Permintaan Semen Turun 25 Juta-30 Juta Ton

Oleh : Herry Barus | Kamis, 20 Desember 2018 - 17:44 WIB

PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) (Foto Ist)
PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Kotabaru- Permintaan semen secara nasional turun di kisaran 25 juta - 30 juta ton selama periode 2018, akibat dari beberapa faktor.

"Jadi ada kapasitas produksi antara 25-30 juta ton tidak terpakai," kata Departemen Corporate Social Responsibility (CSR) PT Indocement Tunggal Prakarsa, pabrik Tarjun, H Teguh Iman Wibowo, Rabu (19/12/2018)

Menurut Teguh, salah satu faktor turunya permintaan akan semen adalah belum membaiknya ekonomi, dan faktor kebijakan pemerintah terkait pembangunan.

Salah satu dampak dari menurunya permintaan tersebut berimbas pada produksi semen merk Tiga Roda yang diproduksi oleh PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk.

"Hingga akhir November produksi kita baru kisaran 80 persen dari target, yakni sekitar 2,2 juta ton, yang berupa semen curah dan kemasan," terangnya kepada awak media.

Produksi tersebut habis diserap pasar dengan total sekitar 2,3 juta ton, hingga periode 15 Desember 2018.

Teguh menjelaskan, pasar yang menyerap semen produksi Indocement tersebut adalah murni pasar domestik, sementara untuk pasar ekspor menajemen masih lebih fokus ke pasar domestik.

Pihaknya berharap, periode 2019 pasar kembali membaik. Sehingga target penjualan dan produksi yang belum bisa dicapai selama 2018 dapat tertutupi.

Sementara itu, hingga saat ini di Indonesia terdapat 17 produsen dari tujuh perusahaan semen.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Kamis, 26 Mei 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Hadiri Pernikahan Ketua MK dengan Idayati

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo turut bahagia atas kelancaran prosesi pernikahan Ketua Hakim Mahkamah Konstitusi Anwar Usman dengan adik kandung Presiden…

Presiden Jokowi

Kamis, 26 Mei 2022 - 17:19 WIB

Pandemi Melandai, Presiden Jokowi Harap Aktivitas Seni dan Budaya Bangkit

Presiden Joko Widodo berharap melandainya pandemi menjadi momentum aktivitas seni dan budaya untuk bangkit kembali setelah terhenti selama dua tahun. Pernyataan ini disampaikan Presiden setelah…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Anindya Bakrie saat berfoto bersama Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:30 WIB

Bertemu Menteri Investasi Inggris, Bahlil Pastikan Kerja Sama RI-Inggris Bakal Diteken pada KTT G20 di Bali

Di sela kunjungan kerjanya ke Davos, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia bertemu dengan Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone kemarin siang (25/5)…

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Mardani H. Maming

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:00 WIB

Ini Kontribusi 50 Tahun HIPMI untuk Indonesia Menuju Era Keemasan

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) sedang menuju era keemasan yang tahun ini akan menginjak usia 50 tahun. Anggota HIPMI di seluruh Indonesia akan tetap berjuang untuk membangun ekonomi…

Mentan SYL menyaksikan Porang yang akan diolah

Kamis, 26 Mei 2022 - 14:52 WIB

Kementan Dukung Investor Bangun Pabrik Olahan Porang Skala Besar di Lombok Barat

Pabrik pengolahan porang menjadi tepung glukomanan berkadar 90 persen mulai dibangun di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.