Akhir 2019, Rasio Elektrifikasi di NTT Capai 90 Persen

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 15 Mei 2019 - 10:42 WIB

Ilustrasi jaringan listrik PLN. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi jaringan listrik PLN. (Dimas Ardian/Bloomberg)

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Pada akhir tahun 2019 mendatang, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Regional Jawa Bagian Timur Bali dan Nusa Tenggara optimististis rasio elektrifikasi di Provinsi Nusa Tenggara Timur mencapai 90%.

Hal tersebut seperti yang dikemukakan oleh Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur Bali dan Nusa Tenggara PT PLN (Persero), Djoko Abumanan dalam keterangan tertulisnya di Jakarta.

“PLN siap bekerja keras melayani masyarakat NTT untuk mengejar ketertinggalan RE (rasio elektrifikasi) yang saat ini baru 71% per Maret 2019 dan akan menembus hingga 90% pada akhir tahun ini,” ujarnya.

Menurut Djoko, berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan rasio elektrifikasi di provinsi setempat, seperti menghadirkan program penyambungan listrik secara gratis untuk 11.000 rumah tangga tidak mampu.

Djoko menjelaskan, untuk merealisasikan program itu, PLN harus menambahkan infrastruktur baru berupa jaringan tegangan menengah dan rendah dengan dilengkapi trafo distribusi, karena sebagian rumah warga belum tersedia jaringan listrik.

“Pihaknya juga terus mengejar pembangunan jaringan transmisi, gardu induk, serta gencar melistriki desa-desa di provinsi berbasiskan kepulauan itu,” katanya.

Salah satu contohnya, ungkap Djoko, pembangunan jaringan transmisi sepanjang 70 kilovolt (Kv) di Pulau Flores yang saat ini terus dilakukan dengan target akan selesai pada akhir 2019.

Menurut dirinya, pembangunan kelistrikan di NTT memiliki tantangan tersendiri, terutama karena kondisi geografis berupa kepulauan dengan banyak desa yang tersebar di kawasan perbukitan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award" atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip…

Pantai Air Manis Padang (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 18:00 WIB

Icon Kota Padang, Pantai Air Manis Terus Percantik Diri

Pemerintah Kota Padang bersama Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp16 miliar untuk membenahi objek wisata Pantai Air Manis Padang yang kerap dikenal dengan legenda Malin Kundang.

Ilustrasi Biodiesel 20 Persen (B20)

Minggu, 19 Mei 2019 - 16:30 WIB

Tekan Impor Migas, Kemenperin Bakal Dongkrak Produksi Green Fuel

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah berusaha mendongkrak kontribusi industri nonmigas dengan mendorong produksi bahan bakar yang masih ketergantungan pada impor, di antaranya memproduksi…

Ilustrasi Ekspor (ist)

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:40 WIB

Ekspor Produk Manufaktur Masih Tertinggi

Industri pengolahan nonmigas konsisten memberikan kontribusi paling besar terhadap nilai ekspor nasional.

Industri Tekstil

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:01 WIB

Upaya Pemerintah Dongkrak Produktivitas Industri Tekstil dan Pakaian Menuju Lima Besar Dunia

Berdasarkan Making Indonesia 4.0, industri TPT merupakan satu dari lima sektor manufaktur yang tengah diprioritaskan pengembangannya sebagai pionir dalam peta jalan penerapan revolusi industri…