KEK Lhokseumawe Aceh Siap Dukung Perekonomian Daerah

Oleh : Herry Barus | Minggu, 16 Desember 2018 - 17:00 WIB

KEK Arun Lhokseumawe Aceh
KEK Arun Lhokseumawe Aceh

INDUSTRY.co.id - Banda Aceh- Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah pusat telah memberikan izin Kawasan Ekonomi Khusus Lhokseumawe, Aceh, untuk menunjang pertumbuhan ekonomi di daerah.

"Kertasnya juga sudah saya berikan. Artinya tinggal pelaksanaan di lapangan seperti apa. Akan saya kejar," kata Presiden Joko Widodo usai meresmikan Jalan Tol Banda Aceh-Sigli di Aceh Besar, kemarin.

Menurut Presiden, pemerintah daerah juga harus berpartisipasi untuk menarik investor kepada KEK tersebut.

Selain itu, KEK juga direncanakan terintegrasi dengan jalur transportasi yakni jalan tol.

"Nanti disambungkan KEK dengan berfungsinya jalan tol ini, sehingga sekali lagi lapangan kerja yang ada di Provinsi Aceh betul-betul terbuka," ujar presiden Jokowi.


Pemerintah menargetkan jalan tol Trans Sumatera akan tersambung seluruhnya dari Provinsi Aceh hingga Provinsi Lampung pada 2024.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah sebelumnya menjelaskan kawasan KEK Arun memiliki luas 2.226,64 Hektare.

Kawasan itu ditargetkan dapat melayani para calon investor di sejumlah sektor seperti industri, logistik, energi, ekspor bahkan sektor pariwisata.

Dalam peresmian Jalan Tol ruas Banda Aceh-Sigli, selain Kawasan ekonomi Khusus Arun di Lhokseumawe, juga diresmikan sejumlah proyek lain yakni Masjid At-Taqarrub, dan flyover simpang Surabaya.

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo telah mengakhiri kunjungan kerja di Provinsi Aceh pada Jumat malam (14/12) dengan bertolak dari Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh Besar menuju Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru, Provinsi Riau.

Di Bumi Lancang Kuning, Presiden dan Ibu Negara akan melanjutkan rangkaian kunjungan kerja.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Adhi Commuter properti (ACP) melakukan gebrakan terbaru yaitu dengan melakukan akuisisi terhadap PT Mega Graha Cipta perkasa (MGCP) yang merupakan anak usaha PT Cowell Development.

Selasa, 17 September 2019 - 05:19 WIB

PT Adhi Commuter Properti (ACP) Akuisisi Perusahaan untuk Gerak Cepat Kembangkan Kawasan TOD di Stasiun Bogor

Jakarta-PT Adhi Commuter properti (ACP) melakukan gebrakan terbaru yaitu dengan melakukan akuisisi terhadap PT Mega Graha Cipta perkasa (MGCP) yang merupakan anak usaha PT Cowell Development.…

Para penyelenggara pameran International Electronic & Smart Appliances Expo 2019 Hadirkan Produk Elektronik Terunik dan Terinovasi

Selasa, 17 September 2019 - 05:03 WIB

Sebanyak 31 Ribu Produk Elektronik dari Cina Akan Hadir di JIExpo Kemayoran

Jakarta-Chaoyu Expo kembali akan menyelenggarakan pameran B2B (business to business) Indonesia International Electronics & Smart Appliance Expo 2019 (IEAE) di JIExpo Kemayoran pada tanggal 25…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Selasa, 17 September 2019 - 05:00 WIB

Presiden Jokowi Ingatkan Pimpinan KPK Bijak Dalam Bernegara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, bahwa Komisi Pemerantasan Korupsi (KPK) adalah lembaga negara, institusi negara. Untuk itu, Presiden mengingatkan pimpinan KPK untuk bijak dalam bernegara.…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Selasa, 17 September 2019 - 04:12 WIB

Enam Pernyataan Sikap MPD Agar Presiden Jokowi Buka Dialog dengan KPK

Menyikapi perkembangan polemik terhadap revisi UU KPK yang semakin meruncing dan berpotensi mengganggu upaya pemerintah dalam memperbaiki perekonomian yg saat ini sedang mengalami goncangan…

Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara

Selasa, 17 September 2019 - 03:00 WIB

Garuda Indonesia-KPK Gelar Forum Profesional Berintegritas

Maskapai Nasional Garuda Indonesia bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyelenggarakan forum Profesional Berintegritas (PROFIT) dan Sosialisasi Program Pengendalian Gratifikasi yang…