HUT ke-21 Kementerian BUMN Pecahkan Tiga Rekor MURI

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 13 April 2019 - 20:00 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))
Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

INDUSTRY.co.id - Semarang–Tepat hari ini, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memasuki usia ke-21 tahun. Untuk memeriahkan HUT ke-21, Kementerian BUMN kembali mengadakan acara senam sehat di Marina Convention Center (MCC), Semarang, Jawa Tengah.

Menteri BUMN Rini M Soemarno pun turut hadir dalam acara tersebut. Termasuk para direksi dan dirut dari seluruh BUMN di seluruh Indonesia.

Acara yang diikuti oleh 45 ribu pegawai BUMN beserta keluarganya ini dimulai dengan senam sehat bersama. Selain itu di acara, turut mempromosikan aplikasi LinkAja.

LinkAja merupakan layanan teknologi finansial (fintech) besutan Telkom, BRI, BNI, Mandiri, dan BTN. LinkAja menjadi alternatif pembayaran cashless berbasis QR code yang terpercaya bagi masyarakat.

Karena mampu mengintegrasikan layanan uang digital dari 4 bank negara dan T-cash pengguna Telkomsel, operator seluler terbesar di Indonesia.

"Alhamdulillah pagi ini kita kembali dapat berkumpul di sini untuk merayakan HUT ke-21 BUMN. Apalagi Himbara sekarang punya aplikasi pembayaran nontunai bernama LinkAja," kata Menteri Rini.

"Semuanya sudah punya LinkAja? Ayo harus punya. Tadi absensi kehadiran juga pakai LinkAjakan? Saya harap dengan hadirnya LinkAja bisa memberikan kemudahan bagi kita semua yang hadir di sini terutama masyarakat Indonesia apabila hendak berbelanja di mana pun," lanjut Menteri Rini.

Selain itu, Menteri Rini ingin di HUT ke-21 ini, BUMN semakin maju dan terus tumbuh dan berkembang.

Kemudian dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT ke-21, Kementerian BUMN bersama seluruh perusahaan BUMN menggelar sejumlah kegiatan sosial dan edukatif yang menarik sepanjang Maret - April 2019. Kegiatan ini memiliki makna BUMN senantiasa memberikan kontribusi nyata yang sebesar-besarnya untuk negeri, di samping terus mendorong dirinya untuk menjadi pemain tingkat regional.

Beberapa kegiatan sosial dan edukasi yang telah dilakukan, antara lain program BUMN Goes to Campus di perguruan tinggi Indonesia.

Selain itu, digalakkan juga aktivitas sosial yang melibatkan masyarakat yakni program Pangan Murah yang dilakukan oleh 38 BUMN dengan menyalurkan 600.000 paket di 56 kota dan kegiatan Bersih-bersih Kampung Sehat di 18 kota dengan melibatkan 11.000 warga.

Selain itu, melalui program BUMN Goes to Campus telah melibatkan 27 BUMN serta 30.000 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di berbagai wilayah Indonesia, seperti Karawang, Riau, Tasikmalaya, Lampung, dan Padang. 

Program ini memuat agenda seperti CEO Talks, Kelas Kreatif, Magang & Vokasi Bersertifikasi untuk 10 ribu mahasiswa, dan perekrutan bersama BUMN untuk 11 ribu orang.

Tumpeng di HUT Kementerian BUMN Raih Rekor Muri

Acara HUT ke-21 Kementerian BUMN turut menghadirkan tumpeng yang menjadi saksi sejarah dalam perayaan HUT ke21 BUMN. Tumpeng yang dihadirkan ini juga masuk dalam rekor MURI.

Tumpeng ini memiliki lebar sekitar 6x6 meter dan tinggi 4,13 meter yang berbentuk Candi Borobudur. Muri memberikan 3 rekor kepada Kementerian BUMN.

"Rekor pertama yaitu sajian nasi kuning terbanyak. Yaitu ada 5.821 porsi. Rekor kedua, replika Borobudur terbesar dari nasi kuning yaitu tinggi 4,13 meter  lalu terakhir rekor transaksi terbanyak yaitu 35 ribu dalam waktu kurang dari 5 jam dengan QR Code," kata perwakilan MURI

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…