Siloam Hospitals Bogor Jelaskan Perbedaan Stunting-Gizi Buruk

Oleh : Herry Barus | Minggu, 10 Maret 2019 - 19:00 WIB

Siloam Hospitals Bogor Jelaskan Perbedaan Stunting-Gizi Buruk (Foto Dok Industry.co.id)
Siloam Hospitals Bogor Jelaskan Perbedaan Stunting-Gizi Buruk (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Bogor - Pengertian 'stunting' bagi masyarakat awam kerap diartikan dengan istilah gizi buruk. Namun, sebenarnya Stunting dan gizi buruk adalah dua hal yang berbeda.

Dokter spesialis anak dari Siloam Hospitals Bogor, dr. Melisa A, MBiomed, SpA mengatakan, stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang lama. "Stunting lebih kepada kurangnya tinggi badan dibandingkan pada usia yang sama yang biasa umum terjadi pada anak balita," jelas dr. Melisa.

Menurut dr. Melisa, “Awal terjadinya stunting disebabkan oleh gizi buruk karena kurangnya asupan gizi yang sesuai tubuh, yang mengakibatkan kurang tingginya anak pada usia yang sama sekitar (-2cm) berdasarkan standarisasi WHO dan dikuti dengan berat badan yang kurang dari standar pada anak umumnya. Jadi stunting ini adalah akibat dari gizi buruk yang berkepanjangan, " imbuhnya mengingatkan disela acara diskusi edukasi tentang gizi buruk yang diadakan Siloam Hospitals Bogor, Sabtu, 9/3/2019 di Bogor.

Adapun guna turut  membantu meningkatkan kualitas hidup dan sinergi layanan masyarakat, khususnya pasien anak yang mengidap stunting, Siloam Hospitals Bogor senantiasa selalu terbuka dalam melayani keluhan ataupun konsultasi bagi keluarga terhadap buah hatinya.

"Kami berharap dapat terus membantu meningkatkan kualitas hidup dan sinergi layanan masyarakat, khususnya pasien anak yang mengidap stunting. Siloam Bogor dapat memberikan pelayanan yang dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat dan menjadi pilihan terpercaya, khususnya di wilayah bogor, " sebut Direktur Eksekutif Siloam Hospitals Bogor Liediawaty Shahaan kepada sejumlah awak media dalam diskusi tersebut.

Pihak Siloam Hospitals Bogor turut serta menanggulangi kasus stunting melalui  pemeriksaan secara berkala kepada  ibu hamil. Pemberian nutrisi dan juga pada saat proses persalinan baik secara normal maupun sesar selalu menyarankan untuk melakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) pada sang ibu.

"Karena IMD merupakan starting awal untuk penetrasi eksklusif pada bayi," papar Direktur Eksekutif Siloam Hospitals Bogor Liediawaty Shahaan menjelaskan.

Ditambahkan Liediawaty Shahaan, daerah Bogor terdapat  sekitar 2 dari 10 anak mengalami stunting setiap bulan.

Di tempat yang sama, dr. Melisa, menyatakan gizi buruk bisa dicegah dengan diberikan ASI eksklusif dan saat usia mulai 6 bulan harus diberi asupan makanan pendamping ASI yang sesuai dengan tinggi protein, karbohidrat dan lemak sampai anak mulai mengkonsumsi makanan padat.

Pemerintah saat ini sedang menggalakan program 1000 hari kehidupan yang dimulai dari usia kandungan 9 bulan sampai usia 2 tahun, karenanya asupan nutrisi merupakan hal penting yang sesuai  diberikan dengan kebutuhan sang bayi. Tambahan vitamin dan zat besi selama masa kehamilan termasuk hal utama bagi sang ibu.

Perkara Stunting sedang marak dibicarakan. Kasus Stunting di Indonesia berada diurutan kedua setelah Laos untuk wilayah Asia Tenggara. menambahkan.

Indonesia pada tahun 2012, kurang lebih 8 juta anak usia balita mengalami stunting, yang dalam persentasi sekitar 37,2% atau 1 dari 3 anak usia balita.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin