Siloam Hospitals Manado Gelar Talkshow Dampak Gadget pada Perkembangan Anak

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 13 April 2019 - 10:01 WIB

Siloam Hospitals Manado Gelar Talkshow Dampak Gadget pada Perkembangan Anak
Siloam Hospitals Manado Gelar Talkshow Dampak Gadget pada Perkembangan Anak

INDUSTRY.co.id - Manado- Di zaman milenial sekarang ini banyak dari orang tua memberikan gadget pada anak sebagai salah satu solusi bagi mereka agar sang anak tidak rewel dengan alasan dapat mengalihkan perhatiannya kebiasaan dari orang tua yang sudah tidak disarankan ini berujung dampak negatif bagi sang anak di pertumbuhan usianya dampak negatif yang dialami sang anak adalah mereka akan rentan mengalami ketergantungan ketika berhadapan dengan dunia nyata ironisnya ketiga ditelisik lebih jauh pengaruh gadget pada anak juga mengakibatkan anak kurang berkonsentrasi dalam pelajaran sehingga membuat nilai-nilai pelajaran di sekolah cenderung tidak bagus.

Untuk itu sudah saatnya para orangtua dapat mencegah dengan cara membatasi durasi penggunaan selama dua jam sehari untuk anak anak atau maksimal tiga jam bagi mereka yang menginjak usia remaja.

Dijelaskan bahwa belakangan ini orangtua kurang memberikan pengertian tentang waktu penggunaan gadget pada anak, orangtua senang dengan kondisi anak yang diam tanpa gerak aktivitas yang berlebihan.

Yang harus dilakukan untuk mencegah dari ancaman teknologi yang dalam hal ini yaitu gadget adalah Pelajari, Pahami, Batasi, Awasi.

Siloam Hospital Manado menggelar acara talk show tentang "Dampak Gadget pada perkembangan anak" di Lobby rumah sakit pada Jumat 12 April 2019.

Sementara itu Magdalena Molenar selaku Head Division, saat membuka acara mengihimbau kepada pada orangtua agar materi yang akan disampaikan dapat menjadi pengetahuan yang bermanfaat sehingga tumbuh kembang anak sesuai dengan yang diharapkan tanpa adanya keluhan di kemudian hari.

Hanna Monareh, M,Psi, Psikolog selaku pembicara mengatakan bahwa dampak gadget pada anak bisa ke arah yang positif tetapi bisa juga berdampak ke arah yang negatif, hal ini karena anak jaman now adalah seorang yang multitasking karena cepat beradaptasi dengan lingkungan.

Dampak negatif yang banyak dialami oleh anak adalah speech delay (lambat bicara) dan akan diperparah dengan kondisi autisme.

Dalam sesi tanya jawab salah seorang pengunjung, Devita Puluan (36) tinggal di daerah limolas bertanya kepada pembicara, bahwa anaknya harus pegang hape kalau ingin makan, kalau tidak pegang hape dia tidak mau makan.

Dijelaskan Hanna bahwa,” "Berdasarkan penelitian sebelum usia anak 2 tahun dilarang terkontaminasi dengan gadget karena akan menjadi sebuah kebutuhan buat sang anak..maka sang anak akan berperilaku saya tidak akan makan kalau tidak punya gadget", jelasnya

Ditambahkan bahwa pola asuh orangtua sangat berpengaruh dalam hal ini, artinya jangan ikuti kemauan anak. Tidak usah khawatir akan anak yang akan menangis karena pada saatnya dia lapar maka dia akan meminta makan dengan sendirinya, imbuhnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…

Direktur Utama BRI Sunarso

Kamis, 25 April 2024 - 11:47 WIB

BRI Bukukan Laba Rp15,98 Triliun di Triwulan I 2024

Di tengah dinamika kondisi ekonomi dan geopolitik global yang penuh dengan tantangan, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mampu membukukan pertumbuhan laba yang positif, dimana hingga akhir…