Elnusa Bagikan Dividen Rp69 Miliar Dari Laba Bersih

Oleh : Hariyanto | Senin, 15 April 2019 - 17:47 WIB

PT Elnusa Tbk (Foto Ist)
PT Elnusa Tbk (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Elnusa Tbk (Elnusa), perusahaan terkemuka penyedia jasa energi, dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2018 melaporkan kinerja tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2018 dengan capaian positif.

Kinerja tahun ini terealisasi dengan baik atas strategi diversifikasi portofolio dengan fokus pada jasa hulu migas berbasis non-aset serta jasa distribusi & logistik energi.

Pendapatan usaha tumbuh 33%, dari Rp4,9 triliun pada 2017 menjadi Rp6,6 triliun pada 2018. Laba bersih tumbuh 12% dari Rp247 miliar menjadi Rp276 miliar. Pencapaian ini menunjukkan bahwa Elnusa tetap tumbuh dengan baik.

Atas hasil positif ini, RUPST menyepakati untuk membagikan dividen sebesar 25% dari laba bersih, atau senilai Rp69 miliar. Dari nilai tersebut, maka nilai dividen per saham adalah sekitar Rp9,465 dan direncanakan akan dibayarkan paling lambat pada awal Mei 2019.

Selain itu, RUPST juga menyetujui perubahan susunan pengurus Perseroan, untuk anggota Dewan Komisaris maupun Direksi.

“Ada pergantian dua anggota Dewan Komisaris dan Direktur Utama Perseroan. RUPST menyetujui untuk mengangkat Anis Baridwan dan Antonius Ratdomopurbo sebagai Komisaris Independen dan Komisaris, serta Elizar P Hasibuan sebagai Direktur Utama Perseroan. Jabatan Direktur Operasi sementara akan dirangkap oleh Direktur Pengembangan Usaha, Arief Riyanto.” kata Head of Corporate Communications Elnusa – Wahyu Irfan beberapa waktu lalu.

Proses dan keputusan yang terjadi dalam RUPST ini telah sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) nomor 32/POJK.04/2014 tentang Rencana dan Penyelenggaraan RUPS Perusahaan Terbuka. RUPST dihadiri oleh PT Pertamina (Persero) sebagai pemegang saham pengendali dengan kepemilikan saham 41,1%, Dana Pensiun Pertamina 14,9%, serta publik. Jumlah saham yang hadir dalam RUPS ini mencapai 5,359 miliar lembar atau mewakili 73,43% persentase yang hadir.

Elnusa memberikan apresiasi tinggi atas kontribusi segenap Dewan Komisaris dan Direksi yang telah selesai masa baktinya dan berharap kepada susunan pengurus baru untuk terus mengawal kinerja Elnusa untuk lebih baik lagi. Sehingga efektif sejak ditutupnya RUPST, susunan pengurus Perseroan adalah sebagai berikut:

DEWAN KOMISARIS

Komisaris Utama                          : Narendra Widjajanto
Komisaris                                      : Eman Salman Arief
Komisaris                                      : Antonius Ratdomopurbo
(Baru)
Komisaris Independen                 : Lusiaga Levi Susila
Komisaris Independen                 : Anis Baridwan (Baru)

DIREKSI

Direktur Utama                            : Elizar Parlindungan Hasibuan
(Baru)
Direktur Keuangan                       : Hery Setiawan
Direktur SDM & Umum               : RM. Happy Paringhadi JS
Direktur Pengembangan Usaha merangkap Direktur Operasi: Arief Riyanto

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penghargaan diterima oleh Direktur Mandiri Syariah Putu Rahwidhiyasa

Senin, 16 Desember 2019 - 19:19 WIB

Mandiri Syariah Dinobatkan Menjadi Mitra Distribusi SBSN Ritel Terbaik 2019

Jakarta-PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) memperoleh penghargaan sebagai Mitra Distribusi SBSN Ritel Terbaik 2019 dan Peserta Lelang SBSN Terbaik Tahun 2019 dari Kementerian Keuangan…

Diskusi media kebaikan nata de coco

Senin, 16 Desember 2019 - 18:33 WIB

Ramai Beredar Video Hoax Produk Nata de Coco, GAPMMI Ingin Pemerintah Bertindak Tegas

Sejauh ini, terhitung ada sebanyak lima video hoax yang beredar di masyarakat melalui sosial media. Diantara lima video tersebut menyebutkan bahwa produk nata de coco mengandung plastik dan…

Danone-AQUA raih Penghargaan Industri Hijau

Senin, 16 Desember 2019 - 16:41 WIB

15 Pabrik Danone-AQUA Raih Penghargaan Hijau 2019 dari Kemenperin

Danone-AQUA mendapatkan Penghargaan Industri Hijau 2019 melalui 15 pabriknya dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia atas upaya Danone-AQUA yang secara aktif dan bijak menggunakan…

Kolaborasi EXSPORT x Shane Tortilla Bag

Senin, 16 Desember 2019 - 15:43 WIB

Exsport Ajak Remaja Perempuan Untuk Jadi Diri Sendiri Lewat Kolaborasi Exsport X Shane Tortilla

EXSPORT x Shane Tortilla Bag menggambarkan ekspresi remaja wanita saat ini dengan desain yang colorful dalam tas jenis sling bag dan totebag.

Ketua Umum Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (Asaki) Edy Suyanto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 16 Desember 2019 - 14:30 WIB

Asaki Desak Pemerintah Terapkan Safeguard dan Pembatasan Kouta Impor Keramik Asal India dan Vietnam

Ketua Umum Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) Edy Suyanto mengatakan, saat ini impor produk keramik dari India dan Vietnam angkanya sudah sangat mengkhawatirkan.