Freight Forwarding, Custom Clearance, Warehouse Transit, Distributions (Trucking), Enabler hingga last mile delivery.

M. Kadrial menambahkan dengan kehadiran OSL, para pelaku bisnis ataupun konsumen tidak perlu kesulitan dalam memenuhi kebutuhan logistik mereka karena RPX menyediakan solusi logistik dari hulu hingga ke hilir (end to end solutions) dalam satu perusahaan yang sama.

 "Inilah yang disebut One Stop Logistics, ketika seluruh unit usaha dapat terintegrasi menjadi sebuah pelayanan lengkap bagi pelanggan,” ujarnya.

Sebagai komitmen pada OSL tanggal 24 April 2019 RPX kembali memperluas jaringan pada kancah internasional dengan membuka kantor perwakilan di Tiongkok. Kehadiran RPX di Tiongkok mendukung era e-commerce lintas batas (cross border) di Indonesia untuk mempromosikan layanan logistic secara dua arah antara Indonesia dan Tiongkok. Hal ini sejalan dengan keinginan RPX untuk memajukan produk Indonesia di negara lain.

RPX memandang perkembangan bisnis e-commerce sebagai sebuah revolusi industri secara massive karena perkembangannya memberikan dampak ke beberapa sektor bisnis lain salah satunya logistik.

“RPX selalu siap dalam mengikuti perkembangan yang ada dengan mengadopsi penggunaan teknologi terkini untuk memberikan layanan komprehensif, baik domestik maupun internasional ke kota – kota besar di Indonesia dan dunia untuk memberikan kebutuhan bagi pelangan, melalui tekad One Stop Logistics," papar Eko Marhendro Nugroho, VP Express RPX Group.

Menurut Eko kebutuhan logistic bisnis e-commerce saat ini semakin kompleks sehingga tidak hanya membutuhkan layanan last mile delivery, tetapi juga membutuhkan layanan logistik terintegrasi.

“Sebagai contoh, mulai barang masuk atau keluar dari Indonesia membutuhkan layanan custom clearance setelah itu dibutuhkann juga penyimpanan barang baik sementara (transit) ataupun dalam waktu tertentu yang masuk kedalam layanan warehouse transit dan warehouse logistic hingga tahap akhir, untuk menyampaikan barang tersebut ke tangan customer yaitu last mile delivery. Di sanalah peran OSL dari RPX untuk e-commerce," tambah Eko.

Pada sisi teknologi, RPX menghadirkan inovasi melalui layanan enabler yang berfokus pada IT dan contact center. Enabler dapat membantu para pelaku bisnis atau UKM yang ingin go online, dengan integrasi logistik yang didukung oleh lini bisnis RPX lainnya. Pada prakteknya ennabler tidak hanya diperuntukan bagi berbagai industri yang membutuhkan solusi teknologi terkait dengan logistic.

Untuk e-commerce, lini bisnis ini dapat memberikan e-commerce platform yang terintegrasi dengan layanan logistic diantaranya Payment process termasuk debit, credit, wallet, COD (cash on delivery). “Merupakan komitmen RPX untuk menghubungkan orang dengan barang melalui kemudahan transaksi yang terintegrasi teknologi canggih dalam satu layanan terpadu” jelas M. N. Ikrar, VP One Stop Logistics.

Dalam penjelasannya Ikrar menerangkan bahwa RPX tengah berinvestasi untuk pusat logistik di Java  Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) Gresik, Jawa Timur dan di Subang, Jawa Barat. Kedua kawasan ini diperruntukan sebagai hub (penghubung) layanan RPX di barat dan timur.

RPX adalah pionir pengiriman logistik terpadu (one stop logistics) dengan pengalaman lebih dari 30 tahun di Indonesia. RPX membawa inovasi pengiriman yang mendukung proses bisnis, memberikan pengalaman bermakna bagi pelanggan yang dapat mempermudah proses pengiriman. RPX mendukung industri dan perdagangan baik dalam pertukaran barang domestik dan internasional meliputi: transportasi darat, pengiriman udara dan laut di seluruh dunia, kontrak logistik, manajemen rantai pasokan (supply chain management), serta pergudangan transit dan logistik. Dengan lebih dari 1.700 karyawan di lebih dari 40 kota di seluruh Indonesia, memungkinkan RPX untuk mengirimkan barang dan kepuasan bagi pelanggan di seluruh Indonesia dan dunia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Rabu, 24 April 2024 - 04:29 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU, bertempat di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara Yogyakarta, Jawa Tengah, Senin (22/4/2024).

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Rabu, 24 April 2024 - 03:52 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan The Minister For Foreign Affairs of Singapore (Menteri Luar Negeri Singapura) H.E Mr. Vivian Balakrishnan yang didampingi…

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rabu, 24 April 2024 - 03:45 WIB

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rapat Kerja Teknis Staf Operasi Korps Marinir Tahun 2024, secara resmi saya nyatakan dibuka oleh Asisten Operasi Komandan Korps Marinir (Asops Dankormar) Kolonel Marinir Nanang Saefullah, S.E.,…

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…