Permintaan Caregiver Meningkat, Insan Medika Semakin Optimis di Bisnis Penyedia Layanan Home Care

Oleh : Candra Mata | Rabu, 15 Mei 2019 - 15:39 WIB

Ilustrasi Caregiver foto liputan6.com
Ilustrasi Caregiver foto liputan6.com

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menurut data Sensus Ekonomi Nasional BPS pada tahun 2017, jumlah lansia ada sebanyak 23,4 juta jiwa atau setara dengan 8,97% dari total penduduk Indonesia. Diperkirakan jumlahnya akan terus bertambah menjadi 33,7 juta jiwa di tahun 2025.

Melihat besarnya pertumbuhan jumlah lansia di Indonesia. Insan Medika sebuah perusahaan penyedia layanan home care terbesar di Indonesia optimis mampu terus menyediakan perawat untuk orang sakit dan lansia (caregiver) di Indonesia.

“Selama 5 tahun kami beroperasi, total kami telah memiliki 3.000 perawat/caregiver dan telah melayani tidak kurang dari 10.000 pasien dari seluruh Indonesia,” ungkap Try Founder & CEO Insan Medika.

Khusus menjelang Hari Raya Idul Fitri, permintaan akan jasa perawat home care, khususnya caregiver meningkat drastis.Try Wibowo menyebutkan adanya kenaikan permintaan saat Lebaran hingga tiga kali lipat.

“Permintaan meningkat dan kami mampu melayani 500 pasien di momen Lebaran tahun ini.” Ujar Try.

Try Wibowo juga menambahkan, tarif perawat/caregiver infal di momen Lebaran berkisar antara Rp 4,5 juta untuk perawat lansia, dan Rp 6 juta untuk perawat orang sakit.

Pihaknya juga merekomendasikan tips untuk memilih jasa layanan homecare yang tepat agar masyarakat tidak salah pilih, berikut tips nya:

Cari rekomendasi layanan home care yang terpercaya

Sebaiknya lakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui mana penyedia layanan home care terbaik. Bisa dengan mengunjungi website resmi mereka, cek media sosialnya, atau melihat referensi di media massa. Bisa juga tanyakan kepada kerabat atau keluarga yang pernah menggunakan jasa home care sebelumnya, atau mereka yang mengetahui penyedia layanan seperti ini.

Pastikan perawat sudah terdaftar

Penting untuk menanyakan kepada penyedia layanan home care apakah perawat mereka telah memiliki Surat Tanda Register (STR) atau belum. Cek biografi dan profil perawat, serta pengalaman dari perawat yang akan dipilih. Insan Medika memberi layanan yang memungkinkan pengguna bisa meng-interview langsung calon perawat yang akan dipilih.

Mintalah untuk mengecek kondisi pasien dulu

Minta kepada penyedia layanan home care agar perawatnya bisa mengecek kondisi pasien terlebih dulu sebelum melakukan pembayaran. Ketika semuanya telah sepakat, dan perawat sudah datang ke rumah, barulah proses pembayaran dilakukan untuk mengurangi risiko yang tidak diinginkan.

Pastikan layanan pengaduan responsive

Ketahui bagaimana perawat memperlakukan pasien dengan ikut memperhatikan kinerjanya. Bila ada permasalahan segera adukan ke penyedia layanan home care tersebut. Karena itu, penting untuk memilih penyedia layanan yang memiliki respon pengaduan cepat dan dapat diakses 24/7 non stop.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award" atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip…

Pantai Air Manis Padang (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 18:00 WIB

Icon Kota Padang, Pantai Air Manis Terus Percantik Diri

Pemerintah Kota Padang bersama Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp16 miliar untuk membenahi objek wisata Pantai Air Manis Padang yang kerap dikenal dengan legenda Malin Kundang.

Ilustrasi Biodiesel 20 Persen (B20)

Minggu, 19 Mei 2019 - 16:30 WIB

Tekan Impor Migas, Kemenperin Bakal Dongkrak Produksi Green Fuel

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah berusaha mendongkrak kontribusi industri nonmigas dengan mendorong produksi bahan bakar yang masih ketergantungan pada impor, di antaranya memproduksi…

Ilustrasi Ekspor (ist)

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:40 WIB

Ekspor Produk Manufaktur Masih Tertinggi

Industri pengolahan nonmigas konsisten memberikan kontribusi paling besar terhadap nilai ekspor nasional.

Industri Tekstil

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:01 WIB

Upaya Pemerintah Dongkrak Produktivitas Industri Tekstil dan Pakaian Menuju Lima Besar Dunia

Berdasarkan Making Indonesia 4.0, industri TPT merupakan satu dari lima sektor manufaktur yang tengah diprioritaskan pengembangannya sebagai pionir dalam peta jalan penerapan revolusi industri…