IITCF Sarankan Traveler ke Eropa Gunakan Travel Bertanggung Jawab

Oleh : Wiyanto | Jumat, 21 Desember 2018 - 16:36 WIB

Chairman Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF) H. Priyadi Abadi, M.Par sedang memaparkan peran penyelenggaraan tour ke Eropa di Jakarta.
Chairman Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF) H. Priyadi Abadi, M.Par sedang memaparkan peran penyelenggaraan tour ke Eropa di Jakarta.

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Tour Leader harus update dengan situasi terkini yang terjadi, di Eropa seperti memanasnya situasi demo dikota Paris, modus-modus kejahatan seiring tingkat kriminalitas yang naik tajam ataupun merk-merk branded yang sering diburu oleh pelancong kita, juga dengan terjun langsung mengurusi segala kebutuhan peserta tour.

Menurut Chairman Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF) H. Priyadi Abadi, M.Par, pengurusan itu mulai dari bangun pagi sampai peserta tour terlelap dikamar hotelnya, antara lain memastikan/mencari ruangan santap pagi, mengurusi koper-koper peserta, check out hotel dengan memastikan master bill , lokasi/menu restoran makan siang dan malam, bus yang nyaman dengan segala perlengakapannya seperti CD/DVD utk memutar lagu atau film, tempat objek wisata, dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk menggunakan lokal guide fullday di Eropa akan menambah biaya yang sangat tinggi, terlebih lagi lokal guide Eropa hitungannya per jam, dan itu tak lazim dilakukan oleh travel Indonesia, ujarnya di Jakarta, Jumat (21/12/2018).

Perusahaan travel, tambah Priyadi, harus mempersiapkan Tour Leader yang handal dan berpengalaman dilapangan, salah satu contoh kecil saja lokasi toiletpun harus dikuasai karena akan bedampak fatal bila peserta tour sedang kebelet pipis. Jika tidak maka akan berdampak pada tingkat kepuasan wisatawan, yang itu akan berdampak pada kepercayaan terhadap perusahaan penyelenggara.

Adanya kasus travel abal-abal, Tour Leader yang tidak bertanggung jawab, isu keamanan di Eropa harus bisa menjadi pelajaran berharga bagi perusahaan travel untuk meningkatkan kualitas layanannya, jelasnya.

Dalam rangka meminimalisir persoalan tour ke Eropa, IITCF menggelar talk show bertajuk Europe Sharing Destination yang dimoderatori langsung oleh H. Priyadi Abadi, M.Par dengan mengundang beberapa narasumber yang juga Senior Europe Tour Leader berpengalaman, seperti Herry Marhono Owner HM Management dan Founder ITLA serta Mr. Ivo Kwok Founder Face 2 Face Tourism Educational Management dan Rudiana Founder ITLA.

Menurut Priyadi, acara talk show ini dihadiri sekitar 60 an para pengelola travel dan para tour leader serta 25 an media cetak maupun online yang akan meliput acara ini. Ia berharap dari acara ini nantinya akan ada pencerahan seputar penyelenggaraan tour ke Eropa yang aman dan nyaman.

Insya Allah untuk menindaklanjuti talk show ini, IITCF akan kembali menggelar educational trip ke Eropa pada 11 Februari 2019 yang akan diikuti oleh penyelenggara travel dan tour leader, jadi bukan hanya teori tapi langsung praktik di lapangan, jelasnya.

Tak lupa Priyadi juga menyampaikan rasa hormat dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang turut berpartisipasi memeriahkan acara ini, seperti grand prize 1 full package tour jejak jejak Rosul Cairo - Jordan Jerusalem persembahan dari Amoures Tour operator, 5 buah voucher carefour dari Kuoni Travel Expert serta masih banyak hadiah menarik lainnya, so tunggu apa lagi segera daftar karena tempat terbatas, raih ilmu nya dan dapatkan networknya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…