Kementerian PUPR Fasilitasi KPBU SPAM Kota Dumai

Oleh : Hariyanto | Jumat, 19 April 2019 - 09:53 WIB

Dok Kementrian PUPR
Dok Kementrian PUPR

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus mendorong meningkatnya akses air minum melalui jaringan perpipaan khususnya di kawasan perkotaan. Investasi swasta melalui Skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) menjadi inovasi pembiayaan untuk mengatasi tingginya biaya investasi pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). 

Salah satu fasilitasi yang dilakukan Kementerian PUPR adalah KPBU antara PDAM Tirta Dumai Bersemai dengan PT. Dumai Tirta Persada dalam pengembangan SPAM bagi 101.500 jiwa atau 20.300 sambungan rumah (SR) di 4 kecamatan di Kota Dumai, Provinsi Riau. Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Pengembangan SPAM Kota Dumai antara PT Dumai Tirta Persada dengan PDAM Tirta Dumai Bersemai telah dilakukan di Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Penandatanganan disaksikan oleh Wali Kota Dumai Zulkifli AS, Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danis Sumadilaga, Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Eko Djoeli Poerwanto, Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Investasi Mohammad Zainal Fatah, Ketua BPPSPAM Bambang Sudiatmo dan Kepala Sekretariat BPPSPAM Muhammad Sundoro.

“Kerja sama ini merupakan upaya Kementerian PUPR dalam mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di daerah tanpa harus membebani pendanaan dari APBN/APBD. Keberhasilan PDAM kota Dumai dapat dijadikan contoh bagi Pemerintah Daerah dan PDAM lain yang masih memiliki kinerja ”sakit” namun memiliki kemampuan untuk melihat potensi ekonomi wilayahnya, sehingga dapat menarik badan usaha swasta berinvestasi melakukan kerjasama pembangunan infrastruktur SPAM untuk memperluas cakupan pelayanan air minum tanpa menggunakan dana APBN” kata Dirjen Cipta Karya Danis Sumadilaga. 

Pada tahun 2018, dari 391 PDAM yang ada di Indonesia, sebanyak 223 PDAM (57%) berkinerja sehat, 99 PDAM (25%) kurang sehat, 52 PDAM (13%) berkinerja sakit, dan 17 PDAM (5%) belum dinilai kinerjanya. PDAM Tirta Dumai Bersemai milik Pemerintah Kota Dumai termasuk PDAM kategori sakit.
 
PT Dumai Tirta Persada, selaku badan usaha pengelola yang dibentuk oleh pemenang lelang, yakni Konsorsium PT Adhi Karya dan PT Adaro Tirta Mandiri akan membiayai pembangunan unit air baku berkapasitas 500 liter/detik, unit produksi berkapasitas 450 liter/detik dan pembangunan sebagian jaringan distribusi yang kemudian akan dikelola oleh PDAM Tirta Dumai Bersemai. Total investasi yang dikeluarkan badan usaha sebesar Rp 489 miliar yang seluruhnya merupakan investasi tanpa adanya dana dukungan dari anggaran Pemerintah. 

Dalam pembangunan infrastruktur air bersih tersebut Kementerian PUPR melalui Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) telah mendukung sejak awal dengan memberikan fasilitasi penyiapan rencana kerja sama, proses pengadaan Badan Usaha hingga penyiapan perjanjian kerjasama. BPPSPAM juga mendampingi PDAM Tirta Dumai Bersemai selaku PJPK agar proses kerja sama dapat terselenggara sesuai dengan peraturan perundang-undangan. 

Di Provinsi Riau, Kementerian PUPR juga memberikan dukungan bagi pembangunan SPAM Regional Durolis untuk memberikan air curah bagi Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hilir, dan Kabupaten Bengkalis. Kementerian PUPR berharap Pemerintah Kota Dumai dapat melakukan sinergi dalam rencana penyerapan air curah dari SPAM Regional Durolis dan KPBU SPAM Kota Dumai yang akan dibangun.

Wali Kota Dumai Zulkifli AS berharap pembangunan kontruksi SPAM Kota Dumai dapat segera selesai, sehingga dapat memenuhi layanan air minum sebesar 35 % dari perkiraan jumlah penduduk Kota Dumai pada tahun 2023. 

Zulkifli juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR yang telah banyak mendukung Pemerintah Kota Dumai memperluas cakupan layanan air minum kepada masyarakat, baik melalui program fasilitasi pendampingan KPBU, pembangunan SPAM Regional Durolis dan NUWAS yang merupakan program hibah pembangunan infrastruktur dari bank dunia.

“Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk mensinergikan dan mengintegrasikan semua program yang telah diberikan untuk kemajuan ekonomi Kota Dumai dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Zulkifli. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anita , Mengembalikan Kejayaan Musik Mandarin di Indonesia

Sabtu, 20 Juli 2019 - 21:00 WIB

Anita , Mengembalikan Kejayaan Musik Mandarin di Indonesia

Jika menyimak tren yang ada, saat ini Indonesia sedang dilanda demam artis, musik dan drama Korea. Para promotor musik di Indonesia berlomba mendatangkan penyayi Korea yang sedang digandrungi…

Peresmian Pabrik PT Pegatron Technology Indonesia

Sabtu, 20 Juli 2019 - 18:05 WIB

Menperin Apresiasi Investasi Pegatron di Batam

Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi terhadap realisisasi investasi dari Pegatron selaku perusahaan teknologi asal Taiwan, yang secara resmi telah mengoperasikan pabriknya di Batam,…

Lion Air (Ist)

Sabtu, 20 Juli 2019 - 18:00 WIB

Lion Air Ajak Turis Milenial Lebih Luas Eksplorasi Destinasi Unggulan

Sulawesi Selatan (Sulsel) berlokasi strategis telah menyimpan tujuan wisata memukau, asyik dan keren. Spot popular antara lain Pantai Losari dan Trans Studio Makassar.

DFSK Glory 560

Sabtu, 20 Juli 2019 - 17:48 WIB

Mudahkan Pengunjung Miliki Kendaraan, DFSK Hadirkan Program Leasing

DFSK turut meramaikan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 dengan menampilkan seluruh jajaran kendaraannya lengkap lengkap beserta program penjualan yang menguntungkan bagi…

Foto Ilustrasi flu burung H9N2

Sabtu, 20 Juli 2019 - 17:13 WIB

FAO Apresiasi Kementan Berhasil Kendalikan Flu Burung

Jakarta - Badan Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-bangsa (FAO) memberikan apresiasi kepada Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH), Kementerian Pertanian (Kementan)…