KMWI Genjot Penjulan AMMDes Lewat Dua Segmen Pasar

Oleh : Ridwan | Jumat, 12 April 2019 - 19:05 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto ketika melakukan kunjungan kerja ke PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) di Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto ketika melakukan kunjungan kerja ke PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) di Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

INDUSTRY.co.id - Bogor - Alat Mekanik Multifungsi Pedesaan (AMMDes) yang menjadi salah satu realisasi program Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai mampu meningkatkan produktivitas petani dan juga industri kecil dan menengah. Pasalnya, terdapat 63 perusahaan lokal yang terlibat dalam proses pembuatan AMMDes. 

"Ada 63 perusahaan lokal yang terlibat dalam proses pembuatan AMMDes, ditambah efek dominonya yang juga bisa dirasakan oleh masyarakat luas," kata Presiden Direktur PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) Reza Treistanto saat Workshop & Family Gathering Forum Wartawan Industri (Forwin) di Puncak, Bogor, Jumat (12/4).

Ditambahkan Reza, AMMDes juga memberikan multiplier effect yang mampu dirasakan oleh masyarakat luas. "AMMDes akan kami jual beserta aplikasinya. Nah, Aplikasinya ini dibuat oleh anak bangsa, mulai dari mesin pengolahan beras, jagung, kopi dan masih banyak lagi yang lainnya," terang Reza.

Reza menjelaskan, pihaknya selaku produsen AMMDes berencana menggenjot penjualan alat multiguna pedesaan ini ke berbagai daerah. Ia berujar tingginya potensi penjualan dan juga banyaknya efek positif yang dihasilkan dari hadirnya AMMDes di pedesaan menjadi salah satu alasan perusahaan untuk memaksimalkan ragam jalur yang dimilikinya.

"Saat ini KMWI memiliki kapasitas produksi sebanyak 3.000 unit per tahun. Rencananya perusahaan akan meningkatkan kapasitas terpasangnya menjadi 12 ribu unit per tahun di 2020," jelas Reza.

Menurut Reza, perseroan membagi segmen pemasarannya menjadi dua bagian. Pertama adalah melalui pemerintah dan kedua adalah dengan menjualnya secara perorangan kepada masyarakat di desa. Untuk target penjualan di segmen pemerintah, pada bulan ini KMWI berencana mendaftarkan produk AMMDes-nya dalam katalog elektronik atau e-catalogue, sehingga Kementerian ataupun Lembaga pemerintah lainnya yang ingin membelinya dapat mengaksesnya melalui Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Sedangkan untuk penjualan langsung kepada masyarakat, KMWI bekerjasama dengan salah satu entitas usahanya yaitu PT Kiat Mahesa Wintor Distributor (KMWD). 

"Di Indonesia terdapat 74 ribu desa, jika setiap desa melakukan pemesanan sebanyak 2 unit, tentu jumlahnya akan sangat signifikan," ungkap Reza.  

Lebih lanjut, Reza mengungkapkan bahwa AMMDes merupakan solusi untuk mengurangi kesenjangan dari desa. "Jika perusahaan swasta juga memikirkan hal yang sama dan menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) untuk membeli AMMDes, maka masyarakat desa bisa menjadi lebih sejahtera," harapnya.

AMMDes sendiri saat ini baru tersedia dalam model off road, namun KMWI juga tengah berencana untuk meluncurkan AMMDes untuk on road.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:45 WIB

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Jakarta - Koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral serta sosialisasi kebijakan yang masif menjadi kunci keberhasilan mudik sehat dan aman. Hal ini penting dilakukan mengingat jumlah pemudik…

Bank Mandiri saat menyerahkan santunan ke Yatim dan Dhuafa

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:34 WIB

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Bank Mandiri kembali berbagi kebersamaan di bulan suci Ramadan dengan masyarakat sekitar. Kali ini, Bank Mandiri bersama anak perusahaan memberikan bingkisan kepada 57.000 anak yatim dan duafa,…