Airbus-GMF Sepakat Perawatan Komponen Pesawat

Oleh : Herry Barus | Selasa, 02 April 2019 - 20:00 WIB

Bruno Bousquet -Tazar Marta Kurniawan dan I Wayan Susena, Direktur Teknis Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)
Bruno Bousquet -Tazar Marta Kurniawan dan I Wayan Susena, Direktur Teknis Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Airbus menunjuk GMF AeroAsia sebagai penyedia layanan perbaikan beberapa komponen pesawat Airbus. Penandatanganan perjanjian kerja sama antara Airbus dan GMF AeroAsia diselenggarakan di hangar GMF Bandara Soekarno Hatta, Selasa (2/4/2019)

Melalui kessepakatan ini , GMF AeroAsia sebagai anak perusahaan Garuda yang menangani layanan perawatan, perbaikan dan overhaul (MRO) pesawat dapat membantu maskapai operator A32- dan A330 di Indonesia dan Asia Tenggara langsung dari fasilitas perawatan milik GMF di Jakarta. Hal ini dapat membantu maskapai memangkas biaya dan waktu yang diperlukan untuk perbaikan pesawat secara signifikan.

Head of Customer Services Airbus Asia Pacific Bruno Bousquet mengatakan melalui kesepakatan ini GMF dapat membantu maskapai operator A320 dan A330 di Indonesia dan Asia Tenggara langsung dari fasilitas perawatan milik GMF di Jakarta. 

"Hal ini dapat membantu maskapai memangkas biaya dan waktu yang diperlukan untuk perbaikan pesawat secara signifikan," kata Bruno Bousquet.

Bousquet menambahkan perjanjian kerja sama ini sejalan dengan komitmen Airbus Flight Hours Services (FHS) untuk memberikan komponen secara tepat waktu, di mana pun mereka dibutuhkan.

“Hal ini juga memperkuat kesuksesan kemitraan jangka panjang antara Airbus, Garuda Indonesia GMF AeroAsia serta menunjukkan dukungan kami terhadap perkembangan sektor aviasi Indonesia,” kata Bruno Bousquet.

Dalam perjanjian ini Airbus menyerahkan sejumlah komponen diantaranya landing gear control interface unit, static inverter dan slatflap control compuer. Selain itu, aka nada tembahan Part Number lainnya yang diserahkan oleh Airbus

Sementara itu di tempat yang sama Tazar Marta Kurniawan, Direktur Bisnis dan Base Operation GMF AeroAsia menngaatakan, "Kepercayaan ini merupakan kesempatan bagi kami untuk mengukuhkan kiprah kami di dunia, khususnya pada bidang perawatan komponen. Selain itu dengan kerja sama ini, GMF dapat meningkatkan kapabilitas dan memberikan pelayanan kepada lebih banyak maskapai di regional Asia.”

Bermitra dengan Airbus bukanlah hal baru bagi GMF. Sebelumnya, pada 2013 GMF resmi ditunjuk sebagai pusat pelatihan perawatan pesawat keluaran Airbus.

GMF dipercaya sebagai Approve Training di area area regional Asia Tenggara dan sekitarnya untuk pesawat tipe Airbus A320 CEO dan A320 NEO. Adapun kerja sama ini diperbaharui pada tahun 2018 dengan menambah beberapa cakupan pelatihan untuk untuk Engine Ground Run Up Airbus A320 dan A330 serta Extended-range Twin-engine Operational Performance Standards (ETOPS) Training dengan jangka waktu 5 tahun.

Program yang disepakati GMF dengan salah satu pabrikan pesawat terbesar di dunia ini merupakan bentuk akselerasi GMF untuk mencapai visinya menjadi sepuluh besar MRO di dunia.

"Kami terus membuka peluang untuk berkolaborasi. Tidak hanya dengan MRO lain, kami juga tidak menutup kesempatan untuk bermitra dengan pabrikan pesawat kelas dunia," pungkasnya.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…