Gerakan 100 Smart City akan Dapat Dukungan Indosat Ooredoo

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 15 Desember 2018 - 09:31 WIB

Indosat Ooredoo (Foto : dok Industry.co.id)
Indosat Ooredoo (Foto : dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Tangerang- Indosat Ooredoo menegaskan komitmen untuk menyukseskan program Gerakan Menuju 100 Kota Cerdas (Smart City) 2018 di sejumlah kota dan kabupaten di Indonesia dengan berkontribusi menyusun rencana utama.

"Dengan Kota Cerdas, pemerintah daerah bisa menciptakan efisiensi serta efektivitas dalam memberikan layanan kepada masyarakat setempat yang pada akhirnya bisa memberikan pelayanan yang lebih baik," kata Chief Business Officer Indosat Ooredoo Intan Abdams Katoppo kepada awak media di Tangerang, Banten, Jumat (14/11/2018)

Hal tersebut disampaikan di sela penyelenggaraan diskusi dan pameran Program Gerakan Menuju 100 Kota Cerdas 2018 yang juga dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

Dikatakan Intan, perusahaan menghadirkan beragam solusi yang sesuai dengan strategi perusahaan untuk mengakselerasi B2B (Business to Business) sebagai mesin pertumbuhan yang baru.

Dalam menyukseskan program Kota Cerdas tersebut, perusahaan memberikan pelatihan kepada pemerintah hota dan kabupaten yang menginginkan dalam memberikan pelayanan kepada warganya bisa dilakukan secara terintegrasi, sehingga pada akhirnya masyarakat bisa mendapatkan layanan lebih cepat.

Gerakan menuju 100 Kota Cerdas berhasil membimbing 50 kota/kabupaten terpilih dalam menyusun rencana induk pembangunan berbasis smart city. "Dengan tersusun rencana induk pemerintah kota/kabupaten memiliki rencana berbasis teknologi terarah dalam menjawab tantangan dan peluang yang dihadapi masing-masing daerah," kata Intan.

Visi utama Gerakan Menuju 100 Kota Cerdas adalah mendorong pemda meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan memanfaatkan teknologi. Jadi yang dikedepankan program ini adalah strategi meningkatkan pelayanan masyarakat, sementara teknologi hanya menjadi bagian dari usaha tersebut Head of Business Development Internet of Thing and Smart City Indosat Ooredoo Hendra Sumiarsa, mengatakan komitmen perusahaan untuk berkontribusi dalam pembangunan Kota Cerdas di Indonesia ini sesuai dengan target sebagai mitra digital terpercaya.

Hal ini, katanya, dibuktikan dengan kontribusi perusahaan yang terlibat sejak awal program Gerakan Menuju 100 Kota Cerdas mulai dari Jakarta Smart city Forum tahun 2015, Indonesia Smart city Forum tahun 2016 di Bandung, dan Gerakan 100 Kota Cerdas tahap I tahun tahun 2017 di Makassar serta tahap II pada tahun 2018 di Tangerang.

Gerakan menuju 100 Kota Cerdas telah dimulai sejak 2017 yang saat itu melibatkan 25 kota/kabupaten. Tahun 2018 terpilih 50 kota/kabupaten yang disusul 25 kota/kabupaten tahun 2019.

Pemilihan 100 kota/kabupaten berdasarkan sejumlah faktor seperti kondisi keuangan daerah, peringkat dan Status Kinerja penyelenggaraan Pemerintah Daerah (SKPPD) , serta Indeks Kota Hijau. "Selain itu di kota dan kabupaten harus sudah memiliki Dewan Kota Cerdas yang terdiri dari unsur pemerintahan dan masyarakat sipil," kata Hendra.

Sejumlah kota/kabupaten yang sudah menerapkan Kota Cerdas antara lain Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Banjar, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Malang, Kota Balikpapan, Kabupaten Batang, Kota Palu, Kota Pekalongan, Kabupaten Boyolali, dan Kota Surabaya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

APEC

Rabu, 17 April 2024 - 05:31 WIB

Bicara di Forum APEC, ID FOOD Sampaikan Inisiatif Strategis Peningkatan Akses Petani dan UMKM Perempuan di Sektor Pangan

Jakarta – Perempuan semakin memegang peranan penting dalam ekosistem pertanian dan pangan. Hal tersebut dilihat dari tumbuhnya kontribusi perempuan di tahapan rantai pasok industri pangan…

Dankormar Laksanakan Olahraga Bersama dengan Pejabat Utama Mako Kormar

Rabu, 17 April 2024 - 05:15 WIB

Dankormar Laksanakan Olahraga Bersama dengan Pejabat Utama Mako Kormar

Sebagai upaya peningkatan kesehatan dan kekompakan dalam mempererat hubungan antar Pejabat Utama Mako Kormar, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.…

Dankormar Ikuti dan Laksanakan Penyerahan Paket Lebaran

Rabu, 17 April 2024 - 05:09 WIB

Dankormar Ikuti dan Laksanakan Penyerahan Paket Lebaran

Dalam rangka merayakan hari raya Idul Fitri 1445 H/2024 M Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. mengikuti sekaligus menyerahkan…

Drone Mendukung Tugas Operasi Prajurit Marinir

Rabu, 17 April 2024 - 04:59 WIB

Drone Mendukung Tugas Operasi Prajurit Marinir

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP., dan Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Muda Yayan Sofiyan, S.T., M.Si.,…

Talenta-talenta Bank Mandiri

Selasa, 16 April 2024 - 23:31 WIB

Disiplin Menyemai Talenta Pegawai, Bank Mandiri Kembali Menuai Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024

Konsisten menjalankan transformasi yang berkelanjutan, kembali membawa Bank Mandiri memperoleh apresiasi dan masuk sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karir di Indonesia versi LinkedIn…