Elnusa Bagikan Dividen Rp69 Miliar Dari Laba Bersih

Oleh : Hariyanto | Senin, 15 April 2019 - 17:47 WIB

PT Elnusa Tbk (Foto Ist)
PT Elnusa Tbk (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Elnusa Tbk (Elnusa), perusahaan terkemuka penyedia jasa energi, dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2018 melaporkan kinerja tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2018 dengan capaian positif.

Kinerja tahun ini terealisasi dengan baik atas strategi diversifikasi portofolio dengan fokus pada jasa hulu migas berbasis non-aset serta jasa distribusi & logistik energi.

Pendapatan usaha tumbuh 33%, dari Rp4,9 triliun pada 2017 menjadi Rp6,6 triliun pada 2018. Laba bersih tumbuh 12% dari Rp247 miliar menjadi Rp276 miliar. Pencapaian ini menunjukkan bahwa Elnusa tetap tumbuh dengan baik.

Atas hasil positif ini, RUPST menyepakati untuk membagikan dividen sebesar 25% dari laba bersih, atau senilai Rp69 miliar. Dari nilai tersebut, maka nilai dividen per saham adalah sekitar Rp9,465 dan direncanakan akan dibayarkan paling lambat pada awal Mei 2019.

Selain itu, RUPST juga menyetujui perubahan susunan pengurus Perseroan, untuk anggota Dewan Komisaris maupun Direksi.

“Ada pergantian dua anggota Dewan Komisaris dan Direktur Utama Perseroan. RUPST menyetujui untuk mengangkat Anis Baridwan dan Antonius Ratdomopurbo sebagai Komisaris Independen dan Komisaris, serta Elizar P Hasibuan sebagai Direktur Utama Perseroan. Jabatan Direktur Operasi sementara akan dirangkap oleh Direktur Pengembangan Usaha, Arief Riyanto.” kata Head of Corporate Communications Elnusa – Wahyu Irfan beberapa waktu lalu.

Proses dan keputusan yang terjadi dalam RUPST ini telah sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) nomor 32/POJK.04/2014 tentang Rencana dan Penyelenggaraan RUPS Perusahaan Terbuka. RUPST dihadiri oleh PT Pertamina (Persero) sebagai pemegang saham pengendali dengan kepemilikan saham 41,1%, Dana Pensiun Pertamina 14,9%, serta publik. Jumlah saham yang hadir dalam RUPS ini mencapai 5,359 miliar lembar atau mewakili 73,43% persentase yang hadir.

Elnusa memberikan apresiasi tinggi atas kontribusi segenap Dewan Komisaris dan Direksi yang telah selesai masa baktinya dan berharap kepada susunan pengurus baru untuk terus mengawal kinerja Elnusa untuk lebih baik lagi. Sehingga efektif sejak ditutupnya RUPST, susunan pengurus Perseroan adalah sebagai berikut:

DEWAN KOMISARIS

Komisaris Utama                          : Narendra Widjajanto
Komisaris                                      : Eman Salman Arief
Komisaris                                      : Antonius Ratdomopurbo
(Baru)
Komisaris Independen                 : Lusiaga Levi Susila
Komisaris Independen                 : Anis Baridwan (Baru)

DIREKSI

Direktur Utama                            : Elizar Parlindungan Hasibuan
(Baru)
Direktur Keuangan                       : Hery Setiawan
Direktur SDM & Umum               : RM. Happy Paringhadi JS
Direktur Pengembangan Usaha merangkap Direktur Operasi: Arief Riyanto

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Umrah di Mekkah

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:31 WIB

Meraih Keberkahan Bulan Syawal, Pegadaian Ajak Masyarakat Umrah Akbar Bersama

Pada momen perayaan ulang tahun Pegadaian ke-123 Tahun dan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah yang jatuh pada bulan April ini, Pegadaian menyelenggarakan kegiatan Umrah Akbar Pegadaian dengan…

Pengurus BUMN Muda Pegadaian

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:18 WIB

Pegadaian Kukuhkan Pengurus BUMN Muda Pegadaian

PT Pegadaian melantik pengurus organisasi kepemudaan yang diinisiasi oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Kementerian BUMN, yang tergabung dalam BUMN Muda Pegadaian di Ballroom The Gade…

MamyPoko Pants Skin Comfort, popok pertama cegah ruam 12 jam mengandung coconut oil.

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:14 WIB

MamyPoko Pants Skin Comfort, Popok Pertama di Indonesia Dengan All in 1 Skin Care Cegah Ruam 12 Jam

MamyPoko Pants Skin Comfort dari Uni-Charm, popok pertama di Indonesia dengan All in 1 Skin Care yang mengandung coconut oil, cegah ruam 12 jam.

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:04 WIB

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menjalin kolaborasi dengan PT. KAI/KA Wisata dan ASTINDO menghadirkan program "Bundling…

Penandatanganan Kontrak Subsidi Energi 2024

Selasa, 19 Maret 2024 - 12:40 WIB

Pertamina Siap Salurkan Subsidi Energi 2024 Tepat Sasaran

Pertamina siap menjalankan penugasan Pemerintah menyalurkan subsidi energi 2024 tepat sasaran. Melalui PT Pertamina Patra Niaga sebagai Subholding Commercial & Trading, Pertamina akan memastikan…