Investasi Meningkat, Kemenperin Optimis Industri Kimia Tumbuh 6%

Oleh : Herry Barus | Selasa, 21 Februari 2017 - 15:59 WIB

Petrokimia Gresik
Petrokimia Gresik

INDUSTRY.co.id - Jakarta —  Kementerian Perindustrian (Kemenperin) optimistis pertumbuhan industri petrokimia dapat mencapai 6% pada tahun ini, naik 5,2% dari realisasi tahun lalu.

"Kenaikan pertumbuhan akan ditopang oleh sejumlah investasi di sektor petrokimia yang ditargetkan dapat segera dimulai tahun ini," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka (IKTA) Kemenperin, Achmad Sigit Dwiwahjono kepada awak media di Jakarta, Selasa (21/2/2017).

Pada tahun ini, menurut Sigit, ditargetkan investasi industri petrokimia dapat mencapai Rp152 triliun, ditopang terutama oleh investasi di sektor petrokimia.

"Tahun lalu investasi IKTA sebesar Rp110 triliun. Untuk tahun ini akan didorong oleh industri petrokimia seperti investasi pabrik naphta cracker oleh Lotte Chemical Titan dan Chandra Asri," papar dia.

Dua pabrik berbasis petrokimia belum lama ini menyatakan akan memulai mendirikan pabrik naphtha cracker. Chandra Asri Petrochemical (CAP) pekan lalu menyebut menginvestasikan US$6 miliar atau sekitar Rp79 triliun.

Pabrik baru tersebut akan berkapasitas 1 juta ton per tahun, sehingga saat selesai pada 2021, kapasitas produksi etilena dapat mencapai 1,86 juta ton.

Adapun, Lotte Chemical Titan Holding Bhd segera memulai konstruksi pabrik naphtha cracker di Cilegon setelah sempat tertunda selama tiga tahun.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Senin, 16 Mei 2022 - 12:12 WIB

APKASINDO Gelar Keprihatinan Sampaikan Lima Pesan

Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) akan mengerahkan petani di 22 Provinsi se-Indonesia untuk melakukan Aksi Keprihatinan Petani Kelapa Sawit Indonesia yang dilakukan serentak…

Navy Jazz Traffic Festival

Senin, 16 Mei 2022 - 12:00 WIB

DEWA 19 Tampil di Acara Navy Jazz Traffic Festival di Malang

Dewa 19 band legendaris Tanah Air menutup acara Navy Jazz Traffic Festival (NJTF) 2022 yang berlangsung di Villa Navy Residence (VNR), Lawang, Malang, Jawa Timur, Sabtu (14/5/2022), dengan apik.…

Jakarta Internasional Stadium (JIS).

Senin, 16 Mei 2022 - 11:48 WIB

Ramai Kabar JIS Bakal Digunakan Untuk Reuni 212, Ini kata Pemprov DKI Jakarta

Mengoreksi pemberitaan di media massa terkait Jakarta International Stadium (JIS) sebagai lokasi reuni 212, Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria memastikan penggunaan JIS saat…

Survei Indikator Politik, Warga Puas Penanganan Mudik

Senin, 16 Mei 2022 - 11:33 WIB

Survei Indikator Politik, Warga Puas Penanganan Mudik

Jakarta-Pengawalan Polri atas arus mudik dan arus balik lebaran 2022 menuai penilaian positif dari masyarakat.

Dubes Rosan Lepas Kepulangan Presiden Jokowi ke Tanah Air

Senin, 16 Mei 2022 - 11:23 WIB

Dubes Rosan Lepas Kepulangan Presiden Jokowi ke Tanah Air, Netizen: Luar Biasa, Terimakasih Pak atas Keramahannya...

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani melepas langsung kepulangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke tanah air dari pangkalan militer Andrews…