Tonggak Baru Hubungan RI-Australia Dimulai

Oleh : Ridwan | Senin, 04 Maret 2019 - 17:10 WIB

Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto berbincang dengan Menteri Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi Australia Simon Birmingham MP (Foto: Kemenperin)
Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto berbincang dengan Menteri Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi Australia Simon Birmingham MP (Foto: Kemenperin)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) telah resmi ditandatangani. Penandatanganan dilakukan oleh Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita dan Menteri Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi Australia Simon Birmingham, dan disaksikan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menilai IA-CEPA merupakan tonggak baru hubungan Indonesia dan Australia yang mencapai tingkat lebih tinggi. 

Selain itu, tambahnya, kemitraan komprehensif ini tidak hanya berisi perjanjian perdagangan barang, jasa dan investasi saja, tetapi juga kerja sama ekonomi yang lebih luas.

"Cakupan kemitraan yang komprehensif ini akan memberikan dampak positif kepada perekonomian Indonesia dan Australia dalam jangka panjang," kata Airlangga di Jakarta, Senin (4/3).

Melalui IA-CEPA, konsep kemitraan akan menjadikan Indonesia-Australia sebagai suatu economic powerhouse, yaitu kolaborasi keunggulan komparatif dari kedua negara untuk mendorong produktivitas ekspor dan daya saing di pasar negara ketiga. 

Melalui economic powerhouse dalam IA-CEPA, diharapkan Indonesia dapat mengejar ketertinggalannya dalam integrasi dengan global value chains. Dibandingkan negara lainnya di kawasan Asia Tenggara yang telah memiliki banyak FTAs, Indonesia cukup tertinggal. 

Sebagai ilustrasi, apabila konsep kemitraan IA-CEPA diterapkan pada industri makanan olahan berbahan dasar gandum (pasta, mie instan, spaghetti), maka daya saing industri tersebut di pasar dunia dapat ditingkatkan melalui pendekatan yang komprehensif.

Misalnya, dari aspek perdagangan barang, IA-CEPA menjadikan bahan baku industri makanan olahan (seperti gandum asal Australia) lebih terjangkau bagi industri Indonesia, sehingga produk Indonesia lebih kompetitif di pasar global.

Kemudian, di sisi jasa dan Investasi, IA-CEPA akan memberikan stimulus agar investor Australia menanamkan modalnya pada sektor pendidikan tinggi dan vokasional khususnya dalam pengolahan makanan. Investasi Australia akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia industri makanan olahan di Indonesia.

Selanjutnya, tenaga kerja Indonesia di industri makanan olahan dapat lebih meningkatkan keterampilannya melalui program skill exchange dengan perusahaan Australia. Selain itu, tenaga kerja Indonesia diberikan kemudahan untuk memperoleh work holiday visa dan training visa di Australia.

Bahkan, dalam kerangka IA-CEPA, bisa pula membuka peluang kerja sama ekonomi dalam pengembangan food innovation centre yang akan memberikan input dalam hal riset di sektor makanan yang akan berguna bagi industri makanan olahan Indonesia.

Menurut Menperin, yang spesial dari IA-CEPA apabila dibandingkan dengan perundingan lainnya adalah adanya keterlibatan para pelaku swasta sejak awal, melalui Indonesia-Australia Business Partnership Group (IA-BPG) untuk memberikan pandangan dan masukan terhadap proses perundingan dan studi kelayakan IA-CEPA saat awal pembentukan. 

"Setelah IA-CEPA ditandatangani, diharapkan keterlibatan para pelaku usaha ini terus berlanjut. Para pelaku usaha perlu mempelajari kesempatan-kesempatan yang dihasilkan dari IA-CEPA, sehingga ketika IA-CEPA mulai berlaku, manfaatnya langsung dapat dinikmati oleh para pelaku usaha," tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…