Permintaan Semen Turun 25 Juta-30 Juta Ton

Oleh : Herry Barus | Kamis, 20 Desember 2018 - 17:44 WIB

PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) (Foto Ist)
PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Kotabaru- Permintaan semen secara nasional turun di kisaran 25 juta - 30 juta ton selama periode 2018, akibat dari beberapa faktor.

"Jadi ada kapasitas produksi antara 25-30 juta ton tidak terpakai," kata Departemen Corporate Social Responsibility (CSR) PT Indocement Tunggal Prakarsa, pabrik Tarjun, H Teguh Iman Wibowo, Rabu (19/12/2018)

Menurut Teguh, salah satu faktor turunya permintaan akan semen adalah belum membaiknya ekonomi, dan faktor kebijakan pemerintah terkait pembangunan.

Salah satu dampak dari menurunya permintaan tersebut berimbas pada produksi semen merk Tiga Roda yang diproduksi oleh PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk.

"Hingga akhir November produksi kita baru kisaran 80 persen dari target, yakni sekitar 2,2 juta ton, yang berupa semen curah dan kemasan," terangnya kepada awak media.

Produksi tersebut habis diserap pasar dengan total sekitar 2,3 juta ton, hingga periode 15 Desember 2018.

Teguh menjelaskan, pasar yang menyerap semen produksi Indocement tersebut adalah murni pasar domestik, sementara untuk pasar ekspor menajemen masih lebih fokus ke pasar domestik.

Pihaknya berharap, periode 2019 pasar kembali membaik. Sehingga target penjualan dan produksi yang belum bisa dicapai selama 2018 dapat tertutupi.

Sementara itu, hingga saat ini di Indonesia terdapat 17 produsen dari tujuh perusahaan semen.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Chubb General Insurance Indonesia secara resmi meluncurkan aplikasi layanan klaim inovatif telepon seluler di Indonesia bernama Chubb Mobile Assistance pada Senin (4/12)

Selasa, 21 Mei 2019 - 17:29 WIB

Chubb Gandeng Airy Hadirkan Asuransi Perjalanan

PT Chubb General Insurance Indonesia (Chubb) hari ini mengumumkan kerja sama penyediaan asuransi perjalanan dengan Airy, salah satu perusahaan Accommodation Network Aggregator (ANO) terkemuka…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 21 Mei 2019 - 16:45 WIB

Triwulan I/2019, Sejumlah Sektor Industri Manufaktur Catatkan Kinerja Positif

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, sejumlah sektor industri manufaktur mampu mencatatkan kinerja positif di atas pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan I tahun 2019.

Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa, Direktorat Jenderal HKI Kemenhum-HAM, Brigjen Pol Reinhard Silitonga

Selasa, 21 Mei 2019 - 15:31 WIB

Direktorat Jenderal HKI Tutup Ratusan Portal E-Dagang Bermasalah

Jakarta - Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kementrian Hukum - HAM melalui Direktorat Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa telah menutup ratusan portal e-Dagang bermasalah yang…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat pembukaan Bazar Lebaran di Plasa Industri Kemenperin

Selasa, 21 Mei 2019 - 15:05 WIB

Penuhi Kebutuhan Pegawai dan Masyarakat, Kemenperin Gelar Bazar Lebaran

Kementerian Perindustrian senantiasa mendorong sektor industri manufaktur agar siap memenuhi kebutuhan konsumen terutama di pasar domestik selama bulan Ramadan dan Lebaran.

Hoshinoya Guguan

Selasa, 21 Mei 2019 - 14:45 WIB

Resort Pemadian Air Panas Mewah di Taiwan, Hoshinoya Guguan Akan Resmi Dibuka pada 30 Juni 2019

Perusahaan Manajemen Hotel Terkemuka, Hoshino Resorts akan segera membuka HOSHINOYA di Guguan wilayah pemandian air panas yang terletak di pinggiran kota Taichung, Taiwan, pada 30 Juni 2019…