Investasi Meningkat, Kemenperin Optimis Industri Kimia Tumbuh 6%

Oleh : Herry Barus | Selasa, 21 Februari 2017 - 15:59 WIB

Petrokimia Gresik
Petrokimia Gresik

INDUSTRY.co.id - Jakarta —  Kementerian Perindustrian (Kemenperin) optimistis pertumbuhan industri petrokimia dapat mencapai 6% pada tahun ini, naik 5,2% dari realisasi tahun lalu.

"Kenaikan pertumbuhan akan ditopang oleh sejumlah investasi di sektor petrokimia yang ditargetkan dapat segera dimulai tahun ini," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka (IKTA) Kemenperin, Achmad Sigit Dwiwahjono kepada awak media di Jakarta, Selasa (21/2/2017).

Pada tahun ini, menurut Sigit, ditargetkan investasi industri petrokimia dapat mencapai Rp152 triliun, ditopang terutama oleh investasi di sektor petrokimia.

"Tahun lalu investasi IKTA sebesar Rp110 triliun. Untuk tahun ini akan didorong oleh industri petrokimia seperti investasi pabrik naphta cracker oleh Lotte Chemical Titan dan Chandra Asri," papar dia.

Dua pabrik berbasis petrokimia belum lama ini menyatakan akan memulai mendirikan pabrik naphtha cracker. Chandra Asri Petrochemical (CAP) pekan lalu menyebut menginvestasikan US$6 miliar atau sekitar Rp79 triliun.

Pabrik baru tersebut akan berkapasitas 1 juta ton per tahun, sehingga saat selesai pada 2021, kapasitas produksi etilena dapat mencapai 1,86 juta ton.

Adapun, Lotte Chemical Titan Holding Bhd segera memulai konstruksi pabrik naphtha cracker di Cilegon setelah sempat tertunda selama tiga tahun.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Strategic Portfolio Telkom Achmad Sugiarto (kedua dari kanan)

Rabu, 19 Juni 2019 - 18:02 WIB

Startup Portfolio Telkom Listing di Australia Stock Exchange

Jakarta – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menghadiri acara pencatatan saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) Whispir di Australian Securities Exchange (ASX) dengan kode…

e-Commerce Tokopedia (Ist)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:45 WIB

Sepanjang Bulan Mei 2019, Tokopedia Catat Transaksi Penjualan Hingga Rp 18,5 Triliun

Sepanjang bulan Mei 2019, Tokopedia mencatatkan nilai total transaksi (Gross Merchandise Value/GMV) sebesar US$1.3 miliar atau setara lebih dari Rp18,5 triliun.

Sun Life Financial Indonesia dan Muamalat Indonesia Menandatangani Peresmian Kerja Sama Strategis Bancassurance

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:35 WIB

Kerjasama Sun Life Financial Indonesia dan Bank Muamalat Indonesia

PT Sun Life Financial Indonesia (“Sun Life”) perusahaan perencana keuangan keluarga tepercaya, hari ini mengumumkan komitmen kemitraan strategis bersama bank syariah pertama di Indonesia,…

Dirc Richard Talumewo, Presiden Direktur PT Transcoal Pacific Tbk, sedang memberikan penjelasan kepada investor dan pers dalam acara paparan publik di Jakarta, Rabu (19/06/2019). (Foto: Abe)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:22 WIB

Total Dividen Tunai 2018 Transcoal Pacific Bernilai hampir Rp80 Miliar

PT Transcoal Pacific Tbk (TCPI), perusahaan pelayanan di bidang angkutan laut dan logistik kelautan, akan membagikan dividen tunai untuk tahun buku 2018 bernilai total Rp79,68 miliar (Rp15,5…

1ID Music, Survival Reality Show Mencari Talenta Terbaik Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:15 WIB

1ID Music, Survival Reality Show Mencari Talenta Terbaik Indonesia

Famous All Stars dengan bangga mempersembahkan 1ID Music sebuah survival reality show mencari lima talenta musik terbaik Indonesia. Peserta dari ajang ini tidak hanya akan berkompetisi merebut…