Elnusa Bagikan Dividen Rp69 Miliar Dari Laba Bersih

Oleh : Hariyanto | Senin, 15 April 2019 - 17:47 WIB

PT Elnusa Tbk (Foto Ist)
PT Elnusa Tbk (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Elnusa Tbk (Elnusa), perusahaan terkemuka penyedia jasa energi, dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2018 melaporkan kinerja tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2018 dengan capaian positif.

Kinerja tahun ini terealisasi dengan baik atas strategi diversifikasi portofolio dengan fokus pada jasa hulu migas berbasis non-aset serta jasa distribusi & logistik energi.

Pendapatan usaha tumbuh 33%, dari Rp4,9 triliun pada 2017 menjadi Rp6,6 triliun pada 2018. Laba bersih tumbuh 12% dari Rp247 miliar menjadi Rp276 miliar. Pencapaian ini menunjukkan bahwa Elnusa tetap tumbuh dengan baik.

Atas hasil positif ini, RUPST menyepakati untuk membagikan dividen sebesar 25% dari laba bersih, atau senilai Rp69 miliar. Dari nilai tersebut, maka nilai dividen per saham adalah sekitar Rp9,465 dan direncanakan akan dibayarkan paling lambat pada awal Mei 2019.

Selain itu, RUPST juga menyetujui perubahan susunan pengurus Perseroan, untuk anggota Dewan Komisaris maupun Direksi.

“Ada pergantian dua anggota Dewan Komisaris dan Direktur Utama Perseroan. RUPST menyetujui untuk mengangkat Anis Baridwan dan Antonius Ratdomopurbo sebagai Komisaris Independen dan Komisaris, serta Elizar P Hasibuan sebagai Direktur Utama Perseroan. Jabatan Direktur Operasi sementara akan dirangkap oleh Direktur Pengembangan Usaha, Arief Riyanto.” kata Head of Corporate Communications Elnusa – Wahyu Irfan beberapa waktu lalu.

Proses dan keputusan yang terjadi dalam RUPST ini telah sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) nomor 32/POJK.04/2014 tentang Rencana dan Penyelenggaraan RUPS Perusahaan Terbuka. RUPST dihadiri oleh PT Pertamina (Persero) sebagai pemegang saham pengendali dengan kepemilikan saham 41,1%, Dana Pensiun Pertamina 14,9%, serta publik. Jumlah saham yang hadir dalam RUPS ini mencapai 5,359 miliar lembar atau mewakili 73,43% persentase yang hadir.

Elnusa memberikan apresiasi tinggi atas kontribusi segenap Dewan Komisaris dan Direksi yang telah selesai masa baktinya dan berharap kepada susunan pengurus baru untuk terus mengawal kinerja Elnusa untuk lebih baik lagi. Sehingga efektif sejak ditutupnya RUPST, susunan pengurus Perseroan adalah sebagai berikut:

DEWAN KOMISARIS

Komisaris Utama                          : Narendra Widjajanto
Komisaris                                      : Eman Salman Arief
Komisaris                                      : Antonius Ratdomopurbo
(Baru)
Komisaris Independen                 : Lusiaga Levi Susila
Komisaris Independen                 : Anis Baridwan (Baru)

DIREKSI

Direktur Utama                            : Elizar Parlindungan Hasibuan
(Baru)
Direktur Keuangan                       : Hery Setiawan
Direktur SDM & Umum               : RM. Happy Paringhadi JS
Direktur Pengembangan Usaha merangkap Direktur Operasi: Arief Riyanto

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Taman Impian Jaya Ancol (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 20 Juni 2019 - 12:00 WIB

Enam Aktivitas Seru Masuk Taman Impian Jaya Ancol Gratis

Dalam rangka menyambut HUT DKI Jakarta ke-492, Ancol Taman Impian turut merayakan dengan memberlakukan masuk Ancol gratis khusus pada 21 Juni 2019. Kebijakan ini merupakan salah satu yang rutin…

Mentan Amran Sulaiman di Kebupaten Garut

Kamis, 20 Juni 2019 - 11:32 WIB

Indonesia Mencatat Surplus Perdagangan Pertanian Dengan Eropa

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui berbagai unit kerjanya terus melakukan berbagai upaya peningkatan produksi. Upaya itu antara lain dengan membuat program kerja dan trobosan…

OYO Hotels & Homes

Kamis, 20 Juni 2019 - 10:30 WIB

Selama Ramadhan dan Libur Lebaran, OYO Catat Kenaikan Pesanan di Bandung Capai 540 Persen

Tercatat, selama Ramadan dan libur Lebaran 2019, OYO mengalami kenaikan pemesanan di Bandung mencapai 540% dibanding libur Natal dan Tahun Baru 2018.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Kamis, 20 Juni 2019 - 10:03 WIB

Inilah Program Kerja Ditjen IKMA Kemenperin Bawa IKM Nasional Naik Kelas

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) melakukan pembinaan terhadap para pelaku usaha dan calon wirausaha Industri Kecil dan Menengah…

BCA Mobile (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 20 Juni 2019 - 10:00 WIB

BCA-Digitaraya Umumkan Delapan Startup Terpilih Program SYNRGY Accelerator

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sebagai institusi perbankan swasta terbesar di Indonesia terus berinovasi menerapkan transformasi digital untuk turut memajukan ranah ekonomi digital di Indonesia.…