Kemenaker Terus Tingkatkan Daya Saing SDM Melalui Strategi Triple Skilling

Oleh : Hariyanto | Rabu, 10 April 2019 - 20:23 WIB

Kepala Biro (Karo) Humas Kemenaker Soes Hindharno
Kepala Biro (Karo) Humas Kemenaker Soes Hindharno

INDUSTRY.co.id - Makassar - Memasuki tahun pengembangan SDM di 2019 ini, pemerintah terus berfokus kepada penanganan masalah-masalah sumber daya manusia (SDM) seperti meningkatkan kuantitas dan penyebaran pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi.

Dalam sambutan Press Tour dengan tema “Sinergi Pers dan Pemerintah dalam Pembangunan SDM Indonesia” di Makasar, pada 10 - 12 April 2019, Sekretaris Jenderal,
Kementerian Ketenagakerjaan,
Khairul Anwar yang di wakili oleh Kepala Biro (Karo) Humas Kemenaker Soes Hindharno, pihaknya meyakini bahwa Sumber Daya Manusia Indonesia tidak kalah bila dibandingkan dengan negara lain.

"Maka kita harus bersemangat meningkatkan potensi diri. Pemerintah akan terus berupaya membuat program dan terobosan untuk peningkatan daya saing manusia Indonesia melalui strategi triple skilling, yakni skilling, upskilling dan reskilling," kata Soes Hindharno di Makassar, Rabu (10/4/2019).

"Bagi tenaga kerja yang belum punya keterampilan dapat mengikuti  program skilling agar punya keahlian di bidang tertentu. Sementara itu, bagi tenaga kerja yang telah memiliki skill dan membutuhkan peningkatan akan masuk program upskilling. Sedangkan yang ingin beralih skill dapat masuk ke program reskilling," lanjutnya.

Tiga program tersebut, lanjutnya, sengaja dimajukan untuk memastikan agar daya saing tenaga kerja lebih baik dan sesuai dengan perubahan di pasar kerja. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Rini: BUMN Ikut Cetak Atlet Muda Kelas Dunia

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:30 WIB

Menteri Rini: BUMN Ikut Cetak Atlet Muda Kelas Dunia

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno mendorong BUMN terus berkontribusi untuk memajukan olahraga di Tanah Air melalui pembinaan atlet-atlet dan berbagai program pemberdayaan.

Galaxy Note 10+ (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:11 WIB

Samsung Resmi Meluncurkan Galaxy Note 10 dan 10+ Untuk Pasar Indonesia

Kekuatan performance, keindahan desain, kemampuan untuk berkreasi, dan fitur produktivitas dukung pengguna dalam berbagai pekerjaan dan passion yang mereka lakukan bersamaan.

EnGenius Cloud, Solusi Jaringan Berbasis Cloud Kemudahan Bagi SME

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:00 WIB

EnGenius Cloud, Solusi Jaringan Berbasis Cloud Kemudahan Bagi SME

EnGenius Networks Singapore Pte Ltd, perusahaan jaringan nirkabel multinasional terkemuka, yang telah berpengalaman dalam solusi hardware dan software untuk perusahaan kecil dan menengah selama…

PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) (ist)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 08:32 WIB

Semester I 2019, Pendapatan TBIG Rp2,2 Triliun

Jakarta -- PT Tower Bersama Infrastructure Tbk mencatat pendapatan dan EBITDA masing-masing sebesar Rp2.277 miliar dan Rp1.941 miliar untuk periode enam bulan yang berakhir pada tanggal 30 Juni…

Kegiatan Semen Tonasa, salah satu produk Semen Indonesia

Kamis, 22 Agustus 2019 - 08:01 WIB

Semen Indonesia Siap Bersaing di Pasar Regional

Jakarta – Di tengah kondisi pasar semen nasional yang kompetitif, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk berhasil mencatatkan volume penjualan hinga Juli 2019 untuk pasar semen domesik diluar Solusi…