Permintaan Caregiver Meningkat, Insan Medika Semakin Optimis di Bisnis Penyedia Layanan Home Care

Oleh : Candra Mata | Rabu, 15 Mei 2019 - 15:39 WIB

Ilustrasi Caregiver foto liputan6.com
Ilustrasi Caregiver foto liputan6.com

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menurut data Sensus Ekonomi Nasional BPS pada tahun 2017, jumlah lansia ada sebanyak 23,4 juta jiwa atau setara dengan 8,97% dari total penduduk Indonesia. Diperkirakan jumlahnya akan terus bertambah menjadi 33,7 juta jiwa di tahun 2025.

Melihat besarnya pertumbuhan jumlah lansia di Indonesia. Insan Medika sebuah perusahaan penyedia layanan home care terbesar di Indonesia optimis mampu terus menyediakan perawat untuk orang sakit dan lansia (caregiver) di Indonesia.

“Selama 5 tahun kami beroperasi, total kami telah memiliki 3.000 perawat/caregiver dan telah melayani tidak kurang dari 10.000 pasien dari seluruh Indonesia,” ungkap Try Founder & CEO Insan Medika.

Khusus menjelang Hari Raya Idul Fitri, permintaan akan jasa perawat home care, khususnya caregiver meningkat drastis.Try Wibowo menyebutkan adanya kenaikan permintaan saat Lebaran hingga tiga kali lipat.

“Permintaan meningkat dan kami mampu melayani 500 pasien di momen Lebaran tahun ini.” Ujar Try.

Try Wibowo juga menambahkan, tarif perawat/caregiver infal di momen Lebaran berkisar antara Rp 4,5 juta untuk perawat lansia, dan Rp 6 juta untuk perawat orang sakit.

Pihaknya juga merekomendasikan tips untuk memilih jasa layanan homecare yang tepat agar masyarakat tidak salah pilih, berikut tips nya:

Cari rekomendasi layanan home care yang terpercaya

Sebaiknya lakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui mana penyedia layanan home care terbaik. Bisa dengan mengunjungi website resmi mereka, cek media sosialnya, atau melihat referensi di media massa. Bisa juga tanyakan kepada kerabat atau keluarga yang pernah menggunakan jasa home care sebelumnya, atau mereka yang mengetahui penyedia layanan seperti ini.

Pastikan perawat sudah terdaftar

Penting untuk menanyakan kepada penyedia layanan home care apakah perawat mereka telah memiliki Surat Tanda Register (STR) atau belum. Cek biografi dan profil perawat, serta pengalaman dari perawat yang akan dipilih. Insan Medika memberi layanan yang memungkinkan pengguna bisa meng-interview langsung calon perawat yang akan dipilih.

Mintalah untuk mengecek kondisi pasien dulu

Minta kepada penyedia layanan home care agar perawatnya bisa mengecek kondisi pasien terlebih dulu sebelum melakukan pembayaran. Ketika semuanya telah sepakat, dan perawat sudah datang ke rumah, barulah proses pembayaran dilakukan untuk mengurangi risiko yang tidak diinginkan.

Pastikan layanan pengaduan responsive

Ketahui bagaimana perawat memperlakukan pasien dengan ikut memperhatikan kinerjanya. Bila ada permasalahan segera adukan ke penyedia layanan home care tersebut. Karena itu, penting untuk memilih penyedia layanan yang memiliki respon pengaduan cepat dan dapat diakses 24/7 non stop.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…