KEK Lhokseumawe Aceh Siap Dukung Perekonomian Daerah

Oleh : Herry Barus | Minggu, 16 Desember 2018 - 17:00 WIB

KEK Arun Lhokseumawe Aceh
KEK Arun Lhokseumawe Aceh

INDUSTRY.co.id - Banda Aceh- Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah pusat telah memberikan izin Kawasan Ekonomi Khusus Lhokseumawe, Aceh, untuk menunjang pertumbuhan ekonomi di daerah.

"Kertasnya juga sudah saya berikan. Artinya tinggal pelaksanaan di lapangan seperti apa. Akan saya kejar," kata Presiden Joko Widodo usai meresmikan Jalan Tol Banda Aceh-Sigli di Aceh Besar, kemarin.

Menurut Presiden, pemerintah daerah juga harus berpartisipasi untuk menarik investor kepada KEK tersebut.

Selain itu, KEK juga direncanakan terintegrasi dengan jalur transportasi yakni jalan tol.

"Nanti disambungkan KEK dengan berfungsinya jalan tol ini, sehingga sekali lagi lapangan kerja yang ada di Provinsi Aceh betul-betul terbuka," ujar presiden Jokowi.


Pemerintah menargetkan jalan tol Trans Sumatera akan tersambung seluruhnya dari Provinsi Aceh hingga Provinsi Lampung pada 2024.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah sebelumnya menjelaskan kawasan KEK Arun memiliki luas 2.226,64 Hektare.

Kawasan itu ditargetkan dapat melayani para calon investor di sejumlah sektor seperti industri, logistik, energi, ekspor bahkan sektor pariwisata.

Dalam peresmian Jalan Tol ruas Banda Aceh-Sigli, selain Kawasan ekonomi Khusus Arun di Lhokseumawe, juga diresmikan sejumlah proyek lain yakni Masjid At-Taqarrub, dan flyover simpang Surabaya.

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo telah mengakhiri kunjungan kerja di Provinsi Aceh pada Jumat malam (14/12) dengan bertolak dari Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh Besar menuju Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru, Provinsi Riau.

Di Bumi Lancang Kuning, Presiden dan Ibu Negara akan melanjutkan rangkaian kunjungan kerja.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Airbus BelugaXL

Rabu, 22 Januari 2020 - 15:00 WIB

Airbus Demonstrasikan Kemampuan Lepas Landas Otomatis

Pesawat uji coba Airbus telah sukses melakukan lepas landas secara otomatis dengan panduan sistem yang berbasis penglihatan di bandar udara Toulouse-Blagnac, Prancis.

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia

Rabu, 22 Januari 2020 - 14:32 WIB

Triwulan IV 2019, Stabilitas Sistem Keuangan Terkendali

Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menyimpulkan stabilitas sistem keuangan triwulan IV 2019 tetap terkendali di tengah ketidakpastian perekonomian global yang menurun serta sorotan masyarakat…

Pentingnya Open Source di Industri Perbankan Indonesia

Rabu, 22 Januari 2020 - 14:00 WIB

Pentingnya Open Source di Industri Perbankan Indonesia

Transformasi yang terjadi di dunia keuangan dan perbankan dari era analog ke digital telah mengubah banyak hal. Tak hanya perilaku bisnis namun juga bisnis itu sendiri. Menjadikan tingkat persaingan…

Jembatan Tumbang Samba Kalteng

Rabu, 22 Januari 2020 - 13:20 WIB

Bentang Tengah Jembatan Tumbang Samba Kalteng Sudah Tersambung

Dengan telah tersambungnya bentang tengah jembatan, pembangunan Jembatan Tumbang Samba akan segera rampung untuk membuka kawasan terisolir di Utara Katingan dan melengkapi struktur jaringan…

Garuda Indonesia (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

Rabu, 22 Januari 2020 - 13:05 WIB

Sah, Irfan Setiaputra Dirut Garuda, Triawan Munaf dan Yenny Wahid Komisaris

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk memutuskan untuk menunjuk Irfan Setiaputra sebagai direktur utama (dirut) perusahaan.