Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi Para Kutu Buku di Hari Buku Dunia

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 20 April 2019 - 21:00 WIB

The Museum of Innocence Turki (Foto Dok Industry.co.id)
The Museum of Innocence Turki (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Buku dapat membawa Anda ke tempat-tempat yang baru dan menarik, bahkan dunia yang sama sekali baru. Di Hari Buku Dunia (World Book Day, 23 Maret 2019) kali ini, Agoda akan membawa Anda dalam suatu perjalanan literatur yang berbeda dengan yang lainnya. Untuk liburan Anda berikutnya, lacak asal usul beberapa penulis favorit Anda dengan mampir ke kota asal mereka, di mana beberapa di antara kota-kota tersebut telah mengilhami karya-karyaa mereka yang paling signifikan.

Theresia Asteria dari Bening Communication, menginformasikan beberapa tempat di Asia yang harus dikunjungi oleh para pencinta buku:

  1. Kobe, Jepang

Pahlawan Sastra: Haruki Murakami

Karya Terkenal: “Kafka on the Shore” dan “1Q84” terbitan Shinchosha

Objek Wisata Wajib: Kuil Ikuta, Arima Onsen, Jembatan Akashi-Kaikyo

Murakami dibesarkan di Kobe, yang menjadi latar beberapa kisahnya, seperti novel debutnya “Hear the Wind Sing”. Karya-karya Murakami memiliki elemen surealis, seringkali dengan tema melankolis yang dalam beberapa hal mencerminkan keindahan yang menenteramkan yang dapat ditemukan di banyak kuil yang hening dan pemandangan alam yang menakjubkan di kota kecil yang berada di tepi laut ini. Rasakan sisi minimalis Kobe yang meneduhkan ketika Anda menginap di Arimakoyado Hataya Ryokan.

  1. Camarines Norte, Filipina

Pahlawan Sastra: Ricky Lee

Karya Terkenal: “Para kay B” terbitan Philippine Writers' Studio Foundation

Objek Wisata Wajib: Kepulauan Calaguas, Pulau Apuao Grande, Pantai Bagasbas

Di luar novelnya “Para kay B,” karya-karya Ricky Lee mencakup penulisan naskah film dan naskah drama. Dia telah bekerja sama dengan beberapa sutradara Filipina yang disegani seperti Lino Brocka dan Ishmael Bernal, dan bahkan telah menerbitkan sebuah buku tentang penulisan skenario yang berjudul “Trip to Quiapo”, yang sejak diluncurkan telah menjadi bahan ajar utama bagi perguruan dan sekolah tinggi ilmu komunikasi di Filipina.

Kunjungi kota kelahiran Lee di Camarines Norte di pusat Bicol, Filipina dan nikmati pantai-pantainya yang indah seperti yang ada di Pulau Apuao Grande dan gugusan pulau Calaguas. Tetap nyaman dengan menjadikan One Platinum Hotel sebagai basis Anda saat berada di area tersebut.

  1. Pulau Belitung, Indonesia

Pahlawan Sastra: Andrea Hirata

Karya Terkenal: Seri “Laskar Pelangi”

Objek Wisata Wajib: Pantai Tanjung Kelayang, Museum Kata Andrea Hirata, Rumah Tradisional Belitung

Novel terlaris karya Andrea Hirata, “Laskar Pelangi,” membawa kita kembali ke masa kecilnya dan perjuangan yang dihadapinya dalam mengejar mimpinya dari kota asalnya, Pulau Belitung. Mampirlah di Museum Kata Andrea Hirata yang penuh warna, sebuah museum sastra yang didirikan oleh Hirata pada tahun 2010 untuk menginspirasi orang untuk mengejar impian mereka. Jelajahi pulau yang menginspirasi kisah Hirata dan Anda akan menemukan pantai pasir putih yang indah dan perairan biru yang jernih. Habiskan malam Anda di Arumdalu Private Resort di Tanjung Pandan, Belitung.

Jika Anda berada di Amerika, berkunjunglah ke:

  1. New York, Amerika Serikat

Pahlawan Sastra: Jenny Han

Karya Terkenal: “To All the Boys I’ve Loved Before” terbitan Simon & Schuster

Objek Wisata Wajib: Empire State Building, Patung Liberty, Jembatan Brooklyn, Broadway

Meskipun Han awalnya berasal dari Virginia, masa waktu yang dihabiskannya di New York membentuk kariernya sebagai penulis fiksi dewasa muda. Menginaplah di apartemen Jun New York Midtown III yang nyaman, dan Anda akan merasa seperti berada di rumah sendiri saat Anda beristirahat sejenak dari perjalanan wisata Anda.

  1. Aracataca, Kolombia

Pahlawan Sastra: Gabriel García Márquez

Karya Terkenal: “One Hundred Years of Solitude” terbitan HarperCollins, “Love in the Time of Cholera” terbitan Penguin Classics

Objek Wisata Wajib: Casa Museo, Casa del Telegrafista

Kota Aracataca dibangun di sepanjang sungai dengan nama yang sama dan merupakan kota kelahiran pemenang Penghargaan Nobel Kesusastraan Gabriel García Márquez. Desa Macondo dalam novel terkenal García Márquez, “One Hundred Years of Solitude” merupakan ilustrasi dari Aracataca. Jelajahi rumah masa kecil García Márquez yang direkonstruksi menjadi museum dan Casa del Telegrafista saat berada di Aracataca, kemudian beristirahatlah di Agoda Homes yang menawan di Parque Los Novios di Santa Marta, Magdalena, dimana Anda bisa mengunjungi Tayrona National Natural Park Kolombia yang terkenal.

Jika Anda bertualang ke Eropa, maka pertimbangkan untuk mengunjungi:

  1. Edinburgh, Skotlandia

Pahlawan Sastra: J.K. Rowling

Karya Terkenal: Seri “Harry Potter” terbitan Bloomsbury

Objek Wisata Wajib: Kastil Edinburgh, The Royal Botanic Gardens, Dynamic Earth, Underground Edinburgh, The Scotch Whisky Experience

Potterhead, berkumpullah! Meskipun Rowling lahir di Yates, Inggris, ia menulis sebagian besar buku Harry Potter semasa hidupnya di Edinburgh. Kunjungi kafe-kafe tempat dia dikatakan menghabiskan waktunya untuk menulis, dan bermalamlah di Radisson Collection Hotel, Royal Mile Edinburgh yang trendi.

  1. Florence, Italia

Pahlawan Sastra: Dante Alighieri

Karya Terkenal: “The Divine Comedy” dan “Vita Nuova” terbitan Penguin Classics

Objek Wisata Wajib: Gereja Santa Margherita dei Cerchi (gereja Dante), Ponte Vecchio, Piazza della Signoria dan Loggia dei Lanzi

Dianggap sebagai tempat kelahiran Renaisans, Florence adalah ibu kota budaya Italia, dan tempat di mana penyair Dante bertemu dengan cinta dalam hidupnya, Beatrice. Beatrice telah menginspirasi beberapa karya terbesar Dante termasuk “Vita Nuova” dan “The Divine Comedy”. Jelajahi Kota Tuscany yang romantis ini, dan mungkin Anda juga dapat menemukan cinta Anda!

Domux Home Repubblica menawarkan akomodasi yang menyeimbangkan kehidupan modern dengan pesona Italia klasik.

Dan jika Anda akan berlibur ke Timur Tengah, maka jangan lupa untuk menambahkan destinasi-destinasi berikut ke rencana perjalanan Anda:

  1. Istanbul, Turki

Pahlawan Sastra: Orhan Pamuk

Karya Terkenal: “Snow” dan “The Museum of Innocence” terbitan Faber & Faber

Objek Wisata Wajib: Museum of Innocence, The Blue Mosque, Museum Hagia Sophia

Pamuk dianugerahi Penghargaan Nobel Kesusastraan pada tahun 2006 dan memegang prestise sebagai orang Turki pertama yang menerima Nobel. Kisah-kisahnya banyak didasarkan pada budaya dan politik Turki. Dia juga mendirikan Museum of Innocence sebagaimana yang ia gambarkan dalam novelnya. Untuk mengalami masa berlibur di Turki yang benar-benar menyenangkan, menginaplah di Fer Hotel.

  1. Dubai, Uni Emirat Arab

Pahlawan Sastra: Mohammad Al-Murr

Karya Terkenal: “Dubai Tales” dan “The Wink of the Mona Lisa” terbitan Motivate Publishing

Objek Wisata Wajib: Burj Khalifa, Palm Jumeirah

Lahir di Dubai, penulis cerita pendek pemenang penghargaan Mohammad Al-Murr telah menerbitkan lebih dari 10 koleksi cerita pendeknya. Sesuai dengan judulnya, “Dubai Tales” adalah kompilasi cerita yang mengisahkan liku kehidupan di Dubai, yaitu percampuran antara pemikiran modern dan kebanggaan yang kuat terhadap tradisi. Apartemen dengan dua kamar tidur yang cantik di The Residences by Emaar menawarkan pemandangan megah Burj Khalifa, gedung pencakar langit setinggi 2.700 kaki, dan akan menjadi pilihan akomodasi yang sempurna saat Anda berada di Dubai.

Berkantor pusat di Singapura, Agoda merupakan bagian dari Booking Holdings (Nasdaq: BKNG) dan mempekerjakan lebih dari 4.000 staf di 53 kota di lebih dari 30 negara. Agoda.com dan aplikasi mobile Agoda tersedia dalam 38 bahasa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kemenkeu dan Kejaksaan Agung Bersinergi Tangani Kredit Bermasalah di LPEI

Selasa, 19 Maret 2024 - 11:36 WIB

Tangani Kredit Bermasalah di LPEI, Kemenkeu Bersinergi Dengan Kejaksaan Agung

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menemui Jaksa Agung ST Burhanuddin untuk menyerahkan dan melaporkan indikasi terjadinya tindak pidana fraud pada pemberian fasilitas kredit Lembaga Pembiayaan…

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu,

Selasa, 19 Maret 2024 - 11:24 WIB

Jaga Perekonomian Indonesia, Pemerintah Akan Terus Pantau Dampak Perlambatan Ekonomi Global

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu mengatakan pemerintah akan terus memantau dampak perlambatan ekonomi global untuk menjaga perekonomian Indonesia. 

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan OCBC 2024

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:42 WIB

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan OCBC 2024

PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 di OCBC Tower, Jakarta. Dalam rapat tersebut, Bank memperoleh persetujuan atas seluruh mata acara…

Petugas Bank Mandiri mengecek keuangan yang akan ditukarkan ke masyarakat

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:39 WIB

Antisipasi Kebutuhan Nasabah pada Ramadhan & Idul Fitri, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Secara Net sebesar Rp 31,3 Triliun

Bank Mandiri menyiapkan net kebutuhan uang tunai sekitar Rp 31,3 triliun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat selama 30 hari ke depan, yaitu pada 18 Maret –…

Gelar Safari Ramadan, Jamkrindo Lakukan Kegiatan Sosial di Tarakan

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:27 WIB

Gelar Safari Ramadan, Jamkrindo Lakukan Kegiatan Sosial di Tarakan

Dalam rangka Ramadan, sekaligus sebagai rangkaian peringatan HUT ke-54 pada tanggal 1 Juli 2024 mendatang, PT Jamkrindo melakukan kegiatan Safari Ramadan di beberapa daerah. Dalam kegiatan Safari…