Menko Luhut Pandjaitan Dukung Pembangunan Sektor Pariwisata Batam

Oleh : Herry Barus | Kamis, 17 Januari 2019 - 10:00 WIB

Menko Luhut Binsar Pandjaitan (doK KemenkoMaritim)
Menko Luhut Binsar Pandjaitan (doK KemenkoMaritim)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mendukung rencana percepatan pembangunan sektor pariwisata dan industri di Bintan, Kepulauan Riau dan menilai pulau tersebut bisa menjadi dua kali lebih besar dari negara tetangga, Singapura.

"Jadi Bintan ini bisa menjadi dua kali lebih besar dari Singapura. Pariwisata itu penting, tapi yang menjadi kunci adalah kebersihan. Bintan juga harus bekerja sama dalam masalah kebersihan," kata Luhut pada peninjauan ke Lobam, Pulau Bintan, Selasa, seperti dikutip dari keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (16/1/2019)

Ia menegaskan potensi besar Bintan sebagai destinasi wisata menyusul digelarnya 12 acara yang sudah berhasil dilaksanakan. Menurut dia, hal itu menjadi sebuah prestasi yang luar biasa bagi pengembangan sektor pariwisata di Pulau Bintan.

Mantan Menko Polhukam itu juga mengungkapkan sejumlah poin bahasan penting terkait pembangunan pelabuhan dan bandara yang dapat mendukung pariwisata dan industri.

"Kami sudah membahas beberapa poin penting. Mengenai pelabuhan, tidak ada masalah. Saya bilang, semua tancap saja dan untuk perizinan ya gampang itu, asalkan kepentingan nasional akan kita urus," ujarnya.

Sementara itu, terkait laporan mengenai limbah hitam di Pulau Bintan, Luhut menegaskan pemerintah menaruh perhatian pada hal ini. 

"Proses monitor sudah mulai dilakukan menggunakan bantuan satelit, untuk melihat kapal mana saja yang menjadi sumber masalah, dan nantinya akan segera ditindak," katanya.

Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan akan melakukan rekomendasi Luhut terkait kebersihan, demi mendukung sektor pariwisata, termasuk meminimalisir penggunaan plastik.

"Kami dari pemerintah daerah akan segera mengeksekusi melalui Keputusan Bupati atau Peraturan Gubernur," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI Syariah Salurkan Pembiayaan Sindikasi Cimanggis Cibitung Tollways Rp 400 Miliar

Rabu, 24 April 2019 - 23:26 WIB

BNI Syariah Salurkan Pembiayaan Sindikasi Cimanggis Cibitung Tollways Rp 400 Miliar

BNI Syariah turut berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur. Salah satunya adalah dengan berpartisipasi dalam pembiayaan sindikasi pembangunan proyek jalan tol.Terbaru, BNI Syariah ikut…

Iffan Suryanto-President Director Electrolux Indonesia, bersama Barli Asmara-Indonesia Fashion Designer dan Chandra Yudasswara-Electrolux Chef.

Rabu, 24 April 2019 - 23:18 WIB

Electrolux100YearsOfBetterLiving Wujudkan Hidup Lebih Baik bersama Electrolux

Tepat satu abad sudah Electrolux mendampingi pelanggan di seluruh dunia dengan berbagai inovasinya, membantu membentuk kehidupan yang lebih membahagiakan dan berkelanjutan bagi ratusan juta…

Direktur Utama Bank, BTN, Maryono, sedang memberikan kuliah umum di kampus Universitas Andalas di Padang, Sumatera Barat, Rabu (24/04/2019)

Rabu, 24 April 2019 - 22:38 WIB

Bank BTN Berharap Dunia Kampus dapat Beradaptasi dengan Teknologi Digital

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menilai dunia pendidikan perlu dibekali pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan zaman sehingga lulusannya mampu beradaptasi dengan kemajuan…

Sriyono pengrajin kain pantai Sukoharjo yang mendunia

Rabu, 24 April 2019 - 22:09 WIB

Kisah Sukses Sriyono Pengrajin Kain Pantai Sukoharjo yang Mendunia

Di Kabupaten Sukoharjo banyak pelaku UMKM yang sukses membangun usahanya setelah mendapat pinjaman bunga lunak dari LPDB melalui BPR Kartarsura Makmur.

Hoshino Resorts Aomoriya

Rabu, 24 April 2019 - 22:00 WIB

Hoshino Resorts Aomoriya Terpilih Jadi Salah Satu dari 20 Ryokan Terbaik di Jepang

Perusahaan Manajemen Hotel, Hoshino Resorts melalui salah satu cabangnya, Hoshino Resorts Aomoriya, dinobatkan untuk pertama kalinya dalam "Top20 Ryokans in Japan by International Travelers…